Cara Mendidik Anak Sejak Dini yang Baik dan Benar

Daftar Isi [Tampilkan]

Anak merupakan salahsatu hal yang paling penting didalam sebuah kehidupan suatu pasangan, karena dengan anak itulah maka kehidupan di masa depan akan tetap ada yang meneruskan.

Oleh sebab itu banyak sekali pasangan yang mempunyai anak (orangtua) yang menginginkan mempunyai anak yang baik, berbakti, dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

Namun banyak sekali orangtua yang menginginkan hal tersebut tetapi salah dalam mendidiknya. Nah bagi kamu yang ingin memperoleh anak yang kamu dambakan tersebut, kamu harus mendidiknya dengan baik sejak dini.

Cara Mendidik Anak Sejak Dini yang Baik dan Benar bukusemu

Cara Mendidik Anak Sejak Dini yang Baik dan Benar

1. Menanamkan ilmu agama

Dizaman sekarang yang mempunyai banyak kemudahan dalam memperoleh informasi maupun lainnya yang merupakan dampak globalisasi yang sangat cepat ini, maka tameng utama atau perisai utama yang wajib ditanamkan kepada sang buah hati yaitu ilmu agama.

Ilmu agama disini yaitu ilmu agama yang memang sesuai dengan ajaran dan sang anak dididik dengan cara yang benar pula alias tidak terlalu dipaksa, namun diberi penjelasan pelan-pelan bahwa ilmu agama itu penting.

Menanamkan ilmu agama juga tidak melulu harus berada di pondok maupun yang lainnya secara langsung, kamu bisa menanamkannya sejak dini pelan-pelan dengan kamu melakukan atau melaksanakan perintah agamanya.

Hal itu dikarenakan sang buah hati atau anak akan mengamati orangtuanya saat melakukan sesuatu dan cenderung sang anak akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

2. Jangan memarahi saat anak banyak bertanya

Jika kamu mempunyai anak yang sering sekali bertanya dan kadang membuat kamu kesal karena selalu bertanya meskipun hal yang sepele sekalipun, kamu jangan sekali-sekali untuk marah kepadanya.

Hal itu karena akan dapat menyebabkan sang anak terganggu mentalnya, sehingga dia menjadi tidak mau bertanya kembali dikarenakan trauma yang ia alami saat bertanya.

Apabila sang anak sudah mengalami hal tersebut pastinya dapat berpotensi sang anak menjadi anak yang pemalu, tidak kritis, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, apabila anak Anda banyak bertanya maka sebisa mungkin selalu menanggapi dengan cara yang baik.

3. Selalu hargai saat anak melakukan hal positif

Penghargaan tidak hanya dalam bentuk materi saja namun bisa dengan bentuk ucapan yang positif. 

Misalkan apabila sang anak sudah berusaha jujur meskipun kamu tau bahwa apa yang anak anda lakukan itu salah, kamu harus apresiasi kejujurannya kemudian berusaha memperbaiki apa yang salah dengan penyampaian yang halus pula.

Hargai hal kecil juga yang anak lakukan dengan cara mengucapkan terimakasih, bagus, semangat, dan lain sebagainya yang sifatnya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh sang anak apabila yang dilakukannya positif.

Dengan begitu, karakter sang anak akan berpotensi terbentuk karena sejak dini sudah diajarkan cara menghargai orang lain dengan cara berterimakasih maupun sebagainya.

Itulah beberapa cara mendidik anak yang bisa kamu lakukan apabila ingin mendapatkan anak yang baik, berkarakter positif, dan pastinya sesuai yang kamu harapkan.

Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter