Pengertian, Fungsi, dan Prinsip Bank Terbaru

Daftar Isi [Tampilkan]

Pengertian, Fungsi, dan Prinsip Bank, bukusemu.my.id, bukusemu, buku semu

Pengertian atau Definisi Bank

Kata bank berasal dari bahasa Italia yaitu banco berarti bangku atau meja. Meja dalam sejarah bank pertama kali digunakan sebagai tempat penukaran uang. Bukusemu akan menjelaskan secara detail dengan definisi dibawah ini dan menjelaskan pengertian, fungsi, dan prinsip bank.

Definisi bank menurut ahli ekonomi Prof. G.M. Verryn Stuart, judul bukunya bank politics, Bank adalah suatu badan usaha yang bertujuan untuk memberi kredit, baik dengan uang sendiri maupun uang yang dipinjam dari orang lain.

Definisi bank menurut Undang-Undang Perbankan No.7 Tahun 1992 dan Undang-Undang Perbankan No 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan atas Undang-Undang No 7 Tahun 1992 tentang perubahan dijelaskan Bahwa Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.


Fungsi Bank

Berdasarkan pasal 3 UU No 7 Tahun 1992 Jo UU No 10 Tahun 1998 tentang perbankan, fungsi utamanya adalah

#1  Penghimpun dana dari masyarakat

Bank sudah dipercaya oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai tempat yang aman untuk menyimpan dana (uang). Masyarakat yang memiliki kelebihan dana dapat menggunakan instrumen seperti perbankan untuk menyimpan dananya tersebut di bank dalam bentuk simpanan.

#2  Penyalur dana ke masyarakat

Penyaluran dana kepada masyarakat terdiri dalam bentuk kredit untuk bank konvensional dan dalam bentuk pembiayaan untuk bank sentral. Dengan penyaluran dana bank akan memperoleh pendapatan, baik dalam bentuk bunga untuk bank konvensional maupun dalam bentuk bagi hasil atau lainnya untuk bank syariah.

#3  Pelayanan masyarakat

Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat bank juga dapat memberikan beberapa fungsi pelayanan jasa kepada nasabah, diantaranya jasa pengiriman uang (transfer), pemindahbukuan, penagihan surat-surat berharga.


Prinsip Kegiatan Usaha Perbankan

Prinsip Kegiatan Usaha Perbankan berpegang pada beberapa prinsip, diantaranya adalah

#1  Prinsip kehati-hatian ( Prudential principle )

Maksudnya suatu prinsip yang menyatakan bahwa bank dalam menjalankan fungsi dan kegiatan usahanya wajib menerapkan prinsip kehati-hatian dalam rangka melindungi dana masyarakat yang dipercayakan padanya.bank menjalankan usahanya secara baik dan benar dengan mematuhi ketentuan-ketentuan dan norma-norma hukum yang berlaku dalam dunia perbankan

#2  Prinsip Kepercayaan ( Fiduciary principle )

Maksudnya suatu prinsip yang menyatakan bahwa usaha bank dilandasi oleh hubungan kepercayaan antara bank dan nasabahnya, baik itu nasabah yang menyimpan dana dibank tersebut maupun nasabah debitur.

#3  Prinsip Kerahasiaan ( Confidential principle )

Maksudnya prinsip kerahasiaan yaitu prinsip yang mengharuskan atau mewajibkan sebuah lembaga bank untuk merahasiakan segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan, identiras dan lain-lainnya dari nasabah bank yang berdasarkan kelaziman yang ada didunia perbankan 'wajib' dirahasiakan.

#4  Prinsip Mengenal Nasabah ( Know Your Customer principle )

Yaitu prinsip yang diterapkan oleh bank untuk dapat mengenal dan mengetahui identitas dari seorang nasabah, memantau berbagai kegiatan transaksi dari nasabah dan melaporkan setiap transaksi yang terlihat mencurigakan.

Tujuan yang akan dicapai dalam penerapan prinsip mengenal nasabah ini adalah untuk dapat menerapkan peran dari lembaga keuangan dengan berbagai kebijakkan didalam menunjang sebuah praktik didalam lembaga keuangan, menghindari berbagai kemungkinan dari lembaga keuangan yang dijadikan sebagai ajang tindak kejahatan dan aktivitas illegal yang dilakukan oleh nasabah, dan melindungi nama baik dan reputasi lembaga keuangan.


Dengan memperlajari materi bank ini diharapkan anda lebih mampu menguasai dan mengerti apa itu bank dan bagaimana bank itu bekerja. Semoga bermanfaat bagi anda dan kita semua, salam dari kami.

Related Posts

Komentar

  1. wah lumayan ni buat sodara sy yg lagi mau ngelamar krj, biar tau ilmunya dulu sebelum masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus cari ilmunya dulu biar lebih mantap saat kerja

      Hapus
  2. makasih gan, mengingatkan sya ke jaman" sekolah hehe.
    tapi cukup penting ni buat anak" sekarang yg lebih suka cari materi pelajaran online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dapat bermanfaat untuk semuannya gan :)

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter