15 Desember 2016

Dasar, Motivasi, Dan Karakteristik Kewirausahaan Terbaru



Apakah kalian mengetahui apakah wirausaha itu? Apakah anda ingin menjadi wirausaha yang professional? Untuk itulah, sekarang saya meng-share artikel ini kepada anda, untuk menyampaikan apa saja dasar-dasar 
berwirausaha dengan baik dan benar. Artikel ini ditujukan untuk semua kalangan, baik digunakan untuk mendasari wirausaha ataupun untuk memenuhi tugas pendidikan. Langsung saja simak berikut ini.

Dasar, Motivasi, Dan Karakteristik Kewirausahaan Terbaru, buku semu, bukusemu, wirausahawan, prakarya dan kewirausahaan, ekonomi

Dasar-Dasar Kewirausahaan 

#1  Perbedaan konsep kewirausahaan dengan wirausahawan

Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa, dan kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Wirausahawan adalah orang yang memiliki kemampuan lebih untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan dalam berbisnis, mengumpulkan sumber daya yang akan dibutuhkan untuk mengambil tindakan secara tepat, mengambil suatu keuntungan serta memiliki sifat, watak, dan kemampuan untuk mewujudkan gagasan yang inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses atau meningkatkan pendapatan.

#2  Sifat wirausahawan bukan keturunan

Sifat wirausahawan itu bukan merupakan keturunan, karena sifat wirausaha adalah hasil proses belajar, siapun dapat menjadi wirausaha kalau dia mau dan tekun. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada hambatan yang sifatnya genetik bagi seseorang untuk menjadi seorang wirausahawan.

#3  Perbedaan wirausahawan dengan manager

Wirausahawan yaitu seseorang yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan baik untuk dirinya maupun untuk orang lain. Sedangkan Manager adalah orang yang harus mengatur atau “memanage” sebuah perusahaan.


Motivasi Wirausahawan

Perkataan motivasi berasal dari Bahasa Inggris yaitu, motivation. Kata asalnya ialah motive.

Motivasi adalah segala sesuatu yang menggerakkan atau mengarahkan seseorang kedalam tindakan-tindakannya baik ke hal negatif ataupun positif.

Motivasi disertai kerja keras juga akan mendapatkan hasil memuaskan sehingga akan mendorong anda melakukan kerja secara prestatif, artikel berikut menjelaskan Ciri Dan Perilaku Kerja Prestatif Dari Seorang Wirausahawan Terpenting yang akan menjadikan anda lebih termotivasi untuk sukses.

Beberapa pengertian motivasi :

  1. Motivasi adalah suatu bentuk dorongan untuk pikiran maupun hati yang menjadi penggerak utama seseorang, sebuah keluarga ataupun organisasi untuk mencapai apa yang diinginkan sebelumnya. 
  2. Motivasi adalah stimulasi atau semangat yang datang akibat rangsangan atau kegairahan terhadap sesuatu yang benar-benar diinginkan.


Karakteristik Wirausahawan

#1  Inisiatif

Seorang wirausaha harus mempunyai inisiatif yang baik, bisa di artikan sebagai prakarsa atau ikhtiar dalam membuka peluang untuk membangun kegiatan yang berguna bagi dirinya maupun orang lain.

#2  Disiplin

Dalam menjalankan sebuah kehidupan dan kegiatan usahanya, wirausahawan dituntut untuk selalu memiliki kedisiplinan. Kedislipinan itu harus diterapkan dalam berbagai hal, sesuai dengan usaha yang sedang dijalankannya.

#3  Komitmen Tinggi

Untuk mendukung tercapainya sebuah keberhasilan usaha, wirausaha harus selalu mempunyai komitmen yang tinggi terhadap segala kegiatan usaha yang dijalankannya.

#4  Jujur

Sifat jujur adalah perilaku utama yang harus ditonjolkan wirausaha untuk membangun sebuah kepercayaan (kredibilitas) dari semua pihak antara lain mitra kerja dan kreditor, serta pelanggan.

#5  Kreatif dan Inovatif

Wirausaha harus mempunyai kreativitas (daya cipta) yang relatif tinggi dan lebih dari orang lain, instutisi yang kuat, wawasan yang lebih luas, dan prakarsa/inisiatif yang relatif lebih tinggi, sehingga mampu menjadi pribadi yang inovatif.

#6  Mandiri dan Realistis

Wirausaha harus memiliki gaya hidup yang mandiri, dinamis, dan dapat memandang kehidupan dan perkembangan bisnis secara realistis. Ia harus memiliki jiwa kepemimpinan dan sikap yang selalu pantang menyerah. 


Dengan karakteristik seperti yang diungkapkan diatas tadi, maka seorang wirausaha harus mempunyai kemampuan tertentu, antara lain:
  • Kemampuan dalam membuka, mencari, menciptakan, dan menggunakan peluang yang datang.
  • Kemampuan untuk menemukan sesuatu yang lebih baru dari yang ada sekarang.
  • Kemampuan untuk dapat menyatukan berbagai faktor dari produksi atau mengorganisasikan perusahaan secara efektif dan efisien.
  • Kemampuan cara dalam beradaptasi dengan kehidupan lingkungan bisnis, masyarakat, dan pemerintah
  • Kemampuan dalam mengambil suatu keputusan dan meminimalkan risiko yang ada
  • Kemampuan memanfaatkan secara baik fasilitas dan teknologi yang ada
  • Kemampuan untuk bersaing yang tinggi dengan pihak lain
  • Kemampuan menganalisis peluang keberhasilan dan kegagalan yang kuat, anda bisa mendalami kemampuan tersebut dengan membaca Faktor Penyebab Keberhasilan dan Kegagalan Seorang Wirausahawan.

Itulah mengenai dasar dan motivasi seorang wirausahawan, semoga artikel ini dapat membuat anda menjadi lebih berwawasan luas tentang wirausaha. 


Dasar, Motivasi, Dan Karakteristik Kewirausahaan Terbaru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *