28 Oktober 2018

Pengertian dan Unsur Penting Teks Resensi Beserta Sistematika Pengetikan Teks Resensi



Salah satu materi dari pelajaran Bahasa Indonesia yang ada di sekolahan yaitu materi Resensi. Sebenarnya matei ini sering dibahas disemua jenjang pendidikan, mulai dari SMP, SMA, bahkan yang lebih tinggi sekalipun.

Meskipun materi ini sering dianggap mudah bagi kebanyakan masyarakat khususnya pelajar, tetapi kebanyakan mereka mengalami kesulitan dan kesalahan dalam membuat sebuah teks resensi yag benar sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan.

Nah, bagi kamu yang ingin mendalami materi ini ataupun mendapat referensi lebih kamu bisa membaca postingan ini sampai akhir.


Pengertian Teks Resensi, Unsur Penting dan Cara Meresensi Beserta Sistematika Pengetikan Teks Resensi


Pengertian dan Unsur Penting Teks Resensi Beserta Sistematika Pengetikan Teks Resensi, bukusemu


1# Apasih Resensi Itu?

Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi mempunyai arti pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau sering disebut ulasan buku. Sehingga pengertian dari teks resensi yaitu teks yang memuat penilaian seseorang terhadap kualitas atau isi dari sebuah buku.


2# Unsur Penting Dalam Resensi

Sebenarnya apa saja sih hal-hal yang menjadi unsur yang penting dalam meresensi sebuah buku itu? Hal tersebut antara lain :


  • Kualitas isi buku

Buku yang terbit mempunyai kualitas yang berbeda meskipun judulnya sama sekalipun. Hal yang dimaksud ini yaitu kualitas isi buku yang meliputi kebaikan atau keunggulan sekaligus kelemahan atau kekurangan suatu karya

  • Penampilan buku

Saat meresensi sebuah buku, seseorang harus mampu menilai kekurangan dan kelebihan dari penampilan sebuah buku.

  • Unsur bahasa didalam buku

Hal ketiga yang sangat penting yaitu unsur bahasa yang diusung didalam buku, apakah pemilihan kata sudah tepat ataupun masih berantakan.

  • Manfaat buku bagi pembaca

Sebuah buku yang dieedarkan di masyarakat pastinya mempunyai sebuah tujuan didalamnya. Nah, seseorang yang mau meresensi sebuah buku harus mampu melihat sisi manfaat dari buku tersebut.


3# Cara Meresensi Sebuah Buku

Untuk dapat meresensi sebuah buu dengan baik haruslah mempunyai rancangan resensi terlebih dahulu supaya bisa memudahkan dan lebih terlihat mempunyai sistematika yang bagus. Apa saja caranya? Langsung saja dibawah ini.

  • Identitas atau data buku

Dalam meresensi, alangkah lebih mudahnya kamu mencatat terlebih dahulu identitas dari sebuah buku yang akan kamu resensi. Apa saja yang harus dicatat dari identitas bukunya?

  1. Identitas buku yang harus dicatat
  2. Judul buku
  3. Penulis atau pengarang buku
  4. Penerbit buku
  5. Penyunting buku
  6. Pendesain cover
  7. Jumlah halaman
  8. International Standard Book Number (ISBN)
  9. Tampilan cover (baik depan maupun belakang)

  • Judul resensi

Dalam memilih sebuah judul resensi yang kamu buat harus memiliki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Selain itu, dalam memilih judul juga harus bisa menarik perhatian pembaca karena bisa bisa memberi nilai lebih pada sebuah resensi.


  • Pendahuluan

Didalam pendahuluan ini berisi sebuah deskripsi atau yang lainnya yang isinya memperkenalkan si pengarang buku dan menyebutkan tujuan si pengarang buku dalam menulis buku tersebut.


  • Ringkasan buku atau ikhtisar

Dalam menulis sebuah resensi juga harus menyertakan ikhtisar atau ringkasan dari buku yang diresensi agar pembaca bisa memahami lebih jelas resensi yang kamu buat.

Ringkasan ini merupakan bentuk singkat dari suatu karangan yang tidak mempertahankan urutan isi buku atau lebih mudahnya yaitu pemahaman jalan cerita atau alur yang ada didalam buku sesuai dengan pemikiranmu.


  • Isi

Pada tahap isi ini bukan merupakan isi dari sebuah buku tetapi isi dari teks resensi yang kamu buat. Bagian isi resensi berisi kelebihan dan kekurangan dari sebuah buku yang diresensi yang dibuat dalam bentuk narasi.


  • Penutup

Didalam bagian penutup ini merupakan kesimpulan dari sebuah buku yang kamu resensi, apakah buku itu layak dibaca ataukah tidak. Kemudian, buku itu apakah ditujukan untuk orang dewasa ataukah semua kalangan.


4# Sistematika Pengetikan Resensi Novel

Bagi kamu yang sedang mencari bagaimana tata cara atau susunan dari teks resensi, kamu bisa menggunakan informasi dibawah sebagai referensi.


  • Pemilihan ukuran dan jenis font

Dalam mengetik sebuah resensi yang sesuai dengan kaidah yang benar kamu harus menerapkan beberapa hal dibawah dalam mengetik.

  1. Menggunakan font Times New Roman (TNR);
  2. Ukuran font judul yaitu 16pt dan font isi yaitu 11pt;
  3. Menggunakan paragraph spacing dengan ukuran 1.5cm dan tanpa spasi sebelum atau sesudah paragraf;
  4. Ukuran margin yaitu 2 (left) x 2 (footer) x 2 (right) x 3 (footer).


  • Peletakan bagian resensi

Dalam menyusun sebuah resensi harus sesuai dengan kaidah yang sudah ditetapkan. Dengan urutan sebagai berikut :
Lembar pertama
  1. Judul Resensi
  2. Nama peresensi
  3. Pendahuluan
  4. Intisari
  5. Isi
  6. Penutup

Lembar terakhir
Identitas buku dengan bentuk narasi dissertai dengan gambar disebelah kiri.



Pengertian dan Unsur Penting Teks Resensi Beserta Sistematika Pengetikan Teks Resensi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *