Cloud Computing atau SD-WAN?

Daftar Isi [Tampilkan]

Cloud Computing atau SD-WAN

Era revolusi industri 4.0 mengharuskan seluruh sektor untuk mengalihkan segala bentuk sistem menjadi teknologi. Proses adaptasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyesuaikan pesatnya perkembangan teknologi ini harus melakukan penyesuaian secara cepat dan tepat untuk menghindari posisi “tertinggal” dan berujung kalah saing. 

Di waktu yang bersamaan, beberapa solusi alternatif kerap bermunculan sebagai bentuk solusi bagi para perusahaan dalam menghadapi revolusi industri yang terjadi sampai hari ini. Apa jenis solusi yang dapat dipilih oleh perusahaan saat ini?


Cloud Computing

Mendengar kata cloud computing di era revolusi industri 4.0 ini seharusnya sudah tidak asing lagi. Setiap perusahaan dipastikan memiliki catatan ratusan daftar data pengguna yang memiliki berbagai macam bentuk. Hal ini dapat terselesaikan dengan cloud computing

Cloud computing merupakan model bisnis yang berlaku untuk jenis perusahaan besar sampai jenis perusahaan kecil. Karena seperti yang kita semua tahu bahwa cloud computing itu sendiri dapat menyesuaikan maupun disesuaikan atau customizable berdasarkan kebutuhan perusahaan, dan telah menjadi kebutuhan manajemen data center perusahaan sebagai bentuk antisipasi human error, serta dapat meningkatkan efisiensi tenaga dan waktu. 

Dapat dikatakan bahwa cloud computing merupakan solusi daripada permasalahan akses data pengguna, karena dengan cloud computing data dapat diakses melalui internet di mana pun dan kapan pun. 

Namun, apakah cloud computing merupakan satu-satunya solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan di era revolusi industri 4.0 hari ini? Jawabannya adalah tidak. Alternatif solusi lainnya adalah dengan Software Defined Wide Area Network atau yang diketahui sebagai SD-WAN.


Apa itu SD-WAN?

SD-WAN merupakan spesifikasi dari teknologi SDN (software defined network) dan berhubungan langsung dengan WAN (wide area network). Proses penyempurnaan kedua teknologi tersebut menjadikan SD-WAN sebagai software yang melakukan persebaran jaringan secara luas dan cerdas.

Teknologi ini mengurangi kompleksitas jaringan dalam mengatasi human error, mengatasi redundancy, backup dan recovery data, serta problem solving. Dengan begitu, teknologi ini merupakan konfigurasi proses manajerial yang menguatkan hubungan antar jaringan kantor cabang dengan jaringan kantor pusat. 


Apakah Cloud Computing dan SD-WAN dapat disatukan? 

Jawabannya adalah tentu saja bisa. Pada dasarnya kedua teknologi ini dapat berkesinambungan satu sama lain. Penggunaan cloud computing dan SD-WAN pada perusahaan Anda menjadikan Anda memiliki posisi unggul.

Dimana para user dapat mengakses data secara langsung ke kantor pusat dengan cloud, dan di waktu bersamaan sekuritas para user terlindungi oleh teknologi SD-WAN. 

Kini, Telkom Indonesia telah menghadirkan solusi Managed SD-WAN. SD-WAN dapat berperan sebagai booster layanan perusahaan Anda. Meskipun berbagi bandwidth dengan beberapa koneksi, hal ini tak lagi menjadi masalah selama Anda menggunakan layanan SD-WAN dari Telkom. 

Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter