31 Desember 2016

Pengertian, Faktor, Dan Pembagian Pertumbuhan Penduduk


Pengertian Dan Pembagian Perumbuhan Penduduk, penduduk indonesia, banner penduduk, banner indonesia, buku semu, bukusemu

Pengertian atau Definisi Penduduk

Penduduk adalah sekelompok orang yang telah mendiami suatu tempat (kampung, negeri, pulau, dan sebagainya) dan telah tercatat sesuai dengan berbagai persyaratan dan ketentuan yang sedang berlaku di tempat tersebuut.

Adapun pengertian dari penduduk menurut UUD 1945 Bab X Pasal 26 adalah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.

Untuk mengetahui berapa jumlah penduduk yang ada, biasanya pemerintah melakukan 'sensus penduduk'. Sensus penduduk adalah melakukan keseluruhan untuk proses pengumpulan, pengolahan, dan publikasi data demografis di suatu tempat/negara untuk mendapatkan data seluruh penduduk dalam periode waktu tertentu.

Jumlah penduduk pada suatu daerah akan selalu mengalami perubahan. Perubahan dari jumlah penduduk tersebut disebabkan karena adanya pertumbuhan penduduk, baik pertumbuhan penduduk yang positif maupun pertumbuhan penduduk yang negatif. Apabila di suatu tempat terjadi pertumbuhan penduduk yang positif atau bisa dibilang kelahiran, jumlah penduduk akan dapat bertambah, sebaliknya apabila suatu pertumbuhan penduduk negatif atau dapat dibilang kematian, jumlah penduduk akan mengalami penurunan.

Faktor Utama Perubahan Jumlah Penduduk Suatu Daerah

Perubahan dari jumlah penduduk di suatu daerah dapat dipengaruhi oleh tiga faktor yang utama, yaitu kelahiran, kematian, serta migrasi.

#1  Fertilitas (kelahiran)

Fertilitas atau kelahiran adalah dimana kelahiran hidup dari masa seorang wanita yang siap untuk melahirkan keturunan dan kedua-duanya (bayi dan ibu) masih hidup.


#2  Mortalitas (kematian)

Mortalitas atau kematian adalah terjadinya kejadian kematian salah seorang penduduk yang menyebabkan jumlah penduduk menjadi berkurang.

#3  Migrasi

Migrasi adalah berpindahnya seorang penduduk atau kelompok dari satu tempat ke tempat lain yang menyebabkan terjadinya berkurang atau bertambahnya jumlah penduduk. 
Bentuk dari migrasi ada beberapa jenis, yaitu :

 1. Imigrasi
Imigrasi adalah pindahnya suatu penduduk dari negara satu ke negara yang lain.


 2. Emigrasi
Emigrasi adalah masuknya penduduk dari negara lain.


 3. Transmigrasi
Transmigrasi adalah pindahnya penduduk dari pulau satu ke pulau yang lain didalam suatu negara.

 4. Urbanisasi
Urbanisasi adalh pindahnya penduduk dari desa ke kota.



Bentuk Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk dapat mempunyai 2 bentuk, yaitu :

#1  Pertumbuhan Penduduk Alami

Pertumbuhan penduduk alami adalah suatu pertumbuhan yang sering diperhitungkan berdasarkan dari selisih angka kelahiran dengan kematian.

Kriteria yang sering digunakan untuk mengukur tinggi rendahnya angka kelahiran maupun kematian adalah sebagai berikut :

  • Penggolongan angka kelahiran

a. Angka kelahiran rendah, apabila angka kelahiran kurang dari 30 %;
b. Angka kelahiran sedang, apabila angka kelahiran antara 30-40 %;
c. Angka kelahiran tinggi, apabila angka kelahiran lebih dari 40 %.

  • Penggolongan angka kematian

a. Angka kematian rendah, apabila angka kematian kurang dari 10 %;
b. Angka kematian sedang, apabila angka kematian antara 10-20 %;
c. Angka kematian tinggi, apabila angka kematian sudah lebih dari 20 %.


#2  Pertumbuhan Penduduk Migrasi

Pertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan suatu penduduk yang disebabkan oleh berbagai perbedaan antara jumlah migrasi masuk (imigrasi) dengan migrasi keluar (emigrasi). 

Jumlah imigrasi yang telah melebihi jumlah emigrasi akan dapat menambah jumlah penduduk di negara itu sendiri. Sebaliknya, jika emigrasi yang lebih besar dibanding imigrasi, jumlah penduduknya akan dapat mengalami penurunan. 


Berdasarkan dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan suatu penduduk di suatu negara akan ditentukan oleh pertumbuhan suatu penduduk yang alami dan migrasi yang sering disebut dengan pertumbuhan penduduk total

Pertumbuhan penduduk total biasanya sering disingkat dengan sebutan pertumbuhan penduduk. Adapun rumus yang dapat menghitung pertumbuhan penduduk adalah:

P = ( L – M ) + ( I – E )

Keterangan :
 P   = pertumbuhan penduduk yang dicari
 L   = jumlah kelahiran
 M  = jumlah kematian
 I    = jumlah penduduk yang telah masuk
 E   = jumlah penduduk yang telah keluar

  • Klasifikasi pertumbuhan penduduk yang sering digunakan pemerintah

a. Pertumbuhan penduduk rendah, jika berada pada kisaran 0 – 1 %
b. Pertumbuhan penduduk sedang, jika berada pada kisaran 1 – 2 %
c. Pertumbuhan penduduk tinggi, jika di atas 2 %

Mengapa terdapat rumus pada penghitungan pertumbuhan penduduk? Karena rumus pada dasarnya adalah untuk memudahkan di dalam bekerja (meghitung, menganalisa, dll). Semoga ilmu ini dapat bermanfaat untuk anda di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang.


Artikel Terkait

Pengertian, Faktor, Dan Pembagian Pertumbuhan Penduduk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

38 komentar

1 Januari 2017 06.59 delete

jadi ada rumus juga ya mas , baru tau ..bagus nih buat wawasan

Reply
avatar
1 Januari 2017 07.07 delete

Iya mas, rumus itu biasanya digunakan untuk pelajaran maupun dalam pemerintahan

Reply
avatar
1 Januari 2017 07.31 delete

wahh sipp nih. penjelesannya detil banget :D Baru tau juga kalau ada rumus nya :D
makasih ya

Reply
avatar
1 Januari 2017 22.13 delete

wah penjelasannya sangat terperinci.. terimakasih gan

Reply
avatar
2 Januari 2017 20.14 delete

gak matematika gak ekonomi gak pertumbuhan penduduk selalu krtrmu rumus

Reply
avatar
2 Januari 2017 20.28 delete

Rumus itu untuk mempermudah dalam proses bekerja mas. Iya sama-sama :)

Reply
avatar
2 Januari 2017 20.29 delete

Hehe, itulah hidup yang dipenuhi rumus

Reply
avatar
2 Januari 2017 23.30 delete

Kalau Indonesia,
pertumbuhan penduduknya termasuk rendah/sedang/tinggi mas?

Reply
avatar
3 Januari 2017 08.27 delete

tnk gan atas penjelasanya tentang pertumbuhan penduduk...aneee jadi tambah wawasan

Reply
avatar
3 Januari 2017 08.32 delete

Penjelasannya sangat detil dan bermanfaat banget gan

Reply
avatar
3 Januari 2017 08.39 delete

Wah makasih gan infonya, buat referensi bagus

Reply
avatar
3 Januari 2017 08.47 delete

Indonesia sebelumnya tinggi karena banyak setiap wanita melahirkan banyaj, tapi sekarang sudah sedang sejak adanya program KB

Reply
avatar
3 Januari 2017 08.48 delete

Silahkan di bookmark mas untuk referensi

Reply
avatar
3 Januari 2017 08.49 delete

Iya sama-sama mas, semoga menambah ilmu anda

Reply
avatar
3 Januari 2017 09.56 delete

mantap gan penjelasanya detail banget makasih infonya gan

Reply
avatar
3 Januari 2017 10.02 delete

baru tahu kalo ada rumusnya, kirain cuma di hitung ada manual :v

Reply
avatar
3 Januari 2017 10.22 delete

dmpak dari segi ekonominya apa mas jika pertumbuhan penduduk semakin pesat

Reply
avatar
3 Januari 2017 10.22 delete

ingat pelajar waktu SMA kalau gak salah sih, yang pake rumus-rumus itu, niche artikelnya ini sangat membantu bagi pelajar SMA atau SMP

Reply
avatar
3 Januari 2017 10.33 delete

Lengkap bangat min infonya,baru tau juga kalo ada rumus rumus gitu,izin bookmark y ^_^

Reply
avatar
3 Januari 2017 11.06 delete

wah ini materi sangat membantu banget buat gua yang sedang belajar materi tersebut. makasih gan

Reply
avatar
3 Januari 2017 13.04 delete

Wah ane jadi paham soalnya pernah belajar soal ini tadinya kurang paham jadi paham karena ada artikel sobat ini

Reply
avatar
3 Januari 2017 13.33 delete

Semoga ilmu yang saya berikan dapat bermanfaat buat kedepanya :)

Reply
avatar
3 Januari 2017 13.35 delete

Semua rumus itu buat membantu agar lebih cepat dalam bekerja mas :D dari smp bahkan sd udah ada cara berhitung juga kan :D

Reply
avatar
3 Januari 2017 13.36 delete

" angka kematian rendah, apabila angka kematian kurang dari 10;"

maksud 10 itu 10 jiwa per km persegi atau 10 per hari?

Reply
avatar
3 Januari 2017 13.55 delete

Yang jelas pada saat pertumbuhan penduduk menjadi besar nanti sumber bahan makanan akan berkurang, itu menyebabkan bahan makanan terbatas dan mempunyai harga yang mahal

Reply
avatar
3 Januari 2017 14.50 delete

Iya, materi ini juga diulang di SMA mas. Terimakasih

Reply
avatar
3 Januari 2017 14.50 delete

Ini rumus yang simpel menutur saya :D silahkan di bookmark aja

Reply
avatar
3 Januari 2017 14.52 delete

Silahkan kalo mau dibuat referensi anda :)

Reply
avatar
3 Januari 2017 14.55 delete

Makasih kalo artikel ini bermanfaat, semoga dapat digunakan dengan baik ilmunya mas :)

Reply
avatar
3 Januari 2017 14.57 delete

maksudnya itu 10 jiwa perhari mas di dalam suatu daerah, semoga ilmunya dapat bermanfaat

Reply
avatar
4 Januari 2017 10.31 delete

Baru tau, ternyata ada perhituannya dan rumus nya juga ya..

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.31 delete

Penjelasannya sangat singkat dan padat gan. Terima kasih nih pr ku sudah selesai

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.32 delete

Wah bagus banget nih buat referensi

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.53 delete

Alhamdulillah kalo bermanfaat untuk anda :)

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.54 delete

Silahkan dipelajari, semoga bermanfaat

Reply
avatar

1. Silahkan berkomentar, gunakan bahasa yang baku, sopan, dan sesuai dengan topik
2. Link Hidup maupun Link Mati akan saya hapus dan tidak akan diterbitkan komentarnya
3. Silahkan kalo mau mengcopas untuk referensi atau tugas, jangan lupa sertakan sumbernya!
4. Komentar tanpa akun (Anonim) tidak akan dijawab atau diterbitkan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *