08 November 2016

Pengertian, Tujuan, dan Ciri-Ciri Cerpen Terupdate Lengkap

Hai sahabat Bukusemu, wah mungkin kita sering dengar tentang Cerpen atau cerita pendek. Tapi apakah kita mengerti betul apa yang dimaksud dengan cerpen?  Kali ini Bukusemu akan menjelaskan pengertian atau definisi dari cerpen dan ciri-ciri cerpen itu sendiri kemudian disebutkan dan jelaskan pula tujuan penulisan cerpen. Yuk simak!

Pengertian Dan Ciri-Ciri Cerpen Terupdate Lengkap, cerpen terbaik, definisi cerpen, tujuan ditulisnya cerpen,  www.bukusemu.my.id


Pengertian dan ciri-ciri cerpen lengkap

Ada banyak penjelasan dari para ahli mengenai pengertian cerita pendek. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa cerpen adalah cerita atau kisah pendek dengan jumlah kata kurang dari 10.000 dengan memberikan kesan tunggal dan ceritanya terpusat pada salah satu tokoh.

Susanto dalam Tarigan menjelaskan bahwa, cerpen merupakan cerita dengan jumlah kata 5000 kata atau sekitar tujuh belas halaman kuarto. Sedangkan Sumardjo dan Saini menjelaskan bahwa cerpen adalah cerita fiktif yang belum pasti kebenarannya serta ceritanya relatif pendek dan cerpen bukanlah suatu analisis argumentatif.

Dari penjelasan di atas tentunya kita sudah dapat mendefinisikan cerita pendek. Cerita pendek atau cerpen adalah cerita singkat berbentuk prosa yang jumlah katanya sekitar 2 sampai 20 halaman. Jika halamannya sudah lebih dari seratus halaman berarti bukanlah cerpen melainkan novel atau cerita panjang. Cerita pendek ini juga mempunyai ciri khusus yang membedakan dengan cerita lain.


Ciri-ciri cerita pendek atau cerpen :

  1. Bentuk ceritanya lebih pendek dari novel (singkat dan padat)
  2. Jumlah katanya tidak lebih dari 10.000 kata
  3. Isi ceritanya berasal dari kehidupan sehari-hari (biasanya dari pengalaman pribadi atau orang lain)
  4. Alur cerita tunggal dan lurus
  5. Tidak mengangkat atau menggambarkan semua kisah pelakunya karena yang dilukiskan hanyalah masalah tunggal atau inti sarinya saja.
  6. Tokoh-tokoh digambarkan mengalami masalah atau konflik hingga pada penyelesainnya.
  7. Pemakaian katanya sangat sederhana dan ekonomis sehingga mudah dikenal pembaca.
  8. Kesan yang ditinggalkan sangat mendalam sehingga pembaca ikut merasakan isi dari cerita pendek.
  9. Hanya satu kejadian saja yang diceritakan.
  10. Penokohan pada cerpen sangat sederhana, tidak mendalam dan singkat


Tujuan dari cerpen atau cerita pendek

Cerpen sejak dulu hingga sekarang mempunyai banyak perubahan. Di zaman sekarang cerpen sudah berkembang dan beragam variasi bentuknya, seperti isi yang lebih berkembang daripada cerpen dahulu. Cerpen atau cerita pendek juga mempunyai tujuan, bukan semata-mata hanya sebuah cerita. Apa tujuanya? berikut tujuan diciptakanya sebuah cerpen :

  • Memberitahukan kepada pembaca hal apa yang harus dilakukan dan tak dilakukan

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah cerpen yang menarik dan berbobot itu mampu membuat si pembaca menjadi lebih banyak berfikir dan mendalami akan suatu hal. Apalagi di zaman sekarang ini para remaja sudah terkena pengaruh kata baper (suatu hal yang membuat perasaan seseorang menjadi ikut kedalam hal tersebut), sehingga prosentase terpengaruh cerita menjadi besar. 

Contohnya pada sebuah cerita pendek menceritakan bahwa tokoh yang durhaka terhadap orang tua akan dirubah menjadi batu. Dari cerita tersebut pembaca yang terpengaruh cerita akan tidak berani untuk durhaka terhadap orang tua lagi.

  • Menyindir seseorang, kelompok, atau instansi lainya

Memang di zaman sekarang manusia menjadi lebih suka mengungkapkan perasaanya kedalam sebuah tulisan dan mempublikasikanya lewat media massa terlebih lagi media sosial. Para penulis juga banyak yang menuangkanya kedalam sebuah cerita pendek berisikan sindiran kepada seseorang, kelompok maupun pemerintah yang mempunyai beragam tujuan.

  • Melampiaskan perasaan yang terpendam di dalam hati

Ya, kebanyakan para penulis membuat cerita pendek hanya untuk sekedar pelampiasan hatinya yang tidak menentu. Dari hati yang tidak menentu itulah para penulis menuangkan kedalam tulisan, tujuan melakukan itu yang pasti agar perasaan hatinya menjadi lebih baik.


Sekarang sahabat Bukusemu sudah mengertikan apakah yang dimaksud dengan Cerpen itu.
Ya, semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Semangat Belajar !!!

Artikel Terkait

Pengertian, Tujuan, dan Ciri-Ciri Cerpen Terupdate Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

29 komentar

17 Desember 2016 04.54 delete

Thx gan.. lengkap banget penjelasannya

Reply
avatar
17 Desember 2016 05.39 delete

Belajar kembali mengenai cerpen.meski sudah malang melintang buat puluhan cerpen tapi tetap perlu belajar supaya cerpen tetap pada konteksnya

Reply
avatar
17 Desember 2016 23.13 delete

Iya mas... semuanya harus sesuai dengan kaidahnya, biar jadi cerpen berkualitas :)

Reply
avatar
21 Desember 2016 20.11 delete

Wah, ini yang saya cari buat tugas di sekolah, thanks gan info nya bagus banget

Reply
avatar
21 Desember 2016 21.25 delete

Iya makasih mas.. silahkan di fahami :)

Reply
avatar
22 Desember 2016 08.18 delete

Wah sama kayak yg dijelasin guru ane gan.

Reply
avatar
22 Desember 2016 11.55 delete

Hehe... iya mas, saya menuangkan ke dalam tulisan biar lebih faham :)

Reply
avatar
22 Desember 2016 13.06 delete

menarik gan. walaupun udh lewat masa masa sekolah hehe

Reply
avatar
22 Desember 2016 20.27 delete

Makasih udah berkunjung, iya buat tambahan kalo ingin menjadi penulis mas :D

Reply
avatar
22 Desember 2016 21.45 delete

sangat bermanfaat gan, Yang Pengen belajar carding coba mampir Disini lebih Lengkap

Reply
avatar
24 Desember 2016 22.45 delete

Sebelumnya, terimakasih atas informasinya. Saya sangat suka membaca, namun sedikit bingung klo nerapinnya. Puisi, aku suka sih.. gppbkah, buat modal ngadain event meulis lagi

Reply
avatar
24 Desember 2016 23.00 delete

terima kasih gan, sangat membantu, lengkap juga penjelasannya

Reply
avatar
25 Desember 2016 02.18 delete

wah saja jadi tau deh soalnya jarang baca baca hahaha

Reply
avatar
25 Desember 2016 08.05 delete

makasih aku jadi lebih mengerti

Reply
avatar
27 Desember 2016 10.11 delete

Harus sering latihan biar lancar mas, kalo ada event saya juga ikut nimbrung deh :)

Reply
avatar
28 Desember 2016 23.34 delete

Suatu saat ane pngen buat cerpen..

Reply
avatar
4 Januari 2017 11.11 delete

guru ya gan? :D
lengkap banget penjelasannya... hehe

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.52 delete

jadi lebih tahu masalah cerpen
terimakasih telah berbagi :)

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.54 delete

Semoga dapat diterapkan saat pembuatan karya sastra cerpen mas

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.55 delete

Hehe, membaca adalah jendela ilmu jadi seringlah membaca

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.56 delete

Kalo bisa sekarang, jangan suatu saat mas :D

Reply
avatar
5 Januari 2017 21.22 delete

Terimakasih gan ...Jadi tau sekarang...Semoga bisa jadi penulis handal ...

Reply
avatar
5 Januari 2017 23.40 delete

Amin, saya doakan anda menjadi penulis besar

Reply
avatar
23 Juni 2017 08.48 delete

Makasih min, sama kaya di pelajaran di sekolah, jadi tambah mudeng

Reply
avatar
24 Juni 2017 12.21 delete

Karena ini ringkasan dari materi yang ada di pelajaran sekolah, agar tambah mudeng jangan lupa prakteknya

Reply
avatar

1. Silahkan berkomentar, gunakan bahasa yang baku, sopan, dan sesuai dengan topik
2. Link Hidup maupun Link Mati akan saya hapus dan tidak akan diterbitkan komentarnya
3. Silahkan kalo mau mengcopas untuk referensi atau tugas, jangan lupa sertakan sumbernya!
4. Komentar tanpa akun (Anonim) tidak akan dijawab atau diterbitkan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *