Mengenal Aupair Jerman, Lebih Dari Hanya Sekedar Program Pertukaran Budaya

Daftar Isi [Tampilkan]

Mungkin anda sendiri sudah pernah mendengar tentang program aupair di Jerman? Ada beberapa orang yang menganggap jika program aupair adalah pilihan program yang bisa membuat anda mendapatkan tiket jalan-jalan ke luar negeri, bahkan tinggal di luar negeri secara gratis?

Ada juga banyak orang yang mengatakan jika aupair adalah program TKI di Jerman dengan menjadi baby sitter atau pengasuh anak. Lalu kira-kira mana yang benar? Nah untuk bisa mengetahui kebenaran dari informasi aupair ini, lebih baik anda harus mengetahui terlebih dulu sejarah aupair yang ada di Jerman dan negara lainnya.

Mengenal Aupair Jerman, Lebih Dari Hanya Sekedar Program Pertukaran Budaya

Sejarah Aupair Dan Pengertian Aupair Jerman

Seiring dengan berjalannya waktu dan zaman, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk pergi ke luar negeri secara gratis.

Yang mana salah satunya adalah dengan mengikuti program aupair. Lalu apa itu aupair? Apakah sama dengan TKI?

Jika dilihat dari definisinya, aupair sendiri merupakan asisten rumah tangga dari luar negeri yang bekerja serta tinggal di host family atau keluarga asuh, tidak hanya menjadi asisten rumah tangga saja. Namun aupair juga menjadi bagian dari keluarga angkat tersebut.

Definisi lain dari aupair adalah anak muda biasa nya perempuan yang berasal dari luar negeri, tinggal di suatu keluarga untuk mempelajari kultur, budaya dan juga bahasa asing dari negara tersebut. Selain itu, aupair juga memiliki tanggung jawab untuk mengurus anak-anak serta mengerjakan berbagai macam pekerjaan rumah ringan.

Dari dua definisi tersebut, kita bisa menarik kesimpulan jika aupair merupakan program dimana anda akan tinggal dengan keluarga baru di luar negeri dengan memiliki tugas untuk mengasuh anak serta membantu berbagai macam pekerjaan rumah tangga.

Nantinya, anda akan mendapatkan imbalan berupa kursus bahasa asing, tempat tinggal yang layak, makan yang sudah disediakan oleh keluarga asuh dan juga mendapatkan gaji setiap bulannya.

  • Sejarah Aupair Di Dunia

Dalam sejarahnya, konsep aupair ini pertama kali muncul di Eropa Setelah selesainya perang dunia ke 2.

Dimana saat itu banyak perempuan muda yang berasal dari kelas ekonomi menengah yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri sekaligus ingin meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka miliki dengan cara mempelajari bahasa asing sekaligus merasakan bagaimana sih rasanya tinggal di negara asing.

Karena stigma yang sudah terlanjur melekat dengan kata pelayan, munculah aupair yang berasal dari kata Perancis dimana arti dari aupair itu adalah sederajat. Hal inilah yang kemudian menandakan jika terdapat hubungan yang sederajat, sama kastanya antara pihak aupair dengan pihak keluarga asuh.

Seorang aupair juga harus mendapatkan perlakuan yang layak serta dianggap sebagai bagian dari keluarga host family dari aupair. Merekat tidak diwajibkan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan rumah yang berat, tidak diwajibkan mengenakan seragam dan sebagainya.

  • Perkembangan Aupair Dari Tahun Ke Tahun

Walaupun pada awalnya konsep aupair ini hanya terbatas untuk perempuan saja. Namun sekarang ini pria wanita bisa menjadi bagian dari peserta aupair. Walaupun sampai saat ini perempuan lah yang masih mendominasi dari profesi aupair di seluruh dunia.

Wilayah dari tujuan aupair sekarang ini juga berkembang dengan meliputi beberapa negara di seluruh dunia. Mulai dari Asia, Amerika, Eropa dan masing-masing negara tersebut juga memiliki persyaratan yang berbeda-beda, walaupun untuk syarat utama atau yang paling umumnya masih tetap sama.

Untuk anda yang bekerja menjadi seorang aupair, anda akan bekerja dengan perhitungan 30 jam dalam seminggu dan berhak untuk memperoleh libur paling tidak 1 hari dalam satu minggu atau sesuai dengan perjanjian kontrak sebelumnya. Aupair juga akan dilibatkan dalam berbagai macam aktivitas keluarga asuh seperti berwisata.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh peserta aupair. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan dengan menjadi seorang peserta aupair :

  1. Anda bisa merasakan bagaimana rasanya hidup di negara maju Eropa.
  2. Bisa mempelajari budaya baru dan bahasa baru.
  3. Berkesempatan untuk belajar bahasa asing secara langsung.
  4. Aupair memiliki kesempatan untuk menghadiri kursus guna menambah pengetahuan dan wawasannya tentang negara asing tersebut.
  5. Memiliki kesempatan untuk melakukan traveling bersama keluarga asuh.
  6. Bisa bekerja secara part time (tergantung perjanjian dengan pihak keluarga asuh).

Nah itulah sejarah dari aupair Jerman, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang penasaran dengan aupair di Jerman maka bisa mendaftar di website Studiva.

Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter