04 November 2018

Struktur, Unsur, Ciri Kebahasaan Cerpen Beserta Nilai-Nilai Dalam Cerpen



Mungkin kamu sudah mengetahui secara umum apa itu cerpen kan? Terlebih lagi di postingan bukusemu sebelumnya sudah dijelaskan apa itu cerpen dan ciri-cirinya dengan lengkap. Bagi kamu yang belum membacanya kamu bisa mengunjunginya di Pengertian, Tujuan, dan Ciri-Ciri Cerpen atau cerita pendek.

Pada postingan kali ini kamu akan mengetahui beberapa sub yang terdapat dalam cerpen atau cerita pendek. Sebenarnya apa sih struktur dan unsur dari cerpen itu? Bagaimanakah ciri kebahasaan didalam sebuah cerpen? Dan apa saja nilai yang terkdandung didalam cerpen.

Bagi kamu yang ingin mengetahuinya, langsung saja simak dibawah ini.


Struktur, Unsur, Ciri Kebahasaan Cerpen Beserta Nilai-Nilai Dalam Cerpen


Sedikit mengulas kembali pengertian dari cerpen. Cerpen merupakan cerita pendek dengan jumlah kata yang kurang dari 10.000 kata menurut KBBI.

Tetapi apakah saat kamu ingin mengetahui cerita yang kamu baca termasuk cerpen atau bukan harus menghitung jumlah katanya? Tidak perlu, karena kamu bisa mengidentifikasinya dengan mudah salah satunya dengan ciri kebahasaan yang dimiliki oleh cerpen.


1# Ciri Kebahasaan Dalam Cerpen

  • Kalimat bermakna lampau

Kamu bisa mengetahui kalimat itu bermakna lampau dengan mengidentifikasi cerita yang ditandai fungsi keterangan yang bermakna lampau. Contohnya terdapat kata : ketika itu, beberapa tahun lalu, dan sebagainya.

  • Menggunakan kata yang menyatakan urutan waktu

Contohnya : sejak saat itu, mula-mula, dan sebagainya.

  • Kata kerja menggambarkan peristiwa

Didalam cerpen, kebanyakan terdapat kata kerja yang menggambarkan peristiwa yang terjadi. Contohnya : menyuruh, membersihkan, menawari, menghindar.

  • Kata kerja menunjukkan kalimat langsung

Kebanyakan cerpen yang tersedia untuk umum terdapat banyak kalimat yang menggunakan kata kerja yang menunjukkan kalimat langsung.
Contoh kata kerja yang menunjukkan kalimat langsung
  1. ... mengatakan bahwa kamu judes;
  2. ... menceritakan tentang Azrial yang sakit hati;
  3. ... menanyakan ...;
  4. ... menyatakan ... .

  • Kata kerja menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan tokoh

Sebuah cerpen kebanyakan menggunakan kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh para tokoh didalam sebuah cerpen. Seperti : merasakan, menginginkan, mendambakan, mengimpikan, dan sebagainya.

  • Menggunakan banyak dialog

Kebanyakan cerpen terdapat banyak dialog, meskipun didalam cerbung terdapat dialog tetapi ciri kebahasaan ini bisa membedakan antara sebuah cerpen dengan teks lainnya.

Untuk mengetahui apakah sebuah dialog atau bukan dengan melihat apakah ada tanda baca (“...”) dan tuturan kata langsung atau tidak. Contohnya : Adi berkata : “Jangan makan saja!”.

  • Menggunakan kata sifat

Kata sifat yang dimaksud yaitu kata sifat yang menggambarkan para tokoh, tempat, maupun suasana didalam cerpen. Contohnya : segala sesuatu tampak dalam kendali, bahkan kamarnya sekarang sangat rapi dan bersih. Segalanya tampak tepat berada di tempatnya sekarang.

2# Struktur Teks Cerpen

Seperti halnya teks lainnya, teks cerpen juga mempunya strukturdan pastinya mempunyai perbedaan dengan teks lainnya. Apa sajakah struktur dari cerpen itu? Langsung cek dibawah ini.

  • Abstraksi

Abstraksi merupakan ringkasan atau inti cerita. Abstraksi didalam cerpen ini bersifat opsional alias boleh ada dan boleh tidak.

  • Orientasi

Orientasi pada cerpen berisi pengenalan latar dari cerita, berfungsi untuk menghidupkan suasana cerita serta sarana pengekspresia wakat baik fisik maupun psikis dari tokoh yang ada didalam cerpen.

  • Komplikasi

Didalam komplikasi ini berisi urutan kerjadian yang hanya dihubungkan secara sebab-akibat kemudian berbagai masalah akan muncul.

  • Evaluasi

Evaluasi ini berisi akhiran dari komplikasi yang terdapat arahan pemecahan masalah sehingga mulai tampak penyelesaian dari masalah tersebut.

  • Resolusi

Bagian resolusi ini berisi solusi dari berbagai konflik yang dialami tokoh dalam cerpen.

  • Koda

Pada bagain terakhir dari cerpen yaitu koda ini berisi nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipeik atau diambil oleh pembaca dari kejadian didalam cerpen tersebut. Koda juga biasa disebut dengan reorientasi.


3# Unsur Intrinsik Cerpen

Didalam cerpen terdapat unsur-unsurnya yang bersifat inti. Apa sajakah unsur instrinsik cerpen itu? Langsung sima dibawah ini.

  • Tema

Tema merupakan gagasan utama dalam sebuah cerita atau sering disebut otak awal cerita.

  • Tokoh

Tokoh merupakan pelaku yang ada didalam sebuah cerita.

  • Penokohan

Penokohan adalah sifat atau karakter atau watak yang dimiliki oleh tokoh didalma cerita.

  • Alur

Alur merupakan jalannya cerita. Alur terbagi menjadi tiga yaitu alur maju, alur mundur, dan campuran (maju-mundur).

  • Latar atau setting

Latar merupakan tempat terjadinya sebuah kejadian. Dalam sebuah cerpen, latar terbagi menjadi 3 yaitu tempat, latar, dan suasana.

  • Sudut pandang

Dalam sebuah cerpen, sudut pandang penceritaan ada 2 yaitu :

  1. Sudut pandang orang pertama yang ditandai dengan ‘akuan’
  2. Sudut pandang orang ketiga yang ditandai dengan ‘diaan’

  • Amanat atau pesan

Amanat merupakan pesan penulis kepada para pembaca hasil karyanya tersebut.


4# Nilai-Nilai Dalam Cerpen

Pada sebuah cerpen mempunyai banyak nilai yang bisa diambil oleh para pembaca. Nilai-nilai ini dibuat oleh par apengarang cerpen untuk menyadarkan atau hanya memberitahukan para pembaca akan nilai yang termut.

Apa sajakah nilai yang ada didalam cerpen itu? Berikut akan disebutkan sekaligus dijelaskan secara ringkas mengenai nilai-nilai tersebut.

  • Nilai sosial

Sesama manusia harus saling membantu jika orang lain berada dalam kesusahan, sebab manusia sebagai makhluk sosial jadi tidak bisa hidup sendiri-sendiri.

  • Nilai moral

Saling menghormati antar sesama dan jangan saling menghina baik antar individu, kelompok, ras, agama, maupun yang lainnya.

  • Nilai agama

Memberitahu pembaca untuk melakukan perintah Tuhan YME dan menjauhi larangan-Nya.

  • Nilai pendidikan

Tidak mudah putus asa dengan menghadapi kesulitan tetapi haurs selalu berusaha.

  • Nilai budaya

Memegang teguh adat istiadat atau kebiasaan lama dengan kebiasaan baru.


Itulah penjelasan mengenai struktur, unsur, ciri kebahasaan cerpen beserta nilai-nilai dalam cerpen. Semoga bisa menambah wawasan kamu sekaligus dapat menjadi bahan referensi tugas maupun pemikiranmu.



Struktur, Unsur, Ciri Kebahasaan Cerpen Beserta Nilai-Nilai Dalam Cerpen
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *