8 Tipe Pemimpin Dalam Manajemen Organisasi

14 komentar
Daftar Isi [Tampilkan]

Didalam kehidupan manusia pasti akan lekat dengan yang namanya pemimpin baik dalam lingkup kecil seperti diri sendiri hingga luas seperti pemerintahan haruslah ada yang memimpin untuk mengambil sebuah keputusan didalamnya.

Dari sekian banyak pemimpin di dunia ini, ada banyak sekali tipe gaya kepemimpinannya. Adapun tipe-tipe kepemimpinan tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

9 Tipe Pemimpin Dalam Manajemen Organisasi

Tipe Pemimpin Dalam Manajemen Organisasi

1. Pemimpin Harmonis

Tipe pemimpin harmonis memiliki disiplin tinggi dan biasanya menyukai hal-hal yang formal, menetapkansistem komando dalam menggerakkan bawahannya untuk melakukan perintah. Selain itu juga menggunakan pangkat dan jabatan dalam mempengaruhi bawahan untuk bertindak.

2. Pemimpin Disharmonis

Tipe pemimpin disharmonis memiliki jiwa semangat pemimpin alias ikut berbaur dan berada ditengah-tengah anggotanya. Hubungan yang tercipta juga tidak akan kaku seperti atasan dan bawahan melainkan seperti saudara sendiri.

Pemimpin selalu memperhatikan kebutuhan kelompoknya dan memperkembangkan kesanggupan kelompok dalam mengerjakan tugas. Selain itu, pemimpin tipe ini juga mau menerima masukan maupun saran dari bawahannya.

3. Pemimpin Petualang

Pemimpin tipe ini menganggap bahwa wewenang mutlak terpusat pada pemimpin. Komunikasi yang dipakainya pun berlangsung dalam satu arah yaitu dari pemimpin kepada bawahannya, sehingga pengawasan terhadap para bawahannya dilakukan secara ketat.

4. Pemimpin Konstruktor

Tipe pemimpin ini sering mengambil resiko seminmal mungkin dan akan melakukan pengadaan perhitungan dalam melakukan tugasnya. Pemimpin tipe ini memiliki visi yang sangat kuat sehingga kesadaran akan tujuan yang akan dicapai sangat jelas.

Selain itu juga pemimpin ini biasanya merupakan orang yang mempunyai ide-ide atau pemikiran yang baik dan selalu melakukan musyawarah terhadap bawahannya.

5. Pemimpin Materialistis

Pemimpin tipe ini menganggap bawahannya sebagai manusia yang belum desaawas atau anak sendiri yang perlu dikembangkan yang berarti bersikap terlalu melindungi bawahannya. Selain itu, pemimpin tipe ini akan jarang memberikan kesempakan kepada bawahannya untuk mengambil keputusan sendiri.

6. Pemimpin Formalis

Pemimpin yang lebih mementingkan aspek-aspek formal dari suatu organisasi yang didasari dari keputusan dan pengangkatan resmi untuk memangku suatu jabatan dalam struktur organisasi. Tipe pemimpin ini berstatus pemimpin selama masa jabatan tertentu saja.

7. Pemimpin Fungsionalis

Pemimpin tipe ini lebih mengutamakan segi manfaat. Pemimpin ini akan melakukan pembidangan tugas secara tegas dan jelas akan dibedakan dan semua arahan yang harus dilakukan hanya berasal dari atasan saja.

Kebanyakan pemimpin ini akan menempatkan orang dijabatan sesuai spesialisasi yang dimilikinya.

8. Pemimpin bersifat Kontaktual

Pemimpin yang pandai bertindak secara taktis antara pemimpin dan pengikutnya. Tipe ini biasanya merupakan orang yang pekerja keras, toleran, dan adil, serta biasanya akan memberikan penghargaan terhadap bawahan yang meningkatkan produktivitas.

Infografis Berbagai Macam Tipe Pemimpin Dalam Manajemen Organisasi
Infografis Berbagai Macam Tipe Pemimpin Dalam Manajemen Organisasi Berbentuk Gambar

 

Related Posts

Komentar

  1. ternyata banyak tipe-tipe pemimpin ya..tetapi lebih baik seorang leader /pemimpin dari pada bos.. bos kerjanya cuma nyuruh.. kalo leader kasih arahan sama suport harusnya.
    Esbeka ID

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, sebaik-baik pemimpin ya yang sering kita sebut leader.. saling support menuju tujuan organisasi

      Hapus
  2. Pemimpin no 2 tuh kak, sepertinya asik. Semoga next pemimpin kita yang begitu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, tapi jangan sampai ga enakan nanti malah banyak nepotisme hehe

      Hapus
  3. Tipe-tipe pemimpin ini banyak ya. Saya cuma kena pemimpin itu yang ototiter, demokratis dan permisif. Ternyata masih ada yang lain juga. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya masih banyak tipe lainnya, tergantung dari pandangan para ahli masing-masing. Mungkin juga bakal bertambah seiring dengan perkembangan sifat dan perilaku manusia

      Hapus
  4. Pemimpin tipe Disharmonis enak banget ya jadi anak buahnya. Jarang loh pemimpin yang melihat kesanggupan team untuk mengerjakan proyek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat enak, tapi kadang membuat jadi gaenakan dimana-mana hihi

      Hapus
  5. Thanks infonya kak, sekarang jadi tahu kalo tipe tipe pemimpin ternyata ada banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ka, semoga dapat membantu dalam memahami apa saja tipe pemimpin yang ada

      Hapus
  6. Pentingnya memiliki jiwa pemimpin yang baik dan dicintai oleh bawahannya ya..
    Jadi belajar lagi, ternyata ada banyak tipe pemimpin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemimpin harus berusaha baik dan dicintai ka, supaya tujuan organisasinya bisa tercapai dengan baik pula

      Hapus
  7. Terima kasih infonya. Oiya sedikit tambahan, ada satu tipe pemimpin lagi yang mungkin bisa kita jadikan panutan kka admin, yaitu pemimpin yang melayani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi siap terima kasih ka, melayani dan menghargai ya

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter