Manfaat Probiotik untuk Diare dan Intoleransi Laktosa

Saat anak diare, sering kali orang tua panik. Apalagi jika terjadi terus menerus hingga anak lemas dan dehidrasi. Segera mengunjungi dokter menjadi cara paling efektif dan efisien terutama untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi.

Dokter terkadang memberikan antibiotik ketika melihat anak diare. Cara yang paling cocok sebenarnya kalau memang diare disebabkan oleh infeksi bakteri.

Namun, ada cara lain yang lebih efektif dan tidak mengandung banyak bahan kimia. Cara tersebut yaitu dengan memberikan probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose.

Cara yang tidak umum mungkin. Namun, sebenarnya di dunia kesehatan sering diberikan pada anak. Hanya saja Anda tidak mengenalnya sebagai probiotik.


Mengenal Probiotik


Manfaat Probiotik untuk Diare dan Intoleransi Laktosa, bukusemu

Probiotik sebenarnya merupakan makanan atau minuman atau zat yang mengandung bakteri hidup tetapi mempunyai efek menguntungkan.

Jika Anda mengonsumsi ini saat diare, kolonisasi bakteri baik dalam saluran pencernaan meningkat, khususnya di seluruh epitel mukosa usus. Akibatnya tidak ada lagi tempat bagi bakteri patogen yang telah menyebabkan diare untuk berkembang biak.

Mekanisme kerjanya di dalam tubuh tidak hanya meningkatkan kolonisasi bakteri baik ini di dalam saluran pencernaan.

Probiotik juga meningkatkan sistem imun. Sistem imun atau kekebalan tubuh yang bertambah kuat pada akhirnya akan mengatasi diare yang terjadi karena berbagai sebab.

Demikian secara ringkas disebutkan mengenai probiotik dirangkum dari berbagai info kesehatan.

Probiotik ini sangat efektif untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti:

  1. Intoleransi makanan, penyebab yang paling umum adalah intoleransi laktosa atau tubuh menolak terhadap kandungan laktosa dari susu sapi dan kambing.
  2. Alergi makanan, sedikit berbeda dengan intoleransi makanan karena terkadang alergi terhadap makanan tertentu dipengaruhi oleh kekebalan tubuh.
  3. Diare ketika menggunakan antibiotik pada pengobatan yang sedang dijalani.
  4. Infeksi karena virus, bakteri, dan parasit lain yang menyerang sistem pencernaan tubuh. Infeksi ini menjadi penyebab hampir 25% diare yang dialami anak-anak.


Demikian sedikit tentang probiotik yang dijelaskan secara sederhana. Suatu pengobatan diare yang saat ini lebih banyak dijadikan alternatif oleh dokter dibandingkan memberi obat antibiotik yang beresiko mengakibatkan bakteri menjadi lebih kebal di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter