Pertanyaan dan Jawaban - Analisa Organisasi Sebagai Proses Input Output, Opini Tentang Kesempatan dan Hambatan Segmen Lingkungan, dan Dimensi Pendekatan Dalam Mengukur Efektivitas Suatu Organisasi

Daftar Isi [Tampilkan]

Pertanyaan

1. Pendekatan modern memandang organisasi sebagai suatu sistem terbuka dimana organisasi merupakan bagian dari lingkungannya. Berikan analisa Anda mengenai organisasi sebagai proses input-ouput.


2. Lingkungan menunjukkan sebagai seluruh elemen yang terdapat di luar batas-batas organisasi yang mempunyai potensi untuk mempengaruhi bagian atau keseluruhan organisasi. Berikan opini Anda mengenai kesempatan dan hambatan yang ditimbulkan oleh segmen lingkungan berikut: 

a. Industri

b. Tenaga kerja

c. Kondisi Ekonomi


3. Pendekatan sumber (system resource approach) mengukur efektivitas melalui keberhasilan organisasi dalam mendapatkan berbagai macam input yang dibutuhkan. Apa yang Anda ketahui mengenai dimensi-dimensi pendekatan sumber yang digunakan dalam mengukur efektivitas suatu organisasi?



Jawaban

1. Organisasi sebagai proses input-output berdasarkan croziel dan michel pada L’Acteur et le Systeme menunjukkan bahwa organisasi mempunyai ketergantungan ganda terhadap lingkungannya yang dimana organisasi itu harus menemukan semua sumber yang dibutuhkannya dan juga sebagai tempat untuk melemparkan seluruh produt atau output organisasi.

Organisasi sebagai proses input-output berarti bahwa adanya hal yang masuk kedalam organisasi kemudian diproses dan diakhiri dengan output dimana bisa dikirimkan kepada lingkungan maupun ruang output lainnya.

  • Input 

Input bisa dalam bentuk apa saja, yang terpenting elemen tersebut akan masuk kedalam sebuah organisasi. Beberapa contoh input dalam organisasi seperti, sumber daya manusia, sumber daya finansial, sumber daya informasi, dan lainnya.

  • Proses

Proses merupakan penglibatan input yang akan menjadi sebuah output. Proses tersebut melibatkan berbagai kegiatan hingga fungsi organisasi seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, hingga evaluasi.

  • Output

Output dalam organisasi merupakan sebuah hasil dari proses yang telah dilakukan. Beberapa contohnya seperti adanya produk maupun jasa, keuntungan atau laba, hingga munculnya kepuasan pelanggan.

Dari penelaahan organisasi sebagai proses input-output maka kita bisa mengetahui bahwa dalam sebuah organisasi terdapat proses tersebut dimana makna tersiratnya yaitu semakin baik proses inputnya, kemudian di proses dengan baik pula sesuai sop yang ada, maka output yang akan dihasilkan akan semakin baik juga, begitu pula sebaliknya.

Organisasi sebagai sistem terbuka juga harus mampu merespon terhadap perubahan didalam lingkungannya. 


2. Kesempatan dan hambatan :

  • Industri 

Kesempatan yang diberikan yaitu adanya penambahan peluang bagi organisasi untuk melakukan kolaborasi hingga melakukan perjanjian mitra sehingga akan menambah inovasi dan jaringan bisnis yang ada.

Hambatan yang diberikan apabila mempunyai visi yang sama pastinya yaitu akan adanya persaingan didalamnya yang akan menjadi sebuah hambatan bagi organisasi untuk mencapai keunggulan secara kompetitif.  

  • Tenaga Kerja

Kesempatan yang ada yaitu apabila terdapat tenaga kerja yang berkualitas pastinya akan menjadi sebuah asset yang berharga bagi organisasi sehingga proses untuk mencapai tujuan organisasi akan tercapai dengan baik.

Namun akan muncul hambatan, apabila saat melakukan perekrutan melakukan kesalahan dengan memekerjakan tenaga kerja yang kurang kompeten. Hal itu akan menjadi sebab penghambat organisasi untuk mencapai tujuan. Selain itu, hambatan lainnya yaitu organisasi akan semakin susah dalam melakukan perekrutan bahkan upaya mempertahankan tenaga kerja yang kompeten karena adanya persaingan organisasi di pasar.

  • Kondisi Ekonomi

Kesempatan akan muncul apabila kondisi ekonomi sedang baik sehingga peluang organisasi untuk bertumbuh akan sangat baik pula. Dengan kondisi ekonomi yang baik, kondisi pasar akan mungkin untuk baik pula sehingga permintaan dan penawaran akan semakin bagus dimana hal tersebut akan berdampak positif terhadap organisasi.

Namun berbanding terbalik apabila kondisi ekonomi sedang menurun, pastinya permintaan akan mengalami penurunan dan hal itu akan menghambat organisasi untuk mencapai tujuan. 


3. Dimensi-dimensi pendekatan sumber yang digunakan dalam mengukur efektivitas suatu organisasi yaitu :

  • SDM

SDM atau sumber daya manusia ini melibatkan sebuah pengukuran efektivitas organisasi berdasarkan kualitas dan juga kuantitas sumber daya manusia yang dimiliki. Adapun faktor yang diukur biasanya jumlah atau kuantitas SDM, tingkat keahlian, produktivitas, kepuasan kerja, hingga tingkat retensi karyawan.

  • Sumber Daya Finansial

Dimensi ini melakukan pengukuran berdasarkan pengelolaan sumber daya finansial seperti tingkat pendapatan dan pengeluaran, profitabilitas, hingga efisiensi penggunaan dana organisasi.

  • Sumber Daya Fisik

Dimensi ini melakukan pengukuran berdasarkan pengelolana sumber daya fisik seperti fasilitas, peralatan, dan infrastruktur.

  • Sumber Daya Teknologi

Dimensi ini melakukan pengukuran berdasarkan tingkat penggunaan teknologi dalam mendukung kegiatan operasional dan pencapaian tujuan organisasi. Adapun faktor yang biasanya digunakan yaitu tingkat adopsi teknologi, efisiensi dan dampat penggunaan teknologi terhadap perusahaan atau organisasi.

  • Sumber Daya Informasi

Dimensi ini melakukan pengukuran berdasarkan pengelolaan sumber daya informasi. Adapaun faktor yang dipertimbangkan seperti aksesibilitas informasi, keakuratan informasi, dan penggunaan informasi dalam pengambilan keputusan.


Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter