01 Mei 2017

Pengertian Gaya Impulsif dan Momentum Beserta Hubungan Keduanya


Di dalam mata pelajaran IPA mungkin sudah mengerti apa yang dimaksud dengan gaya. Seiring meningginya jenjang pendidikan akan semakin spesifik dan banyak bab yang harus dipelajari contohnya pada waktu SD dan SMP pelajaran IPA ya hanya IPA, tetapi saat sudah masuk ke jenjang SMA sudah mulai berkembang lagi yang semula IPA terpecah menjadi mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi. 

Bukusemu, buku semu, Pengertian Impuls, pengertian Momentum Beserta Hubungan impuls dan momentum, gambar momentum, gambar impuls

Di waktu ini kita akan belajar membahas pengembangan dari gaya yaitu gaya impulsif dan momentumnya. Mungkin anda sedang mencari referensi untuk tugas sekolah ataupun untuk menambah wawasan, mari kita bahas apa itu gaya impulsif, apa itu momentum, dan apa hubungan dari keduanya itu.


Pengertian atau Definisi Gaya Impulsif

Gaya impulsif atau impulsive adalah gaya yang mengawali suatu percepatan dan menyebabkan benda bergerak cepat dan menjadi semakin cepat.

Contoh dari teori impuls yaitu saat anda menendang sebuah bola, bola yang semula dim akan bergerak ketika gaya tendangan Anda bekerja pada bola. Gaya tersebut masuk ke dalam gaya kontak yang bekerja hanya dalam waktu yang singkat. Gaya itulah yang disebut gaya impulsif. Semakin lama gaya impulsif bekerja, semakin cepat pula benda yang bergerak tersebut.

Hasil kali dari gaya impulsif rata-rata (vektor F) dan selang waktu singkat (Delta t) selama gaya impulsif masih bekerja disebut besaran impuls dan diberi lambang I.


Impuls termasuk besaran skalar atau vektor?

Impuls merupakan hasil kali antara besaran vektor gaya F dengan besaran skalar selang waktu Delta t sehingga impuls termasuk besaran vektor. Arah dari impuls  (I) yaitu searah dengan arah gaya impulsif F.


Apa yang dimaksud dengan Momentum?

Arti momentum fisika sangatlah berbeda dengan yang sering kita dengar. Sehari-hari pasti anda sering mendengar ini merupakan momentum yang paling pas, dan sebagainya, tetapi momentum ini mempunyai arti lain.

Di dalam fisika, definisi momentum adalah sebagai ukuran kesukaran atau kesulitan untuk memberhentikan gerak suatu benda.

Momentum diperoleh dari hasil kali antara besaran skalar massa dengan besaran vektor kecepatan sehingga momentum termasuk besaran vektor. Momentum mempunyai arah yang sama dengan arah kecepatan. Untuk momentum satu dimensi, arah momentum cukup ditampilkan dengan tanda positif maupun negatif saja.


Hubungan Impuls dan Momentum

Hubungan keduanya di nyatakan dengan pernyataan "Teorema impuls-momentum" yang berbunyi :
Impuls yang dikerjakan pada suatu benda sama dengan perubahan momentum yang dialami benda tersebut, yaitu benda antara momentum akhir dengan momentum awalnya.


Dari pernyataan dan uraian diatas diharapkan anda mampu menguasai materi ini dengan baik, jangan sampai salah pengertian bahwa impuls itu momentum dan momentum itu impuls. Apabila ada yang ditanyakan atau request tambahan materi silahkan komentar dibawah, semangat belajar...

Artikel Terkait

Pengertian Gaya Impulsif dan Momentum Beserta Hubungan Keduanya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1. Silahkan berkomentar, gunakan bahasa yang baku, sopan, dan sesuai dengan topik
2. Link Hidup maupun Link Mati akan saya hapus dan tidak akan diterbitkan komentarnya
3. Silahkan kalo mau mengcopas untuk referensi atau tugas, jangan lupa sertakan sumbernya!
4. Komentar tanpa akun (Anonim) tidak akan dijawab atau diterbitkan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *