Kotoran Hidung Bisa Turunkan Kadar Asam Urat?

Bagi beberapa orang, cara untuk menurunkan kadar asam urat adalah dengan menaruh kotoran hidung di area yang sakit. Efektikah cara ini?

Pernah ada kabar bahwa kotoran hidung dapat menurunkan kadar asam urat. Pada 2017 silam, lewat fitur story di Instagram pribadinyanya, Mulan Jameela pernah mencetuskan cara baru menurunkan kadar asam urat dengan menaruh kotoran hidung di area yang sakit. Benarkah demikian?

Sebelum menjawab hal ini, Anda perlu tahu bahwa kadar asam urat tinggi dapat menyebabkan penyakit artritis gout. Pada kondisi ini, tubuh tidak dapat mengeluarkan asam urat berlebih, sehingga kristal asam urat akan menumpuk di jaringan tubuh.


Cara Atasi Asam Urat Tinggi


Kotoran Hidung Bisa Turunkan Kadar Asam Urat, bukusemu, cara menurunkan asam urat

Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh dan radang pada persendian.

Sampai saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan meletakkan kotoran hidung di area yang radang sendi menurunkan kadar asam urat. Karena itu, metode ini tidak direkomendasi untuk dilakukan.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kadar asam urat tinggi adalah dengan membatasi konsumsi makanan berpurin tinggi. Misalnya, jeroan, makanan laut, dan bayam. Dengan membatasi asupan purin, pengeluaran asam urat dari tubuh menjadi lebih lancar dan kadarnya pun lebih sedikit.

Selain itu, Anda dapat menerapkan kiat sederhana berikut untuk menurunkan kadar asam urat:

  1. Lakukan diet rendah lemak. Kandungan lemak berlebih lemak akan menjadi penghambat pengeluaran asam urat.
  2. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleks dapat membantu pengeluaran asam urat melalui urine. Dapatkan nutrisi ini pada singkong, roti, dan ubi.
  3. Minum air putih 2-3 liter sehari turut membantu dalam pengeluaran asam urat berlebih, serta mencegah pengendapan asam urat di dalam tubuh.
  4. Kurangi konsumsi protein. Zat ini dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.
  5. Hindari alkohol karena dapat menjadi penghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.


Selain menerapkan cara-cara di atas, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Seperti dijelaskan dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc dari KlikDokter, obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam urat adalah golongan NSAIDs seperti ibu profen atau naproxen, obat kortikosteroid, colchicines, dan alloupurinol.

Hingga kini, cara-cara di atas masih diterapkan dan cukup membantu mengurangi nyeri akibat asam urat tinggi. Di luar itu, belum ada penemuan maupun penelitian ilmiah yang menyebutkan kotoran hidung dapat menyembuhkan asam urat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter