20 Desember 2018

5 Tempat Wisata Kuliner di Samarinda yang Terkenal dengan Kelezatan Masakannya



Dihuni beragam suku dan etnik, Kota Samarinda menawarkan aneka masakan lezat dengan cita rasa khas. Anda bisa mencicipinya di berbagai tempat wisata kuliner di sekitar Kota Samarinda.

Penasaran? Yuk, kunjungi kedai dan rumah makan berikut ini.


1. Pondok Borneo


5 Tempat Wisata Kuliner di Samarinda yang Terkenal dengan Kelezatan Masakannya, bukusemu

Anda ingin mencicipi seafood khas Samarinda? Pondok Borneo yang terletak di Jalan Abdul Hasan menyediakan beragam menu seafood. Tempat makan ini mulai beroperasi pukul 11.00 pagi sampai 23.00 malam.

Salah satu kuliner favorit di Pondok Borneo adalah kepiting asap. Rasanya mirip dengan masakan rendang. Anda bisa melihat langsung pembuatan kepiting asap di depan restoran. Selain kepiting asap, ada juga es buah Shanghai yang berisi mangga, nangka, dan melon.

2. Soto Banjar Amado

Soto Banjar Amado merupakan tempat wisata kuliner legendaris di Samarinda. Rumah makan ini berdiri lebih dari 20 tahun. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Samarinda.

Racikan bumbunya sangat sedap; terasa nikmat dan lezat jika disantap dalam keadaan hangat. Bisa dibilang, Soto Banjar memiliki rasa berkarakter yang nendang banget. Apalagi ditambah tampilannya menggoda; irisan telur bebek dipadu perkedel Banjar, bumbu soto, dan kerupuk.

3. Warung Selera Acil Inun

Zaman dulu, nasi bekepor adalah hidangan untuk para raja. Makanan ini disantap oleh raja-raja dari Kerajaan Kutai. Artinya, hanya kasta raja yang diperbolehkan untuk mengonsumsi nasi bekepor.

Kini, nasi bekepor bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat—tanpa mengenal kasta. Karena itu, di Samarinda berdiri Warung Selera Acil Inun yang menawarkan nasi bekepor. Beroperasi sejak tahun 2002, kedai sederhana tersebut berlokasi di Jalan Kadrie Oening, Samarinda.

Nasi bekepor dihidangkan bersama daging masak bumi hangus, sayur gangan asam kukar, dan sambal raja. Daging masak bumi hangus dimasak dengan cara dicampur kecap. Sementara sambal raja terdiri dari enam macam sambal, yaitu sambal terong goreng, kucai, kacang panjang, telur rebus, udang rebus, ikan haruan, dan mangga kweni.

4. Sup Ikan Akmal

Sup ikan merupakan santapan khas Samarinda. Rasanya lezat dengan aroma yang sedap. Untuk mencicipi kuliner tersebut, Anda bisa mengunjungi Sup Ikan Akmal Samarinda. Restoran legendaris ini memiliki banyak pelanggan karena menghidangkan sajian sup ikan dengan bumbu asam pedas.

Salah satu keistimewaan sup ikan di Restoran Akmal adalah disajikan dalam keadaan panas. Inilah yang membuat pengunjung ketagihan mencicipi sup ikan Akmal. Tidak hanya sup ikan, masakan ikan bakar di Restoran Akmal pun terkenal lezat. Selain itu, Anda bisa menikmati camilan khas Kalimantan Timur yang disebut amplang.

5. Ayam Goreng Banjar

5 Tempat Wisata Kuliner di Samarinda yang Terkenal dengan Kelezatan Masakannya, bukusemu, ayam goreng banjar indonesia

Jika Anda melewati Jalan Abdul Hasan, sempatkan mampir ke Rumah Makan Ayam Goreng Banjar. Restoran ini menawarkan beragam menu berbahan ayam dengan rasa gurih dan lezat. Salah satu kuliner andalan di Rumah Makan Ayam Goreng Banjar adalah ayam goren gyang dihidangkan bersama nasi putih, sambal goreng hati, kuah sayur asam, dan kuah sayur bening.

Untuk sambalnya, Anda bisa memilih sambal jeruk atau sambal minyak. Kalau sambal jeruk, rasanya asam bercampur pedas. Sementara sambal minyak cenderung lezat dan permukaannya sedikit berminyak.

Jadi, sudahkah Anda menemukan tempat wisata kuliner favorit di Samarinda? Jika belum, coba susuri kota ini lebih jauh lagi. Atur waktu liburan Anda dan siapkan tiket pesawatnya. Supaya lebih mudah dan cepat, pesan tiket pesawat online melalui Airy.

Jangan lupa juga untuk cari tiket promo penerbangan Citilink, Batik Air, AirAsia, dan lain-lain agar perjalanan Anda makin hemat.


5 Tempat Wisata Kuliner di Samarinda yang Terkenal dengan Kelezatan Masakannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *