Faktor Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan Seorang Wirausahawan


Untuk menjadi seorang wirausahawan, diperlukan dukungan dari orang lain yang berhubungan dengan bisnis yang kita kelola. Seorang wirausaha harus mau menghadapi tantangan dan resiko yang ada. Resiko dijadikan sebagai pemacu untuk maju, dengan adanya resiko, seorang wirausaha akan semakin maju apabila wirausahawan tersebut tahu cara menghadapi sebuah keberhasilan maupun kegalan yang datang.

Faktor Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan Seorang Wirausahawan, bukusemu, buku semu, ekonomi

Faktor Penyebab Keberhasilan Seseorang Berdasarkan Karakteristik Wirausahawan

Menurut Murphy dan Peek yang diterjemahkan dalam bukunya oleh Bukhari Alam, ada delapan anak tangga yang meliputi keberhasilan seorang wirausaha dalam mengembangkan profesinya, yaitu :

#1  Kerja keras

Kerja keras merupakan modal keberhasilan seorang wirausaha. Setiap pengusaha yang sukses pasti sudah menempuh kerja keras yang sungguh–sungguh dalam usahanya. Menjadi wirausaha yang sukses tidak secara instan didapatkan tetapi harus menerima berbagai rintangan yang datang, apabila dilakukan dengan kerja keras dan sungguh-sungguh, semua itu akan dijalani dengan mudah.

#2  Kerjasama dengan orang lain

Kerjasama dengan orang lain dapat diwujudkan dalam lingkungan pergaulan sebagai langkah pertama untuk mengembangkan usaha. Seorang wirausaha harus murah hati, mudah bergaul, ramah dan disenangi masyarakat dan menghindari perbuatan yang merugikan orang lain.

#3  Penampilan yang baik

Penampilan yang baik ditekankan pada penampilan perilaku yang jujur dan disiplin. Apabila seorang tidak menerapkan karakteristik yang satu ini, peluang sukses menjadi terhambat karena mungkin konsumen akan merasa risih dan berfikir ulang untuk membeli sebuah produk dari anda.

#4  Yakin

Seorang wirausaha harus dapat yakin kepada diri sendiri, yaitu keyakinan untuk maju dan dilandasi ketekunan serta kesabaran. Dengan keyakinan itu, seseorang akan merasa semangat untuk berkreativitas menciptakan terobosan-terobosan baru di ladang pasar.

#5  Pandai membuat keputusan 

Seorang wirausaha harus dapat membuat keputusan. Jika dihadapkan pada alternative sulit, dengan cara pertimbangan yang matang, jangan ragu – ragu dalam mengambil keputusan yang baik sesuai dengan keyakinan.

#6  Mau menambah Ilmu pengetahuan 

Dengan menambah ilmu pengetahuan, terutama di bidang usaha, diharapkan seorang wirausaha dapat mendukung kemampuan dan kemajuan dalam usaha.

#7  Ambisi untuk maju

Tanpa ambisi yang kuat, seorang wirausaha tidak akan dapat mencapai keberhasilan. Ambisi yang kuat, harus diimbangi dengan usaha yang keras dan disiplin diri yang baik.

#8  Pandai berkomunikasi

Seorang wirausaha harus dapat menarik orang lain dengan tutur kata yang baik, sopan, jujur dan percaya diri. Dengan demikian akan memberi kesan kepada orang lain menjadi tertarik daan orang akan percaya dengan apa yang disampaikan.


Faktor Penyebab Kegagalan Seseorang Berdasarkan Karakteristik Wirausahawan 

Penyebab kegagalan dalam usaha pada umumnya disebabkan oleh 4 faktor utama, antara lain:
  1. Kurangnya dana untuk modal
  2. Kurangnya pengalaman dalam bidang bisnis
  3. Tidak adanya perencanaan yang tepat dan matang
  4. Tidak cocoknya minat terhadap bidang usaha yang sedang digeluitinya.

Menurut Alex S. Niti Semito, kegagalan wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya terbagi menjadi dua, yaitu :

#1  Kegagalan yang dapat dihindarkan 

Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi, karena pengusaha dapat menghindari dan dapat diantisipasi sebelumnya.

Misal: salah mengelola perusahaan, tidak ada rencana yang matang, pelayanan yang kurang baik, dll. 

Untuk mengantisipasi kegagalan salah satunya terjadinya kerugian besar, wirausahawan harus mengerti apa itu biaya produksi dan golonganya, pelajari artikel mengenai Pengertian Biaya Dan Biaya Produksi Beserta Penggolongannya Terbaru.


#2  Kegagalan yang tidak dapat dihindarkan 

Yaitu kegagalan yang sulit atau hamper tidak dapat dihindari seperti bencana alam, peperangan, kebakaran, kecelakaan.


Sebab-sebab kegagalan wirausahan dalam menjalankan usaha :

  1. Kurang ulet dan cepat putus asa
  2. Kurang tekun dan kurang teliti
  3. Tidak jujur dan kurang cekata
  4. Kekeliruan dalam memilih lapangan usaha
  5. Kurang inisiatif dan kurang kreatif
  6. Memulai usaha tanpa pengalaman dengan modal pinjaman
  7. Mengambil kredit tanpa pertimbangan yang matang
  8. Kurang dapat menyesuaikan dengan selera konsumen
  9. Pelayanan yang kurang baik
  10. Banyaknya piutang ragu–ragu
  11. Banyaknya pemborosan dan penyimpangan
  12. Kekeliruan menghitung harga pokok
  13. Menyamakan perusahaan sebagai badan sosial
  14. Sulit memisahkan antara harta pribadi dengan harta perusahaan
  15. Kemacetan yang sering terjadi
  16. Kurangnya pengawasan
Itulah faktor-faktor penyebab keberhasilan maupun kegagalan seorang wirausahawan. Untuk itu kita harus selalu memperhatikan dasar-dasar dalam berwirausaha untuk mendapatkkan yang anda angan-angankan sebelumnya.

Related Posts

44 komentar

  1. Wahh mantap sangat memotivasi sekali nih artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas... Setelah ini dharus dipreaktekkan :)

      Hapus
  2. hasil berbanding lurus dengan usaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Itu sudah pasti :) makasih udah berkunjung

      Hapus
  3. Good arcticle for our motivation ..bro

    BalasHapus
  4. Tulisannya menurutku kurang rapi gan, kurang enak dibaca.

    BalasHapus
  5. Nice info nih. Jd refrensi buat sy nih yg tertarik jd wirausahawan jg. Thnks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga cepat sukses mas.. makasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  6. kerja keras sangat perlu sekali

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunci utamanya disitu... dan tidak boleh menyerah :)

      Hapus
  8. usaha kerja keras dan doa tidak akan pernah menghianati ya gan.semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas.. Semuanya sudah ada yang mengatur, tapi kita tetap harus berusaha

      Hapus
  9. akan saya coba untuk bisa berkomunikasi :D saya agak bingung saat komunikasi dengan orang baru

    BalasHapus
  10. Mantep bisa jadi lebih hati hati agar tidak gagal... (y)

    BalasHapus
  11. Wah saya jadi termotivasi untuk berwirausaha. Thx sob artikelnya sangat menginspirasi sekali :)

    BalasHapus
  12. Wah makasi infonya gan, sekarang saya jadi lebih tahu tentang Faktor Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan Seorang Wirausahawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama gan, semoga dapat bermanfaat ilmunya

      Hapus
  13. Memotivasi. Terima kasih motivasinya min.

    BalasHapus
  14. kerja keras no 1, tapi ibadah juga penting supaya makin sukses hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... semuanya harus diselingi bareng-bareng

      Hapus
  15. bener se gan artikelnya cuma ya tergantung orang e kalok menurut saya kenapa bisa gagal dan berhasil dalam berwirausaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... semua itu berasal dari iat awal setiap orang

      Hapus
  16. wah ini pernah di ajarin di pelajaran prakarya di sekolah saya gan

    BalasHapus
  17. memang hasil gak akan hianati proses gan :D

    BalasHapus
  18. Iya, bener min. Yang atau modal jadi bahan utama saya, kalau mengering, ya sudah, pake yg free aja

    Salam admin SURGA BLOGGING

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, tapi semuanya akan berbeda pada waktunya. Salam balik, nanti tak kunjungi balik :)

      Hapus
  19. wah ini info yang bermanfaat untuk anak muda yang mau berwirausaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca dan jangan lupa share agar semua tahu manfaatnya :)

      Hapus
  20. Untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses kuncinya hanya satu, jangan mudah putus asa karena memang setiap apapun pasti ada kegagalannya namun jangan hanya diam pada kegagalan tersebut melainkan harus bangkit dan terus berusaha keras supaya usahanya menjadi maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama anda, wirausaha memang harus seperti itu dan mentalnya adalah mental baja

      Hapus
  21. Kunci paling utama menurut saya ambisi atau keberanian yang kuat, yang lainya sebetulnya sebagai penghias

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, penghias juga harus dioptimalkan supaya menjadi lebih dari yang lain

      Hapus
  22. Detil sekali penjelasan mengenai keberhasilan dan kegagalan dalam kewirausahaan. Kerja keras dan ulet harus dilakukan secara konsisten serta melakukan evaluasi dan inovasi berulang kali dalam mencapai kesuksesan berwirausaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seorang wirausahawan harus seperti itu, karena kalau wirausahawan malas itu susah kalo mau ngeraih kesuksesan

      Hapus
    2. Seorang wirausahawan harus seperti itu, karena kalau wirausahawan malas itu susah kalo mau ngeraih kesuksesan

      Hapus

Posting Komentar

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Subscribe Our Newsletter