Perkembangan Teknologi di Indonesia Beserta Keadaan Sebelum dan Sesudahnya

2 komentar
Daftar Isi [Tampilkan]

Teknologi menjadi salah satu acuan tolak ukur yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa tinggi kemajuan dari sebuah negara.

Apabila negara itu maju pastilah teknologi dan informasinnya menjadi maju pula. Seperti halnya Indonesia yang sekarang sudah mulai gencarnya memanfaatkan teknologi untuk berbagai aspek kehidupan.

Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia berkembang sangat pesat dikarenakan dampak globalisasi yang begitu tajam ke dalam dan memikat hati masyarakat Indonesia.

Dari tumbuhnya bibit teknologi yang paling kecil yaitu baterai hingga yang paling baru yaitu pembangunan kereta api bawah tanah yang begitu memukau masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut mengenai globalisasi silahkan kunjungi artikel Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Dalam Berbagai Bidang Lengkap.


Teknologi di Indonesia semakin lama semakin meningkat kualitas bahkan kuantitasnya dengan melihat banyaknya bentuk produk yang sudah terpasarkan di Indonesia.

Hal yang tidak dapat lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia adalah handphone atau smartphone.

Pada waktu itu, hanya orang yang kaya saja yang punya bahkan hanya satu, sekarang pastilah hampir semua orang bahkan anak yang masih kecil sudah dimanjakan oleh smartphone dan fasilitas teknologi lainnya seperti televisi, playstation, dan sebagainya.

Banyak sekali perbedaan antara sebelum datangnya teknologi dan sesudah datangnya teknologi bagi Indonesia. Salah satunya yaitu memudahkan seseorang dalam melakukan perjalanan yang jauh dan sekarang sudah bisa di tempuh dalam waktu yang singkat.


Perbedaan Sebelum dan Sesudah IPTEK (Ilmu Pengetahuan Teknologi) Memasuki Indonesia


A. Keadaan Indonesia Sebelum Berkembangnya Teknologi

  • Saling menyatakan perasaan dengan surat-menyurat

    Kegiatan surat-menyurat pada zaman dahulu memang sudah menjaadi tradisi bagi sebagian besar remaja bahkan orang dewasa.

    Meskipun penyampaiannya yang membutuhkan waktu tetapi penantian surat itulah yang membuat para pelakunnya menjadi bahagia.


    • Perjalanan jauh yang memakan banyak waktu

      Saat belum masuknya teknologi, Indonesia masih belum berkembang dan belum mengetahui berbagai keuntungannya.

      Dulu apabila ingin melakukan perjalanan harus melewati jalanan yang panjang dan menggunakan angkutan sederhana seperti delman yang pastinnya membutuhkan waktu lama.

      Tetapi di balik itu semua terkandung banyak makna yang membuat bahagia yaitu belum adannya populasi udara dan pemandangan yang masih hijau dan sejuk.


      • Membeli harus langsung menuju ke tempat penjualan

        Bagi para konsumen pastinnya akan membeli secara langsung ke pasar saat ingin memnuhi kebutuhannya, sehingga harus meluangkan dan menyempatkan waktu untuk datang ke tempat penjualan.


        B. Keadaan Indonesia Setelah Berkembangnya Teknologi

        • Selalu terhubung dengan saudara kapan saja dan dimana saja

          Dengan teknologi, kita diberikan banyak kemudahan salah satunnya yaitu saling mengobrol tanpa bertemu dengan cepat dan kapan saja.

          Sehingga tidak perlu untuk pulang ke kampung halaman untuk mengetahui keadaan orang dirumah, cukup dengan smartphone dan internet atau jaringan pasti akan selalu terhubung dengan orang rumah.


          • Banyaknya jenis alat transportasi yang tersedia

            Mulai dari angkutan umum seperti mobil bak terbuka, bus, motor bahkan kereta api bawah tanah sudah mulai masuk ke dalam Indonesia.

            Semua itu untuk memudahkan masyarakat Indonesia dan menghadapi perkembangan globalisasi yang berkembang pesat. Sehingga tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama untuk berpergian bahkan menyeberang pulau sekalipun sudah bisa ditempuh dalam waktu beberapa jam saja.


            • Kemudahan berbelanja dimana saja dan kapan saja

              Masyarakat sudah mulai dimanjakan dengan mudahnya berbelanja dan memilih kebutuhannya dimana saja dan kapan saja.

              Sehingga tidak perlu repot menghabiskan banyak waktu dan bisa memilih lebih banyak variasi seperti disaat membeli smartphone merek terbaik di Indonesia maupun luar negeri. 


              C. Kesimpulan

              Dilihat dari perbedaan di atas sudah bisa dilihat betapa besarnya perkembangan teknologi di Indonesia. Bahkan masih banyak lagi contohnya, tetapi mungkin akan di bahas lain postingan lagi. 

              Kemajuan teknologi Indonesia dirasa cukup berkembang secara pesat, dimulai dari hadirnya baterai, ponsel, jaringan, bahkan alat transportasi yang kecil seperti motor sampai dengan kapal pesiar yang mewah muncul karena adanya perkembangan teknologi.

              Dalam perekonomian, jual beli online Indonesia sudah berperan aktif dalam membantu dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhannya.

              Semuanya pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing disaat sebelum dan sesudah perkembangan teknologi di Indonesia muncul. Terlebih lagi munculnya internet dan televisi, kita harus bisa memfilter segala bentuk acara di dalamnya agar tidak mempengaruhi pemikiran anak-anak.

              Related Posts

              Komentar

              1. Teknologi itu sangat penting yah mas, apalagi di zaman milenial ini sekarang serba instant dan saya juga setiap hari pasti megang hp aja, makasih yah informasi nya mas

                BalasHapus
                Balasan
                1. Teknologi di zaman sekarang sangatlah penting karena bisa memudahkan berbagai kegiatan bahkan sangat mudah kak

                  Hapus

              Posting Komentar

              Subscribe Our Newsletter