Memahami Apa Itu GRE dan Pentingnya Mengikuti Kursus

Daftar Isi [Tampilkan]

Sebelum membahas tempat kursus GRE di Jakarta, apakah Anda sudah paham secara keseluruhan apa itu GRE, dan apa persiapan yang harus dilakuakn sebelum mengikuti GRE? Pada artikel ini, akan kita bahas apa itu GRE.

GRE adalah singkatan dari Graduate Record Examination, yaitu test untuk mengetahui kemampuan calon mahasiswa S2 dibidang ekonomi dan manajemen, jadi GRE ditujukan untuk calon mahasiswa S2 yang ingin melanjutkan ke studi ke jurusan manajemen maupun ekonomi.

Kenapa GRE diberlakukan? Karena yang namanya studi S2 adalah lanjutan dari apa yang sudah dipelajari saat S1, semua mata kuliah saling berkaitan dan S1 adalah dasar. Untuk itu perlu diadakan test GRE karena banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan yang tidak linier atau tidak berasal dari jurusan ekonomi maupun manajemen.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua negara yang mewajibkan GRE, negara yang paling mewajibkan GRE adalah Amerika, Australia, Singapura, Finlandia, dan beberapa univeristas di China. Untuk negara bagian Eropa biasanya sangat jarang mewajibkan GRE.

Jadi jika Anda ingin kuliah di salah stau negara yang mewajibkan GRE, sebaiknya persiapkan diri Anda dari sekarang, karena GRE bisa dikatakan sulit terlebih bagi Anda yang S1 nya sama sekali tidak berkaitan dengan ekonomi atau manajemen.

Memahami Apa Itu GRE dan Pentingnya Mengikuti Kursus

Memahami Apa Itu GRE dan Pentingnya Mengikuti Kursus

Ada dua pilihan untuk Anda dalam mempersiapkan test GRE, yaitu dengan belajar otodidak dan belajar dengan mengikuti kursus GRE. Dalam setiap pilihan tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Jika Anda memilih untuk belajar secara otodidak, Anda akn terlepas dari biaya kursus, Anda bisa low budged hanya dengan membeli buku-buku khusus test GRE, atau mendownload aplikasi GRE gratis maupun berbayar dari play store.

Namun kelemahan dari belajar secara otodidak adalah tingkat keseriusan atau komitmen belajar yang tidak maksimal, karena akan lebih banyak menunda waktu untuk belajar, karena jadwal diatur oleh Anda sendiri.

Kemudian ketika Anda tidak paham, tidak ada yang bisa Anda tanyakan untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda pahami, dan tidak mendapat tips-tips cepat dan efisien dalam menghadapai test GRE.

Dan sebaliknya jika Anda memilih untuk mengikuti kursus GRE, Anda harus menyiapkan budged tersendiri untuk biaya kursus, dan juga biaya transportasi ke lokasi kursus. Namun kelebihannya, Anda bisa lebih serius dan maksimal dalam belajar karena ada jadwa tersendiri yang harus Anda ikuti.

Dan juga ada tutor yang bisa membantu Anda untuk memahami bagian-bagian yang menurut Anda sulit, dan juga tutor bisa membantu Anda dengan tips-tips dalam menghadapi test GRE. Dan pastinya motivasi dari tutor dan juga dari teman Anda satu kelas GRE akan sangat membantu Anda untuk lebih semangat.

  • Persiapan Test GRE

Namun apapun yang jadi pilihan Anda dalam mempersiapkan test GRE, ada 3 point penting yang tidak bisa Anda lewatkan sebelum test GRE.

1. Mendaftar test GRE

Test GRE hanya 3 kali dalam setahun, dan penyedia test GRE yang berlaku secara internasional di Indonesia hanya di British Council, jadi Anda cek website British Council kapan saja test GRE diadakan.

Dan pilih kota yang terdekat dan juga lokasi ujian yang terdekat dengan tempat Anda berdomisili, jadi Anda tidak perlu kesusahan untuk bisa sampai dilokasi ujian, karena ujian biasanya dilakukan dari pagi hari, dan on time.

Jika Anda pelupa, sebaiknya segera daftarkan untuk mengikuti ujian, dan bayar biaya ujian, kemudian catat email dan sandi Anda untuk bisa login kartu ujian dan untuk melihat hasil ujian Anda nantinya. Karena sia-sia Anda belajar maksimal dan ternyata lupa mendaftar test GRE.

2. Jangan Lupa Jadwal Test

Setelah mendaftar dan sudah tahu jadwal dan tempat diadakannya test GRE, Anda jangan sampai lupa jadwal test tersebut. Buat alarm di ponsel Anda atau lingkari kalender Anda untuk peringatan jadwal ujian Anda.

Terlebih bagi Anda yang akan ujian di luar kota karena dikota Anda tidak tersedia test GRE. Anda persiapkan tempat menginap Anda, transport Anda ke lokasi test dan bagaimana supaya Anda bisa sampai minimal 15 menit sebelum ujian dimulai.

Yang paling penting jangan sampai terlambat karena tidak ada ujian susulan, jika Anda terlambat 30 menit, berarti waktu Anda terbuang 30 menit dan akan kesulitan dalam memaksimalkan waktu ujian untuk semua sesi, untuk itu jangan sampai lupa jadwal ujian dan jangan terlambat.

3. Kesehatan

Jangan sampai menuju hari ujian atau di hari H, Anda malah sakit. Untuk itu jaga kesehatan tubuh Anda untu tetap fit, dan bisa konsentrasi saat ujian. Karena score sangat menentukan apakah Anda akan diterima atau tidaknya pada satu universitas, untuk itu maksimalkan persiapan dan juga Kesehatan

Itulah 3 point penting yang harus Anda perhatikan sebelum test GRE, namun untuk menghindari score yang rendah dan harus mengulang kembali mengikuti test GRE, sebaiknya Anda ikuti les GR.

Karena dengan mengikuti les GRE persiapan Anda lebih amtang dan Anda paham secara keseluruhan apa itu GRE dan pentingnya score tinggi pada GRE.

  • Tempat LES GRE

Untuk tempat les GRE Jakarta kami merecomendasikan English Bridge Prep, salah satu tempat les GRE terbaik di jakarta, dengan berbagai keunggulan yang pastinya tidak akan Anda temukan ditempat kursus GRE lainnya.

English Bridge Prep sudah berdiri diberbagai kota besar di Indonesia, dan pusatnya ada di Jakarta. Pengalaman English Bridge Prep dalam membantu calon mahasiswa untu test GRE sudah tidak diragukan lagi, sehingga English Bridge Prep tetap terpercaya di berbagi kota.

Salah satunya adalah tutor di English Bridge Prep adalah native speaker dan pastinya dengan score GRE yang tinggi.

Anda bisa berkonsultasi seputar GRE dan bagaimana perkuliahan di luar negeri. Untuk selengkapnya bisa Anda kunjungi websitenya di Englishbridge.com,

Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter