Tips Belajar untuk Ujian Agar Nilainya Memuaskan

Ketika akan menghadapi ujian misalnya seperti ujian nasional sudah hal yang wajar jika para siswa merasa deg-degan bahkan tidur pun tidak merasa nyenyak. Padahal perasaan yang deg-degan dan tidak tenang justru akan mempengaruhi kondisi psikologis siswa pada saat menghadapi ujian.

Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian maka para siswa diharapkan untuk mengetahui tips belajar untuk ujian.

Apabila sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian maka perasaan yang grogi dan deg-degan tidak akan dirasakan oleh siswa. Persiapan yang wajib dilakukan yaitu dengan membekali diri dengan belajar.

Sedangkan belajar yang dilakukan tidak hanya asal belajar saja, melainkan ada beberapa trik belajar dalam menghadapi ujian supaya Anda bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.


Tips Belajar Untuk Ujian Agar Nilainya Memuaskan



Ada banyak tips yang bisa dilakukan kan supaya siswa yang menghadapi ujian tidak merasa takut karena materi yang belum banyak dikuasai nya. Salah satu cara yang harus dilakukan dan dipersiapkan jauh-jauh hari yaitu dengan menguasai pelajaran yang akan diujikan.

Supaya belajar menjadi lebih efektif dan membantu Anda mendapatkan nilai yang bagus, simak ulasan berikut ini :

1. Jangan menggunakan sistem kebut malam

Menggunakan sistem belajar kebut malam justru akan membuat Anda tidak fokus dalam menghadapi ujian. Hal ini dikarenakan sistem belajar kebut malam membuat diri Anda kekurangan jam istirahat.

Sehingga hal ini akan berdampak buruk pada keesokan harinya saat Anda mengerjakan soal-soal ujian. Cara belajar yang tepat yaitu dengan belajar jauh-jauh hari sebelum waktu ujian tiba.

2. Jangan abaikan waktu istirahat

Belajar untuk menghadapi ujian memang sangat penting dan harus diperhatikan. Namun Anda tidak diperkenankan jika mengabaikan waktu istirahat.

Apabila waktu istirahat terjaga dengan baik maka tubuh juga akan sehat sehingga akan membantu Anda untuk lebih fokus ketika mengerjakan soal ujian. Buatlah pola tidur yang baik namun tetap menambah porsi belajar.

3. Lakukan resume jauh-jauh hari

Jika Anda belajar hanya membaca sering kali akan mudah lupa. Untuk meningkatkan daya ingat selama belajar, tips yang bisa di lakukan yaitu dengan melakukan resume jauh-jauh hari sebelum ujian tiba.

Lakukan resume pada beberapa materi yang sangat penting. Misalnya seperti menulis kembali rumus-rumus. Buat catatan kecil yang berisi materi yang sulit Anda ingat.

4. Buatlah jembatan belajar

Jembatan belajar yang dimaksud yaitu seperti Anda melakukan cara supaya belajar Anda mudah diingat. Misalnya dengan menghafalkan materi menggunakan sebuah nada lagu.

Bisa juga membuat singkatan pada beberapa materi yang berupa poin-poin supaya mudah di hafal dan mudah diingat. Cara ini paling ampuh untuk membantu Anda supaya lebih siap menghadapi ujian.

5. Belajar di waktu yang tepat

Waktu yang paling tepat untuk memulai belajar yaitu di pagi hari ketika bangun tidur. Belajar di pagi hari misalnya seperti sehabis subuh akan membuat Anda lebih mengingat materi yang telah dibaca.

Hal ini dikarenakan saat pagi hari pikiran masih dalam kondisi yang fresh, sehingga mata pelajaran yang Anda baca akan lebih mudah anda cerna.


Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nilai yang memuaskan yaitu dengan belajar. Sedangkan belajar tidak hanya soal membaca dan menghafal saja, namun Anda juga harus memahami cara untuk mencerna materi pelajaran supaya mudah diingat.

Dengan materi pelajaran yang sudah Anda kuasai, maka akan menjadikan diri Anda lebih siap dalam menghadapi ujian dan perasaan akan menjadi lebih tenang.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter