19 Februari 2018

Uang Bulanan Selalu Habis Tak Berjejak? Ini Solusi Mengaturnya


Ada yang mengatakan bahwa uang bukan segalanya tapi segalanya butuh uang. Kalimat tadi tidak sepenuhnya benar tapi memang uang sangat diperlukan untuk kelancaran kehidupan sehari-hari.

Segala aktivitas yang dilakukan manusia modern hampir selalu terkait dengan uang mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur.

Manusia memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan papan sampai dengan kebutuhan lainnya seperti gaya hidup. Kebutuhan ini dipenuhi dengan cara bekerja mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Uang Bulanan Selalu Habis Tak Berjejak? Ini Solusi Mengaturnya, bukusemu, artikel review, artikel belanja bulanan

Semua orang pasti berharap penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan akan dapat memenuhi semua kebutuhan pribadi maupun keluarga. Akan tetapi, pola pengaturan keuangan yang salah kerap kali membuat penghasilan yang diperoleh per bulannya habis di tengah jalan tanpa sisa.

Kondisi ini tentu menyulitkan jika ada kebutuhan mendesak pada akhir bulan yang harus Anda penuhi. 

Trik Mengatur Keuangan Agar Jelas


Mengatur keuangan dengan tepat memang mutlak diperlukan untuk masa depan keuangan yang cerah. Kemampuan mengelola keuangan yang terasah sedari dini membuat kehidupan ekonomi bisa menjadi jauh lebih baik.

Seberapapun penghasilan yang diperoleh mungkin akan selalu terasa kurang tanpa manajemen yang baik. Berikut ini beberapa trik mengatur keuangan agar uang bulanan tidak habis tanpa perhitungan yang jelas :

1. Buat rencana keuangan bulanan di awal bulan

Setelah Anda menerima gaji bulanan ada baiknya Anda langsung membagi uang tersebut ke dalam pos-pos yang penting untuk kelangsungan hidup sehari-hari Anda. Buatlah rencana keuangan untuk kebutuhan utama seperti uang makan, transportasi, uang pulsa serta kebutuhan pokok lainnya untuk jangka waktu sebulan ke depan.

Cara tadi efektif untuk menjamin kelangsungan hidup Anda sampai akhir bulan. Setidaknya Anda tidak perlu bingung untuk makan sehari-hari sampai Anda menerima gaji di bulan selanjutnya. Sisa dari uang yang sudah dibagi tadi bisa Anda alokasikan untuk keperluan lainnya.

2. Sisihkan sebagian uang untuk disimpan sebagai tabungan

Setelah membagi-bagi uang bulanan Anda sesuai pos-pos kebutuhan pokok, sebaiknya sisihkan pula sebagian untuk disimpan di dalam tabungan. Tabungan ini dapat Anda simpan di rumah ataupun disimpan di rekening bank. Akan jauh lebih baik jika Anda memisahkan tabungan tersebut di tempat khusus yang tidak tercampur dengan uang yang Anda gunakan sehari-hari.

Jika Anda ingin menyimpan tabungan ini di rekening, sebaiknya buat rekening khusus untuk tabungan terpisah dari rekening pribadi. Pilihlah jenis tabungan dengan biaya administrasi rendah untuk rekening simpanan Anda. Pemisahan ini sangat efektif untuk menghindarkan Anda menggunakan uang tersebut.

Buatlah prinsip bahwa uang yang sudah Anda tabung tidak akan Anda utak-atik kecuali untuk keadaan yang sangat darurat. Cara ini cukup efektif untuk mempertahankan tabungan Anda agar tidak berkurang. 

3. Catat semua pemasukan yang diperoleh

Sebaiknya catatlah semua pemasukan yang datang dengan terperinci. Sumber pendapatan Anda bisa jadi tidak hanya dari gaji bulanan yang diperoleh tetapi juga dari sumber-sumber lain. Pencatatan pemasukan ini berguna untuk mengetahui aliran keuangan Anda. 


4. Catat semua pengeluaran yang dilakukan

Seperti hal nya pada poin pertama, semua pengeluaran yang dilakukan juga perlu dicatat dengan jelas. Hal ini sangat berguna untuk melacak kemana saja uang Anda mengalir.

Anda bisa menyiapkan buku catatan kecil yang bisa Anda isi setiap harinya. Tuliskan semua pengeluaran Anda mulai dari untuk makan, transportasi hingga pengeluaran kecil lain. Selain mencatat manual pada buku, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi yang ada di smarphone untuk mencatat pengeluaran Anda.

Ada banyak jenis aplikasi untuk membantu pengaturan keuangan yang dapat diunduh secara gratis dari smartphone Anda. Cara ini mungkin jauh lebih efektif bagi Anda yang sering menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

5. Siapkan wadah khusus untuk menyimpan uang-uang koin

Terkadang uang koin tidak dianggap keberadaannya. Nilai nominalnya yang kecil membuat uang koin seringkali tercecer dan tidak disimpan dengan semestinya. Selain itu, orang cenderung mengabaikan uang koin karena bentuknya yang bisa memenuhi dompet.

Sebaiknya Anda menyiapkan wadah khusus untuk menyimpan sisa-sisa uang koin yang Anda miliki. Wadah ini bisa Anda buat dari barang-barang bekas seperti botol air mineral. Cara ini bisa membuat Anda menabung tanpa Anda sadari.

Jika dikumpulkan terus-menerus, uang koin ini bisa menjadi simpanan tabungan Anda yang dapat digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Cara menabung ini sangat mudah untuk dilakukan dan mencegah uang-uang koin Anda hilang percuma. 

6. Selalu bedakan kebutuhan dengan keinginan

Salah satu yang menjadi musuh besar dalam mengelola keuangan adalah kondisi “lapar mata”. Seringkali Anda menemukan suatu barang yang bagus menurut Anda tetapi tidak terlalu Anda butuhkan.

Menuruti keinginan ini bisa membuat Anda mengeluarkan uang untuk hal yang kurang penting. Biasakan untuk berpikir ulang untuk membeli sesuatu yang bukan merupakan prioritas Anda.

Jika Anda tipe orang yang mudah tergoda oleh iklan-iklan maka sebaiknya jangan ikuti akun-akun onlineshop di media sosial Anda untuk mencegah Anda berbelanja berlebihan.

7. Manfaatkan diskon dan cermat dalam berbelanja

Anda bisa memanfaatkan berbagai promo diskon yang diberikan pusat-pusat perbelanjaan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Membeli barang diskon tentu akan dapat menghemat pengeluaran Anda. Selain itu Anda juga bisa membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang murah. Anda dapat memilih merk barang termurah diantara beberapa merk barang sejenis.

8. Perbanyak makan di rumah

Jika dihitung pengeluaran terbanyak per bulan biasanya digunakan untuk makan sehari-hari. Biaya makan ini bisa cukup menguras kantong jika tidak diatur dengan bijaksana.

Bagaimanapun kebiasaan makan di luar perlu Anda kurangi jika ingin hidup lebih hemat. Perbanyak makan makanan rumah. Jika Anda tinggal sendiri akan jauh lebih hemat dan sehat jika Anda memasak sendiri makan sehari-hari. 

9. Disiplin dan konsisten

Sikap ini sangat diperlukan untuk dapat mengelola keuangan dengan tepat. Jadikan semua poin-poin di atas sebagai kebiasaan yang diterapkan secara rutin. 

Kedisiplinan serta konsistensi yang tinggi perlu Anda terapkan agar gaji bulanan Anda bisa tetap bersisa dan tidak habis tak terkendali. Jika perlu Anda bisa meminta dukungan orang-orang sekitar agar Anda dapat melakukan seluruh trik tadi secara konsisten.


Sebaik-baiknya manusia mengatur keuangan terkadang masalah ekonomi masih juga bisa menghampiri. Permasalahan ini bisa muncul karena kondisi darurat seperti musibah, sakit ataupun kecelakaan.

Selain meminjam pada bank atau lembaga perkreditan lainnya, saat ini ada jenis pinjaman uang cepat yang dapat membantu menyelesaikan masalah Anda. Tien24 menyediakan pinjaman uang yang mudah, cepat tanpa jaminan.

Semua orang bisa mengajukan pinjaman asalkan memenuhi persyaratan yang ada. Jenis pinjaman online ini bisa sangat membantu ketika Anda dihadapkan pada kondisi keuangan darurat. Anda bisa memilih sendiri jumlah pinjaman yang Anda butuhkan serta jangka waktu pengembaliannya.


Uang Bulanan Selalu Habis Tak Berjejak? Ini Solusi Mengaturnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *