Pengertian Beserta Contoh Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup

Apa yang pertama kali anda fikirkan mengenai kata tumbuh dan berkembang? Apakah pertumbuhan dan perkembangan pada manusia saja? Tidak, semua makhluk hidup yang ada di bumi ini mengalami pertumbuhan dan perkembangan bahkan tanaman dapat tumbuh dan berkembang. Lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.

pengertian pertumbuhan, pengertian perkembangan, gambar perkembangan makhluk hidup, gambar pertumbuhan makhsluk hidup, contoh gambar pertumbuhan tanaman, contoh gambar pertumbuhan manusia, contoh gambar pertumbuhan hewan, contoh gambar perkembangan manusia, contoh gambar perkembangan hewan, contoh gambar perkembangan tanaman, buku semu, bukusemu, bukusmeu, bukusmu, bukusemu.my.id

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

  • Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan yaitu sebuah proses bertambahnya ukuran, baik volume, bobot, maupun jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal). Saat pertumbuhan terjadi pada manusia, tumbuhan, maupun makhluk hidup lainya, akan mengalami perbedaan secara fisik seperti ukuran yang segenggam tangan menjadi sebesar badan kita.

  • Pengertian Perkembangan

Perkembangan adalah suatu perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa. Maksudnya sebuah perkembangan pada makhluk hidup akan muncul secara alamiah dan mempunyai perubahan-perubahan yang dulu tidak ada menjadi ada yang menandakan bahwa makhluk tersebut sudah lebih dewasa.


  • Perananan Pertumbuhan dan Perkembangan Dalam Kehidupan

Pertumbuhan dan perkembangan mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan. Misalnya pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, semua itu berfungsi untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya. 


Contoh Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup akan terjadi, dengan ditandai dengan perubahan yang mungkin anda tidak menyadarinya, bahkan banyak yang anda hiraukan. Padahal apabila kita mengamati lebih dalam mengenai bab pertumbuhan dan perkembangan ini, semuanya terjadi nyata di sekitar kita dimulai dari hal yang kecil hingga yang besar. Dibawah ini contoh pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, hewan, dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.

#1  Contoh Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia

  1. Sewaktu masih bayi, balita, dan anak kecil, manusia memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Tetapi, setelah tumbuh dan berkembang menjadi dewasa, daya tahan tubuhnya semakin kuat sehingga kelangsungan hidupnya lebih terjamin.
  2. Seorang anak yang baru lahir (bayi) mempunyai berat sekitar 5 kg dan masih tidak bisa bicara, setelah beberapa tahun kemudian anak tersebut mempunyai berat 15 kg dan bisa membaca tulisan yang ada di TV.
  3. Saat masih kecil sulit untuk dapat menjangkau sebuah meja makan, tetapi setelah terjadi pertumbuhan dan perkembangan, akhirnya bisa menggapai tinggi meja dan mengambil makananya sendiri.
  4. Andi dulu berfikir kalau mencontek saat ulangan itu dapat menjadi pintar di kelasnya, tetapi setelah masuk ke sekolah dengan jenjang yang lebih tinggi, Andi tidak ingin mencontek lagi karena itu hanya sebuah hal yang percuma dan hanya membuat dia bodoh.

#2  Contoh Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Hewan

  1. Pak Tani memberi makan sapi kecil yang kurus selama 2 tahun, setelah bertahun-tahun kemudian sapi kecil dan kurus tadi menjadi gemuk dan sudah mempunyai anak 3 ekor.
  2. Sareh diberi pamanya sebuah ikan lele kecil di dalam akuarium, dia merawatnya dengan senang hati dan di kemudian hari ikan lele itu harus di pindahkan ke kolam yang besar agar dapat bergerak bebas. Hal itu menandakan bahwa ikan lele sudah tumbuh dan berkembang menjadi lele yang sudah dewasa.
  3. Ibu Fatih mempunyai rumah makan yang terdapat menu kodok, saat stok kodok sudah habis, Ibu Fatih membeli berudu/kecebong/anak kodok di sebuah peternakan kodok untuk di rawat sendiri. Setelah dirawat selama seminggu, berudu yang hanya mempunyai kepala, badan, dan ekor saja sekarang menjadi mempunyai tangan dan berubah menjadi kodok sempurna. Hal itu menandakan bahwa kodok melakukan proses pertumbuhan.

#3  Contoh Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

  1. Tumbuhan yang masih di pot/vas bunga, setelah 5 tahun kemudian tumbuhan tadi di pindah ke kebun karena sudah mengalami pertumbuhan seperti akar dan batangnya, sehingga menjadikan pot/vas bunga menjadi tidak muat.
  2. Saat Arif masih kecil dia melihat tumbuhan yang masih berukuran 5 cm kemudian ia rawat dengan disirami dan di beri pupuk, setelah beberapa tahun kemudian tumbuhan tadi tumbuh dan berkembang menjadi pohon yang mempunyai banyak buah.
  3. Pemetik daun teh di pegunungan bersama-sama mengambil semua daun teh untuk dijadikan sebuah produk, setelah berminggu-minggu kemudian para petani daun teh tadi mengambil daun teh baru yang dulunya sudah diambil sampai habis. Itu menandakan bahwa tumbuhan mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara bertahap.

Kesimpulan

Pertumbuhan dan perkembangan itu penting bagi kehidupan di alam semseta ini. Tumbuh dan berkembang itu akan membawa makhluk hidup kepada jenjang kedewasaan/lebih besar. Setelah dewasa, makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan) dapat menghasilkan banyak keturunan sehingga populasi akan tetap terjaga kelestariannya.

Pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup juga mengalami berbagai proses/tahapan, tidak bisa dilakukan secara instan karena itu merupakan sebuah alamiah dari alam walaupun sekarang sudah terdapat obat untuk mempercepat proses tersebut. Namun alangkah baiknya masih mempertahankan sifat alamnya karena hasil dari alam maupun bantuan obat itu hasilnya akan berbeda. Banyak sekali faktor penyebabnya, seperti yang dijelaskan pada artikel Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Sekarang, bisa kamu bayangkan apabila di dunia ini tidak ada pertumbuhan dan perkembangan, mungkin makhluk hidup akan mengalami kepunahan karena hanya ada pada posisi itu-itu saja dan tidak menghasilkan keturunan.

Related Posts

14 komentar

  1. yeah., selama hidup ini banyak sekali yang saya alami selama masa pertumbuhan,., seperti suara yang sudah mulai lebih besar dan lebih lelaki bangets..,. adanya tonjolan di leher., tumbuhnya kumis., makin ganteng dan tamvan.,., heheh serta postur tubuh yang semakin lama semakin maskulin.,., menunjukkan bahwa tubuh sudah mulai menunjukkan perkembangannya..,. serta tumbuh tinggi dari yang sekian centimeter menjadi lebih tinggi sekian centimeter..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu contoh perkembangan laki-laki yang dapat diketahui dengan mudah, ciri-ciri tersebut menandakan sudah mulainya tahap remaja yaitu tahap dari anak-anak ke dewasa. Tapi saya kurang yakin kalo ganteng dan tamvan itu hehe :D

      Hapus
  2. Mantap artikelnya jadi tau tentang pertumbuhan mahluk hidup 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kita manusia yang masuk ke dalam makhluk hidup jadi kita harus mempelajarinya

      Hapus
  3. Wah jadi mengingat saya ketika masih sekolah gan. Makasih ya gan atas infonya tentang pertumbuhan makhluk hidup. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat bagi kita semua

      Hapus
  4. Ininih ilmu yang selalu dipelajari waktu smp. Tentang pertumbuhan dan perkembangan. Yah sekali-kali nostalgia lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Lebih tepatnya pelajaran ipa bidang biologi

      Hapus
  5. Walaupun saya bukan anak IPA tetapi saya cukup suka dan senang untuk mempelajari pelajaran anak IPA ..
    artikel ini juga menurut saya sangat bermanfaat karena dengan artikel ini kita bisa mengetahui perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dan juga lainnya
    Terima kasih atas artikelnya
    Lanjutkan terus ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seharusnya setiap siswa harus mengerti semua materi pendidikan walaupun itu hanya dasar tetapi itu sangat penting bagi wawasan kedepanya, sama-sama semoga dapat bermanfaat untuk kita semua

      Hapus
  6. Kak, kalo balita yang mampu berjalan, apakah termasuk contoh pertumbuhan ataukah contoh dari perkembangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampu berjalan kalau dimaksudkan karena tulang yang dimiliki si bayi semakin besar bisa masuk kedalam contoh pertumbuhan kak karena bersifat irreversibel dan kuantitatif atau sesuatu yang bisa diukur kak

      Hapus
  7. kalo masa pubertas juga dari bagian Pertumbuhan dan Perkembangan bukan sih? salam dari Aurealisa cinta di kelas sebelah 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pubertas merupakan salah satu bagian dari tahap perkembangan, mengingat bahwa perkembangan adalah tahap menuju kedewasaan oleh sebab itu pubertas merupakan bagian yang ditanyakan oleh kakak. Semoga bermanfaat :)

      Hapus

Posting Komentar

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Subscribe Our Newsletter