Pertimbangan Dalam Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak, Negeri atau Swasta?

2 komentar
Daftar Isi [Tampilkan]

Sumber Foto : BPK Penabur

Tahun ajaran baru memang baru diterapkan. Namun bagi orang tua yang putra putrinya hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, telah berupaya mengumpulkan informasi selengkap mungkin mengenai Sekolah Terbaik yang akan menjadi pilihan mereka.

Pilihan yang tersedia pun sebenarnya hanya ada dua yakni, Sekolah Negeri atau Sekolah Swasta?


Pertimbangan Dalam Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak, Negeri atau Swasta?


Bagi sebagian orang tua mungkin masih ingat ketika semasa sekolah dulu kawan-kawan di sekolah, dan juga para orang tua kita, gemar membicarakan tentang sekolah favorit lanjutan dan segudang prestasi yang diraih sekolah terbaik tersebut.

Mungkin para orang tua pun pernah terobsesi untuk dapat diterima menjadi murid suatu sekolah terbaik dan terfavorit (biasanya sekolah negeri), namun menjadi kurang bersemangat ketika kita tak diterima sebagai siswa sekolah tersebut karena nilainya yang tak mencukupi.

Dilain kesempatan, menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Pendidikan, Bapak Musliar Kasim mengakui bahwa memang masih ada penilaian dari masyarakat yang membeda-bedakan perguruan tinggi atau sekolah yang dikelola pemerintah dengan yang dikelola swasta.

Padal, menurutnya Negeri maupun Swasta sama-sama mempunyai kelebihan. Bahkan di beberapa daerah, sekolah swasta jauh lebih berkembang dan kualitasnya tak kalah bagus dibandingkan sekolah negeri.

Nah, kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan sekolah negeri dan sekolah swasta hyang mudah-mudahan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam upaya mencari serta memutuskan Sekolah Terbaik untuk anak.

1. Daya Tampung

Kelas di sekolah negeri, bahkan sekolah terbaik sekalipun, kapasitasnya 40 orang dalam satu kelas. Sedangkan sekolah swasta hanya berisikan maksimal 20 orang per kelasnya.

Jumlah murid yang terlalu banyak bukan hanya membuat konsentrasi murid terganggu karena kegaduhan yang ditimbulkan teman-temannya. Namun, guru pun akan kewalahan untuk menertibkan mereka, sehingga tak mengetahui dengan pasti kemampuan dan pemahaman masing-masing murid.

Jika anda adalah orang tua dengan anak berkebutuhan khusus yang ingin menyekolahkan anak di sekolah umum, sekolah swasta dapat dijadikan pilihan agar ia tidak terlalu panik ketika berada di lingkungan yang ramai.

2. Jam Belajar

Umumnya sekolah negeri memiliki jam belajar yang lebih singkat daripada sekolah swasta. Meski demikian, pemahaman murid terhadap materi yang diajarkan tak tergantung dari lamanya mereka berada di sekolah.

Terlalu lama di sekolah juga bisa saja mengakibatkan murid terlalu lelah dan tak tertarik untuk mengisi waktunya dengan bermain bersama teman-teman sebayanya di rumah, sehingga mereka kehilangan waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Kecenderungan yang sering kali terjadi adalah semakin mentereng posisi sekolah sebagai sekolah terbaik, semakin lama pula jam belajar yang ditempuh para murid.

3. Fasilitas

Sering kali kita dengar tentang gedung sekolah yang hampir roboh karena kurang perawatan, sehingga kegiatan belajar para murid menjadi terganggu.

Meski tidak roboh, anda akan dengan mudah mendapatkan kondisi cat yang terkelupas atau lantai yang pecah-pecah pada beberapa sekolah, dan sebagian besar adalah sekolah negeri, bahkan sekolah terbaik.

Di sisi lain, sekolah swasta nyaris selalu memiliki kondisi fisik yang lebih baik daripada sekolah negeri.

4. Interaksi

Murid-murid sekolah negeri berasal dari berbagai latar belakang sosial, budaya dan ekonomi yang berbeda.

Sementara para murid sekolah swasta, termasuk yang mendapatkan predikat sekolah terbaik berasal dari kelas sosial yang relatif sama.

Berada dalam lingkungan dengan berbagai macam karakter serta latar belakang berbeda membuat anak mudah memahami dan bersikap terhadap perbedaan ketika ia dewasa.

Sebaliknya, anak mungkin akan memerlukan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri jika ia terbiasa menghadapi dan berada di lingkungan dengan teman-teman yang berasal dari kelas sosial atau golongan yang sama.

Jadi, manakah sekolah terbaik untuk anak?

Setelah membaca ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Sekolah Terbaik bukan hanya ditentukan dari status sebagai Sekolah Negeri maupun Sekolah Swasta, namun berdasarkan perkembangan karakter dan kepekaan sosial yang ditunjukan tiap murid selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

Baca Juga: Tips Agar Anak Tidak Bosan saat Libur Sekolah di Rumah

Itulah pertimbangan orang tua dalam memilih sekolah terbaik. Ada baiknya orang tua melibatkan anak dalam memilih calon sekolahnya, agar mereka dapat menyiapkan dirinya sejak awal dan bersemangat mengawali hari-hari pertamanya di sekolah terbaik pilihannya sendiri.

Related Posts

Komentar

  1. Memang setiap orangtua punya pertimbangannya masing-masing kemana mau dilanjutkan pendidikan anak, namun karena saya melihat bagaimana peran sistem sekolah (dari kepsek sampai OB, dan saya juga guru) pilihannya swasta terutama khusus keagamaan sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekolah swasta sekarang sudah sangat bervariasi, kalau negeri kan sudah pasti itu itu aja.. kalau sekolah swasta bisa dipilih yang lebih mengarah pada bagian keagamaan, teknologi, atau koneksi juga bisa hihi.. Semuanya ada kelebihan dan kekurangannya baik sekolah negeri maupun swasta

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter