26 Desember 2016

Pengertian, Manfaat, Dan Pembelahan Sel Pada Makhluk Hidup Terlengkap


Di dunia ini kita mempunyai banyak sekali hal dari yang paling besar sampai hal yang paling kecil, dari yang paling rahasia sampai hal yang sangat umum dan pasti ada yang sampai membosankan di telinga kita. Tetapi dengan semua itu, Tuhan telah menciptakan itu semua dengan sebaik-baiknya untuk citaan-Nya. Untuk menghargai dan memberikan rasa terima kasih kita harus mempelajari itu semua. Kali ini BerBuku akan memberikan materi mengenai Sel.

materi makhluk hidup, materi ipa kelas 9 10 11, materi kehidupan, materi sel, sel pada makhluk hidup, manfaat sel, peranan sel pada kelangsungan hidup, www.bukusemu.my.id, bukusemu, buku semu, ebook ipa

Anda pasti sudah tahu bahwa pada awalnya setiap manusia itu berasal dari satu sel. Kemudian sel tersebut akan mengalami suatu tahap pembelahan atau bisa dibilang memperbanyak jumlah, kemudian seiring berjalanya waktu, jumlah sel pada manusia yang sudah dewasa akan mencapai sekitar 200 triliun sel. 

Pengertian atau Definisi Dari Sel Pada Makhluk Hidup 

Sel merupakan salah satu tingkatan pada organisasi kehidupan yang di dalamnya disusun oleh gabungan dari organel-organel sel. Sebagian organisme seperti bakteri yang terdiri atas satu sel, tetapi bisa juga sebagian besar organisme merupakan suatu kumpulan dari banyak sel yang sudah terspesialisasi. Setiap sel mempunyai fungsi sendiri-sendiri untuk melakukan keberlangsungan proses metabolisme serta memiliki kemampuan untuk dapat tumbuh dan berkembang sehingga sel dapat juga disebut sebagai satuan unit terkecil yang ada pada kehidupan. 


Kegunaan atau Manfaat Adanya Sel Yang Mengalami Pembelahan 

#1  Untuk Pertumbuhan

Suatu mahluk hidup akan dapat tumbuh karena sel-sel yang ada pada tubuhnya bertambah banyak. Semakin banyak sel yang ada dalam suatu makhluk hidup, maka semakin besar pula ukuran mahkluk hidup itu. 

#2  Untuk Perbaikan

Apabila seseorang mengalami luka pada bagian tubuh, pasti lama-kelamaan luka itu akan tertutup sendiri. Sebenarnya, luka pada bagian tubuh tersebut sudah terjadi kerusakan jaringan. Nah, perbaikan pada jaringan yang sudah rusak pada tubuh itu adalah hasil dari proses pembelahan sel. 

#3  Untuk Reproduksi

Reproduksi atau sering disebut perkembangbiakan merupakan ciri lain dari makhluk hidup. Pada saat proses reproduksi seksual, diperlukan kedua sel kelamin untuk membentuk sebuah individu baru. Proses dari pembentukan sel kelamin ini dilakukan dengan cara pembelahan sel.

Menurut dari teori sel, semua sel yang hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (omnis cellula e cellula). Teori ini sudah dinyatakan oleh Rudolf Virchow pada tahun 1855. Pembentukan sel-sel baru yang berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya itu dapat terjadi dengan melalui proses pembelahan sel. 


Pembelahan Sel

Materi pembelahan sel, bahan ajar pembelahan sel, pembelahan mitosis, pembelaha meiosis, gambar pembelahan sel, gambar power point tentang pembelahan sel, www.bukusemu.my.id


#1  Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis adalah pembelahan dengan tipe pembelahan sel yang dapat menghasilkan 2 sel anakan. Sel anakan tersebut nantinya akan mempunyai karakter yang identik secara genetik dengan sel induknya. Artinya, pada kedua sel anakan yang terbentuk akan mempunyai susunan genetika yang sama, termasuk jumlah kromosom yang sama dengan induknya. Jumlah kromosom yang dapat dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau dapat disebut juga dengan diploid. Sel diploid adalah sekumpulan sel yang kromosomnya saling berpasangan (2n).

Pembelahan mitosis adalah suatu proses yang saling berkesinambungan yang terdiri dari empat buah fase pembelahan, yaitu proses profase, metafase, anafase, dan telofase. Setiap fase pembelahan memiliki ciri-ciri yang tidak sama.

  • Profase

1. Membran inti sudah mulai rusak menjadi bagian-bagian kecil (fragmen)
2. Benang-benang kromatin mulai memadat menjadi kromosom

  • Metafase

Kromosom yang saling berjejer pada bidang pembelahan

  • Anafase

Kromatid saudara dari setiap pasangan akan memisah menuju kutub yang berlawanan

  • Telofase

Umumnya pembelahan telofasse akan selalu diikuti dengan terjadinya pembelahan sitoplasma yang dapat disebut dengan sitokinesis. Pada saat terjadinya sitokinesis, akan terbentuk cincin pembelahan yang dapat berfungsi untuk membagi sitoplasma sehingga terbentuk hasil dua sel anakan. 

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar mengenai pembelahan mitosis di bawah ini
pembelahan mitosis, pembelahan pada sel, macam pembelahan sel, www.bukusemu.my.id
sumber : Campbell

 

#2  Pembelahan Meiosis

Pembelahan meiosis adalah suatu pembelahan sel yang akan menghasilkan 4 sel anakan yang pada masing-masing pada sel anakannya hanya akan memiliki separuh dari jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel induknya. Juga dapat dikatakan bahwa jumlah kromosom yang akan dimiliki oleh sel anakan adalah n atau disebut juga dengan haploid.

Oleh karena itu, meiosis dapat disebut juga sebagai pembelahan reduksi. Berbeda dengan proses pembelahan mitosis, pembelahan pada meiosis akan berlangsung dalam 2 tingkat yaitu meiosis I dan meiosis II. Meskipun demikian, fase-fase dalam pembelahan meiosis akan mirip dengan fase-fase pembelahan mitosis. Penjelasan lebih lanjut mengenai fase-fase pembelahan secara meiosis pada tingkat meiosis I dan meiosis II.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar mengenai pembelahan meiosis di bawah ini
Pembelahan meiosis, pembelahan pada sel, macam pembelahan sel, www.bukusemu.my.id
Sumber : Campbell



#3  Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

  • Pembelahan mitosis


Pembelahan mitosis terjadi karena pada sel-sel tubuh (sel somatik) pada makhluk hidup. Pada tahap pembelahan ini, akan menghasilkan sel anak yang mempunyai banyak kromosom yang jumlahnya sama dengan jumlah kromosom dari sel induknya.
 

  • Pembelahan Meiosis


Pembelahan secara meiosis itu hanya akan terjadi pada organ kelamin. Pembelahan ini dapat berfungsi untuk menghasilkan suatu sel gamet (sel telur dan sel sperma). Melalui tahap pembelahan ini akan dihasilkan sel anak yang mempunyai banyak kromosom setengah dari seluruh kromosom sel induknya. 



Itulah pengertian dari sel dan juga manfaat serta macam-macam pembelahan yang terjadi pada sel. Semoga informasi mengenai sel di atas dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua.

Artikel Terkait

Pengertian, Manfaat, Dan Pembelahan Sel Pada Makhluk Hidup Terlengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

13 komentar

27 Desember 2016 09.44 delete

jadi pembelahan sel itu sama aja melakukan regenerasi pada sel tsb ya gan?

Reply
avatar
27 Desember 2016 10.15 delete

Niche info gan, baru tau kalo regenerasi pd suatu sel itu pembelahan sel..

Reply
avatar
27 Desember 2016 10.16 delete

Iya, bisa dibilang seperti itu :)

Reply
avatar
27 Desember 2016 18.06 delete

bookmark ya, bagus untuk bahan riset nih

Reply
avatar
27 Desember 2016 18.24 delete

Keren gan, nambah pengetahuan. Terima kasih.

Reply
avatar
28 Desember 2016 08.20 delete

Jadi inget pelajaran biologi dulu

Reply
avatar
28 Desember 2016 18.24 delete

bermanfaat sekali gan ilmunya makasih gan

Reply
avatar
28 Desember 2016 23.52 delete

lengkapp sekali min mo nanya kalo kena knalpot itu termasuk luka biasa atau luka serius min?

Reply
avatar
1 Januari 2017 07.03 delete

Iya terimakasih juga udah mampir

Reply
avatar
1 Januari 2017 07.05 delete

Makasih mas, tergantung dampaknya mas kalo cuman kesenggol dan lete sedikit itu termasuk luka ringan.. Harus di beri obat biar gak infeksi

Reply
avatar

1. Silahkan berkomentar, gunakan bahasa yang baku, sopan, dan sesuai dengan topik
2. Link Hidup maupun Link Mati akan saya hapus dan tidak akan diterbitkan komentarnya
3. Silahkan kalo mau mengcopas untuk referensi atau tugas, jangan lupa sertakan sumbernya!
4. Komentar tanpa akun (Anonim) tidak akan dijawab atau diterbitkan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *