11 April 2018

Apa Itu Musik? Pengertian Musik Dan Unsur Fungsinya Dalam Seni


Pengertian musik - tahukah anda bahwa musik merupakan salah satu suara yang nyaman ketika didengar, namun pada dasarnya tidak semua orang dapat mendengar musik, yaitu orang yang mempunyai tunarungu.

Apabila suara instumen yang keluar dari sebuah suara maka akan membuat telinga seseorang nyaman ketika mendengarnya, itulah yang disebut pengertian musik.

Mungkin saat ini anda pasti mengenal yang namanya apa itu musik, pada prinsipnya musik memiliki jenis genre yang berbeda-beda yaitu ada genre jazz, rock, dangdut, reggae, dan lain-lain.

Nah dari beberapa genre tersebut pasti anda sudah pernah mendengarnya secara satu per satu, untuk pengertian apa itu musik akan saya bahas pada pembahasan dibawah ini, pastinya akan mudah anda pahami. Silakan anda simak baik-baik.

 

Apa itu Musik, Fungsi Dan Unsur-unsurnya


Musik memang mempunyai aliran tersendiri bagi para pembawanya, ada yang bernuansa indah, dan ada juga yang membawa nuansa cinta.

pengertian musik menurut para ahli, pengertian musik modern, pengertian musik secara lengkap dan unsur-unsurnya,definisi musik, bukusemu

Pengertian Musik

Untuk pengertian musik dalam kamus besar bahasa indonesia yaitu ilmu atau seni yang menyusun dari beberapa banyak nada ke dalam sebuah instrumen suara hingga membentuk yang namanya suara indah berupa musik berkesinambungan.

Tentunya anda pasti mengenal yang namanya instrumen musik, dari salah satu nada seperti ini tergolong ke dalam sinambungan suara yang sangat merdu dan nyaman di dengar.

Tetapi ada yang beranggapan lain bahwa pengertian musik dapat dipaparkan oleh beberapa ahli yaitu bernama Jamalus, apa itu musik? Menurut pemaparannya bahwa musik merupakan karya seni yang dikategorikan bunyi dari nada lagu dan sudah di ekspresikan oleh pemikiran penciptanya.

Ada banyak sekali macam unsur musik yang dapat anda ketahui dengan mudah, salah satunya adalah irama, melodi, harmoni, dan juga bentuk suara.

Pada dasarnya musik memiliki banyak genre yang berbeda-beda namun tetap enak di dengar, dalam musik memiliki istilah lain yang berasal dari bahasa yunani yaitu mousikos, arti dari bahasa ini di amnil dari salah satu nama dewa yang berasal dari yunani.

Nama dewa mousikos tersebut pada jaman dahulu sering dilambangkan sebagai simbol keindahan dan kecintaannya terhadap seni salah satunya yaitu instrumen musik.

Menurut ahli Aristoteles memaparkan bahwa musik tergolong salah satu curahan  nada yang merupakan suatu penggambaran dari gerakan melodi yang cukup berirama.

Kemudian menurut para ahli David Ewen yang merupakan salah satu ahli dalam ilmu pengetahuan memaparkan bahwa seni musik ialah kombinasi dari semua ritmik suara dan nada-nada, bisa dari suara vokal maupun dari instrumental yang bernuansa harmoni, bisa berasal dari ungkapan emosional seseorang yang memainkannya.

Apa saja dapat di ekspresikan dalam sebuah musik, bisa mengenai emosional maupun nuansa keindahan.

Jika kita simpulkan dari pemaparan musik menurut beberapa ahli di atas ialah musik termasuk golongan suara, nada, bunyi yang dikombinasikan menjadi salah satu irama atau melodi.

Diatas adalah beberapa pengertian musik yang mudah anda pahami dengan benar, sekarang anda perlu mengetahui informasi yang membahas tentang fungsi dan unsur-unsur mengenai musik. Silakan anda simak baik-baik dibawah ini

 

Fungsi Musik

Tahukah anda bahwa musik adalah golongan suatu elemen yang sangat terpenting dalam kehidupan manusia, mulai dari sejak jaman dulu musik sering dimainkan oleh banyak orang termasuk nenek moyang kita.

pengertian musik menurut para ahli, pengertian musik modern, pengertian musik secara lengkap dan unsur-unsurnya,definisi musik, bukusemu

 

1. Sebagai Sarana Ekspresi Diri

Fungsi pertama yang ada pada musik adalah mengekspresikan diri, artinya pemusik dapat mengekspresikan dan mengungkapkan perasaannya lewat sebuah musik yang ia buat sehingga bisa didengar oleh penerimanya.

Tentunya dari musik tersebut mempunyai genre tertentu dan pastinya berbeda-beda. Apalagi dari sebuah musik tersebut tersusun musik vokal yang berurut secara bagus sehingga lebih nyaman di dengar.

Bahkan bukan hanya itu saja tetapi nada dari sebuah musik dapat disimbolkan sebagai nuansa yang bermacam-macam, ada yang nuansanya sedih dan cinta yang dialunkan secara lambat atau ada juga yang memiliki simbol ceria.

Namun begitu juga sebaliknya bila dari musik tersebut memiliki bawaan tempo yang cepat dan teratur maka dapat di artikan bahwa mewakiliki ekpresi yang senang atau bisa dibilang gembira.

 

2. Sebagai Sarana Hiburan

Fungsi musik yang terakhir adalah sebagai sarana hiburan semata, anda pasti sudah mengetahui bahwa musik dapat menghibur seseorang hingga terbawa ke nuansa kegembiraan sebab alunan instrumental musik tersebut mempunyai nada yang sangat indah dan lembut di dengar. 

Tahukah anda bahwa musik memang diperlukan bagi seseorang untuk menghilangkan rasa bosan pada orang tersebut, misalnya anda dalam keadaan sedih maka ketika anda mendengarkan musik yang terbawa ke alunan yang lembut, pastinya anda akan terhibur sehingga rasa bosan atau sedih tersebut akan menghilang setelah mendengar beberapa instrumental nada yang indah.

 

Penutup

Itulah artikel yang membahas tentang pengertian musik dan fungsi musik dalam sebuah seni, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda di ilmu pengetahuan tentang musik. Terima kasih


Artikel Terkait

Apa Itu Musik? Pengertian Musik Dan Unsur Fungsinya Dalam Seni
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *