21 April 2018

Pesantren Kilat Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Bulan Ramadhan


Bulan ramadhan atau bulan puasa adalah bulan yang penuh makna, segala hal yang kita lakukan di bulan ramadhan akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama bulan ramadhan, khususnya untuk anak-anak sekolah yang sedang menjalankan ibadah puasa.

 

Membentuk Karakter Islam Pada Siswa Siswi Dengan Mengadakan Pesantren Kilat Di Bulan Ramadhan 


Di bulan ramadhan kita juga harus tetap mementingkan pendidikan sekolah, salah satu kegiatan yang bermanfaat di bulan ramadhan dan yang bisa dilakukan di sekolah adalah pesantren kilat. Agar siswa siswi terbiasa dengan kegiatan yang positif di bulan ramadhan.

Dengan adanya pesantren kilat, maka akan terbentuk karakter islami bagi siswa siswi dan dapat membentuk akhlak yang baik.

 

Dampak Positif Dari Pesantren Kilat Di Bulan Ramadhan

Kebanyakan sekolah meliburkan anak-anak sekolah selama bulan ramadhan, atau waktu sekolahnya hanya beberapa hari saja selama bulan ramadhan. Sisanya libur sampai lebaran tiba, untuk mengisi kekosongan di hari libur tersebut maka lebih baik pihak sekolah memberi kegiatan yang bermanfaat dan berdampak positif untuk para siswa yaitu pesantren kilat.

Kegiatan pesantren kilat ini dapat memberikan pendidikan islam untuk para siswa, selain itu kegiatan tersebut dapat membentengi akhlak dan moral para siswa agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang negatif.

Bahkan kegiatan pesantren kilat ini bisa menjadi langkah pendidikan yang strategis untuk para siswa, untuk orang tua dan juga untuk para guru.

Di sana siswa juga akan belajar membaca alqur’an dan membiasakan mereka agar rajin membaca alqur’an di rumah. Banyak juga yang dipelajari selama kegiatan pesantren tersebut berlangsung yaitu tata cara shalat sunah, kisah-kisah para nabi yang wajib diteladani, hafalan surat-surat di alqur’an, serta bacaan doa-doa yang penting.

Orang tua juga akan tenang jika melihat anak-anaknya mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan positif, sehingga diharapkan anak-anak tersebut akan menjadi anak shaleh dan shalilah. Kegiatan pesantren kilat di sekolah juga akan menjadi suatu kerja sosial yang bentuknya ibadah. Sehingga semua orang yang terlibat di dalamnya mendapat pahala dari Allah SWT.

 

Beberapa Kegiatan Yang Dilakukan Di Pesantren Kilat Sekolah

1. Tadarus Alqur’an

Tadarus Alqur’an ini dilakukan di kelas masin-masing dengan tutornya yang handal, atau tutornya adalah tutor sebaya. Tutor sebaya adalah dari salah satu siswa yang dianggap punya kemampuan yang baik dalam mengaji.

2. Shalat Dhuha, Dzuhur dan Ashar berjamaah

Melaksanakan shalat Duha, Duhur, dan Ashar berjamaah di ruangan aula sekolah yang besar dan mampu menampung seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ini. sekolah sebaiknya memulangkan siswa siswinya lebih awal agar mereka bisa bersiap-siap menyambut adzan maghrib buka puasa di rumah.

3. Lomba adzan untuk siswa laki-laki

Diadakan juga lomba adzan untuk para siswa, hal ini bertujuan untuk menambah keahlian para siswa dalam melakukan adzan tersebut. Setiap kelas harus mengirimkan 1 orang wakilnya untuk menjadi peserta lomba adzan tersebut.



Pesantren Kilat Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *