Sudah Masuk Jenjang Kuliah? Ini Daftar Jurusan Baru Yang Wajib Kamu Tahu!

Selain menentukan Universitas mana yang menawarkan biaya kuliah lebih murah, menentukan jurusan apa yang akan dimasuki juga menjadi salah satu faktor banyaknya mahasiswa yang sulit menentukan jurusan ketika masuk universitas.

Saat ini banyak pilihan universitas dengan jurusan yang beraneka ragam, mulai dari jurusan populer (seperti akuntansi,manajemen, keguruan, ekonomi, dan lainnya) sampai beberapa jurusan langka (seperti teknik nuklir, dll) yang hanya ada di beberapa universitas.


Daftar Jurusan Baru Dalam Dunia Perkuliahan


Daftar Jurusan Baru Dalam Dunia Perkuliahan, bukusemu

Meski telah ada banyak pilihan jurusan, seiring perkembangan dunia saat ini dan kebutuhan yang semakin meningkat muncul lagi jurusan baru yang ditawarkan pihak Universitas seperti:

1# Program Studi Teknik Biodemik

Meski masih terdengar awam, namun prodi satu ini memang ada loh. Teknik Biodinamik merupakan salah satu program studi perihal rekayasa aplikatif di bidang biologi serta kedokteran.

Prodi yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang ingin mendalami ilmu kedokteran namun juga bersinggungan dengan dunia teknologi.

  • Prospek kerja prodi Teknik Biodemik

Perihal prospek kedepannya, produk yang satu ini tentu memiliki prospek yang cerah. Asalnya daerah yang dikuasai teknologi saat ini, bukan tidak mungkin jika teknologi juga merambah pada bidang kesehatan.

Terlebih saat ini banyak rumah sakit yang membutuhkan teknologi canggih (peralatan medis) dalam menunjang pengobatan yang mereka lakukan, khususnya rumah sakit besar.

  • Tempat perkuliahan prodi Teknik Biodemik

Program studi yang satu ini di Indonesia sendiri bisa ditemukan di Universitas Indonesia, mungkin ada juga program kuliah kelas karyawan untuk jurusan ini.

2# Program Studi Aktuaria

Meski banyak yang menyatakan diri tidak menyukai matematika, namun ada juga loh yang sangat tergila-gila dengan matematika. Jenis satu ini sangat cocok masuk jurusan terbaru, yakni jurusan studi aktuaria yang merupakan jurusan yang berkutat pada perhitungan.

  • Prospek kerja prodi Aktuaria

Di jurusan yang satu ini, mahasiswa akan mendalami terkait metode analisis data keuangan. Untuk prospek kedepannya, saat ini banyak perusahaan besar yang membutuhkan jasa satu ini untuk berbagai perusahaan asuransi atau institusi keuangan.

  • Tempat perkuliahan prodi Aktuaria

Bagi yang ingin mengambil prodi satu ini, kamu bisa mencoba mendaftar di Universitas Indonesia atau Universitas Padjadjaran sebagai Universitas penyedia jurusan aktuaria.

Mungkin untuk perihal biaya kuliah maupun biaya kuliah karyawan online, dua universitas ini mengeluarkan biaya yang berbeda.

3# Program Studi Bisnis Digital

Teknologi saat ini harus dikuasai oleh setiap orang, baik muda maupun tua jika ingin sukses dalam pekerjaan. Pasalnya segala kegiatan yang dilakukan dengan bantuan teknologi, terutama teknologi digital.

Oleh karenanya saat ini hadir program studi baru, nama prodi bisnis digital. Program studi yang satu ini mempelajari perihal dunia bisnis yang kiprahnya ada di dunia digital.

Intinya prodi ini mempersiapkan generasi muda agar tidak gagap perihal teknologi, yang sebenarnya di negara lain sudah begitu maju dengan pesat.

  • Prospek kerja prodi Bisnis Digital

Di prodi ini mahasiswa akan lebih banyak menggunakan smartphone atau teknologi sejenisnya, menjadi sangat sesuai dengan kebiasaan anak muda saat ini.

Untuk prospek kerjanya sendiri, karena mahasiswa sudah dibekali bidang startup digital, marketplace, big data, hingga artifisial intelijen jadi prospek yang akan didapatkan terbuka sangat luas.

Saat ini kamu untuk mengenal berbagai jabatan atau profesi yang berhubungan dengan digital, seperti data science, data analyst, atau profesi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, khususnya perusahaan besar.

  • Tempat perkuliahan prodi Bisnis Digital

Jurusan yang satu ini tersedia di Universitas Padjadjaran. Bagi yang ingin mengikuti kuliah kelas karyawan untuk jurusan satu ini, bisa mencari informasi nya di website resmi Universitas tersebut.

4# Program Studi Sains Informasi Geografi

Program Studi Sains Informasi Geografi menjadi salah satu prodi menyenangkan, bukan hanya belajar di dalam kelas namun mahasiswa akan banyak belajar di luar kelas. Mahasiswa akan mengenal lebih dekat perihal isu-isu survei lingkungan.

Selain itu, di prodi ini juga akan belajar bagaimana cara mengolah data data citra satelit serta data foto dari udara dengan menggunakan berbagai jenis software yang telah disediakan pihak universitas.

  • Prospek kerja prodi Sains Informasi Geografi

Prospek untuk lulusan prodi ini juga terbilang luas, salah satunya bisa menyembuh karir sebagai tenaga profesional di BMKG contohnya. Bagi yang berminat mengikuti prodi satu ini, bisa cari informasinya di Universitas Pendidikan Indonesia.


Selain 4 program studi di atas, sebenarnya masih ada beberapa prodi yang terbilang baru seperti Program Studi Desain Komunikasi visual, Program Studi Ilmu Lingkungan, Program Studi Kewirausahaan, dan lainnya.

Untuk berbagai program studi tersebut sudah tersedia di beberapa universitas dengan biaya kuliah berbeda, meski penyedia untuk jurusan ini juga terbilang langka. Bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang S2, biaya kuliah S2 tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan biaya jenjang strata 1.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter