03 Maret 2018

4 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional, USBN, dan UAS Menggunakan Strategi Ampuh 2018



Penilaian akhir dari proses Pendidikan adalah sebuah hal yang sangat dinanti-nanti oleh pelajar atau mahasiswa, sekaligus menjadi bahan acuan dalam mempersiapkan Pendidikan selanjutnya.

Beberapa bulan lagi, para pelajar akan menghadapi ujian nasional, ujian sekolah berbasis nasional (USBN), dan ulangan akhir semester (UAS).

Seperti yang sudah diketahui bahwa pemerintah mengadakan ujian ini bertujuan agar siswa lebih siap menghadapi masa depan yang semakin sulit karena masuknya globalisasi yang membuat persaingan dalam dunia pekerjaan semakin ketat.

Pastinya semua pelajar atau mahasiswa akan menyiapkan dan mematangkan ilmu yang sudah didapatkannya untuk menghadapi tes atau ujian ini.

Tetapi ternyata masih banyak yang masih kurang maksimal dalam memantapkan ilmunya dikarenakan belum mendapatkan pengarahan dan kiat-kiat dalam menghadapi ujian dan penilaian akhir ini.


Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional, USBN, dan UAS Menggunakan Strategi Ampuh, bukusemu, gambar, foto

Padahal apabila kamu sudah mengetahui triknya pastinya akan menjadi lebih mudah untuk memahami dan memantapkan kembali ilmumu.

Tetapi tenang saja karena di dalam web bukusemu ini akan dibahas dan memberikan kiat-kiatnya dalam menghadapi permasalahan tadi.


Kiat dan Trik Ampuh Menghadapi UN, USBN, dan UAS


#1 Mencari tahu informasi terbarunya

Banyak pelajar yang terkadang hanya belajar tetapi tidak mengetahui apa saja hal yang dibutuhkan di dalam pengujian akhir tersebut.

Sehingga seringkali terjadi kejadian yang membuat penyesalan diakhir yaitu tidak munculnya materi yang dipelajari dan dimantapkan.

Berbeda kejadiannya apabila kamu mencari tahu informasi terbarunya terlebih dahulu kepada sumber dan penyalur informasinya.


a. Bertanya ke Bapak/Ibu Guru

Yang paling mudah dicari tau informasinya yaitu ke orangtua yang ada di sekolah. Karena orang tua tidak akan menjerumuskan anaknya kedalam tempat yang salah.

Pastinya akan selalu dicarikan jalan agar siswa alias anaknya mejadi yang terbaik.


b. Mencari di website resmi pemerintah bidang Pendidikan

Website milik pemerintah di bidang Pendidikan ada banyak. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi seperti kisi-kisi ujian nasional, ujian sekolah berbasis nasional, dsb.

Beberapa list web pemerintah bidang Pendidikan yang dapat kalian manfaatkan informasinya :
  • BSNP Indonesia yaitu web milik badan standar nasional Pendidikan yang pastinya berisi batas standar yang diaplikasikan di dunia Pendidikan.
  • Puspendik Indonesia yaitu web yang menjadi pusat informasi Pendidikan yang ada di Indonesia.


#2 Membuat ringkasan materi pelajaran yang diujikan

Apakah anda percaya bahwa menulis akan lebih efektif dalam memahami dan mengingat materinya dibanding membaca saja? Pastinya. Karena menulis itu memadukan antara otak, tangan, hati, bahkan lisan.

Saat kamu menulis, respon otak menjadi baik :
  1. Otak kamu akan berfikir tulisan apa yang akan dituangkan,
  2. Mata melihat tulisan yang kemudian ditransfer ke otak,
  3. Tangan menulis pastinya otak yang memberikan perintah,
  4. Hati atau lisan kamu akan membaca tulisan tersebut atau bersama mengikuti tulisan tanganmu.


#3 Mengerjakan latihan soal sebanyak-banyaknya

Ilmu akan selalu bertambah dan mantap apabila selalu digunakan dengan baik. Seperti halnya pensil,semakin diasah semakin tajam.

Orang akan menjadi tau dan ahli dalam pekerjaannya, apabila sudah terbiasa menjalankannya. Oleh sebab itu, latihan soal itu perlu karena ilmumu tidak tersia-siakan dan kamu akan menjadi lincah dalam menjawab soal.

Berfikir logis saja, apabila kamu mengerjakan sebuah soal yang menurut kamu sulit akhirnya kamu mencari rumusnya dengan susah payah dan kamu pun menjawab soal itu tetapi akhirnya kamu berhasil mengerjakannya. Pasti kamu akan ingat perjuanganmu mendapatkan rumus jitu tadi.

Sehingga suatu saat kamu bertemu dengan soal yang serupa kamu akan langsung ingat rumus yang kamu temukan itu. Tidak akan tersia-sia perjuanganmu.Selal


#4 Bersikap tenang, terjadwal, dan disiplin

Dalam mempersiapkan datangnya ujian, kamu harus mempraktekkan semuanya. Termasuk yang ada dibawah ini, yang berkaitan di dalam mindset diri sendiri. 

Tanamkan secara pasti poin-poin dibawah ini kedalam mindsetmu.


a. Selalu tenang dan jangan terlalu ribut

Kebanyakan para pelajar terlalu ribut saat akan menghadapi ujian.

Padahal yang harus dilakukan untuk menghadapi ujian entah itu UN, USBN, ataupun UAS harus selalu tenang. Mengapa? Karena seringkali kamu tidak akan optimal dalam berfikir maupun memahami pelajaran.

Kamu bisa mengikuti tips pada artikel Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Tidak Stress supaya memudahkan kamu agar selalu tenang.


b. Terjadwal dalam belajar

Maksudnya kamu harus menentukan rencana harian atau mingguan dalam mempelajari sebuah pelajaran.

Jangan sampai gara-gara kamu suka salah satu pelajaran, kamu menjadi lupa dengan pelajaran lainnya.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kejadian tersebut kamu harus membuat sebuah jadwal yang kamu rasa cukup membantu.


c. Disiplin waktu dalam mengahapi penilaian akhir

Seringkali terjadi kesalahan dalam menghadapi penilian ini. Pada point pertama yaitu selalu tenang bukan berarti kamu santai dalam menghapai ujian.

Tetapi tenang dalam memahami dan disiplin dalam menjalankannya.

Disiplin menjadi bab semuanya. Karena tanpa adanya disiplin kamu tidak akan berhasil.

Di dalam artikel ini terdapat tips yang terletak pada tips pertama yaitu mencari informasi, apabila kamu tidak akan disiplin pastinya kamu akan tertinggal.

Misalkan saja, kamu mencari informasinya 2 minggu sebelum ujian berlangsung dan kamu mendapatkannya setelahh 3 hari. Kamu hanya waktu kurang dari 2 minggu untuk mempelajari semuanya.

Masih bagus apabila kamu cepat dalam memahami informasinya. Apabila informasinya itu agak rumit, kamu sudah tidak mempunyai waktu lagi.

Kamu tidak akan maksimal dalam memahami informasi dan saat kamu mengerjakan soal pastinya kamu tidak akan menjadi lincah lagi.


Note :

Di dalam menghadapi ujian entah dalam bentuk UN, USBN, UAS maupun yang lainnya. Kamu harus selalu berusaha mencari informasi terbaru mengenai ujian tersebut.

Kamu tidak akan berhasil apabila kamu tidak displin walau hanya terlewat 1 waktu saja, karena kamu akan terbirit-birit dalam menghadapi ujian ini.



4 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional, USBN, dan UAS Menggunakan Strategi Ampuh 2018
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *