Penjelasan Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik Beserta Kisaran Ukuran Sel Secara Singkat

Daftar Isi [Tampilkan]

Didalam tubuh makhluk hidup tersusun atas sel-sel yang ukurannya hanya bisa dilihat menggunakan alat bantu seperti mikroskop. Sel sendiri tidak sepenuhnya sama, ternyata sel mempunyai tipe tersendiri.

Secara struktural, sel mempunyai dua tipe yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Kedua tipe tersebut mempunyai bentuk tersendiri. Selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

Penjelasan Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik Beserta Kisaran Ukuran Sel Secara Singkat, bukusemu, gambar infografis mengenai tipe sel

#1 Penjelasan Sel Prokariotik

Prokariotik berasal dari bahasa Yunani yaitu pro yang berarti sebelum, dan karyon yang berarti inti.

Sehingga pengertiannya dapat disimpulkan bahwa,
Sel prokariotik adalah sel yang belum memiliki nukleus atau tidak memiliki membran inti yang memisahkan materi genetik di inti sel dengan bagian sel lainnya.

Materi genetik (DNA) pada sel prokariotik tampak terkosentrasi pada suatu tempat yang disebut nukleoid.

Sel prokariotik memiliki DNA sirkuler (plasmid), sejumlah ribosom yang berungsi untuk sintesis protein, membrane plasma yang membatasi sel, serta dinding sel yang terdapat di sebelah luar membran plasma dan dilapisi kapsul seperti gel.

Sebagan sel prokarotik (bakteri) ada yang memiliki organel perlekatan berupa pili dan organel pergerakan berupa flagella.

Sel prokariotik ini pada umumnya mempunyai ukuran dengan diameter 0,1 – 1,0 μm.

#2 Penjelasan Sel Eukariotik

Eukariotik juga berasal dari bahasa Yunani yaitu eu yang berarti sebenarnya, dan karyon yang berarti inti.

Sehingga pengertiannya dapat disimpulkan bahwa,
Sel eukariotik adalah sel yang memiliki nukleus yang sebenarnya, atau materi genetik (DNA) yang dibungkus oleh membran inti.

Pada sitoplasma atau daerah antara nukleus dan membrane sel, terdapat medium semi cair yang disebut sitosol, serta organel-organel sel yang sebagian besar tidak terdapat pada sel prokariotik.
Sel ekuariotik ini umumnya memiliki ukuran yang berdiameter 10-100 μm.

#3 Ukuran Umum Sel Makhluk Hidup

Sel merupakan unit terkecil yang ada di dalam tubuh makhluk hidup, sehingga bisa diprediksi sebesar apa ukurannya. Walaupun bisa dibilang sangat kecil, ternyata sel bisa dihitung ukurannya.

Sebagian sel mempunyai ukuran dengan diameter 1-100 μm atau dibaca micrometer, dengan volume berkisar antara 1-1000 μm kibik.

Ukuran sel makhluk hidup :

Sel hewan berdiameter sekitar 20 μm
Sel tumbuhan berdiameter sekitar 40 μm
Sel Amoeba berukuran sekitar 90-800 μm
Sel Alga besar berdiameter sekitar 500.000 μm (50mm).

Ukuran sel yang sangat kecil, menyebabkan sulitnya untuk dilakukan pengamatan apabila hanya menggunakan mata telanjang. Sehingga para ilmuan menciptakan teknologi yang bernama mikroskop yang dapat mempermudah proses pengamatan.

Sudah banyak pengamatan yang menggunakan bantuan mikroskop, salah satu artikelnya yaitu Sejarah Penemuan Sel Beserta Kesimpulan Pengamatan Sel Oleh Ilmuan.

Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter