19 Juli 2018

Pengertian, Jenis, dan Bentuk Proposal Beserta Tujuan dan Fungsinya


Didalam keilmuan, pekerjaan, bahkan masyarakat pasti tidak akan asing lagi dengan yang namannya proposal. Tidak dipungkiri lagi bahwa proposal merupakan bagian dari kegiatan yang harus ada dan disetujui.

Proposal mempunyai jenis dan bentuk yang bermacam-macam, sesuai tujuan dan fungsi yang akan dicapai. Contohnya proposal kegiatan yang pastinya kurang cocok untuk dijadikan bahan penelitian, begitu juga sebaliknya.


Pengertian, Jenis, dan Bentuk Proposal Beserta Tujuan dan Fungsinya, bukusemu


Pengertian, Jenis, dan Bentuk Proposal Beserta Tujuan dan Fungsinya

 

#1 Pengertian proposal

Proposal menurut KBBI adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang, dan teliti yang dibuat oleh peneliti atau pemohon sebelum melaksanakan kegiatan.

Menurut sudut pandang keilmiahan, proposal mempunyai arti yaitu rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang diajukan kemudian akan dilaksanakan oleh sang peneliti terhadap bahan penelitiannya.


#2 Tujuan umum sebuah proposal

Biasanya proposal yang diajukan oleh seseorang atau kelompok mempunyai tujuan, yaitu  :
  • Memperoleh bantuan dana 

    Biasanya pengajuan proposal ini untuk instansi dan sebagainya, seperti siswa yang akan membuat kegiatan dilingkungan sekolah kemudian diajukan proposal untuk mendapatkan bantuan dana.
     
  • Memperoleh dukungan atau sponsor

    Untuk memperoleh dana, proposal ini sering diajukan ke industri atau toko-toko untuk mendapatkan bantuan dana dari pihak penyeponsor.
  • Memperoleh perizinan

     Dengan mengajukan proposal kepihak berwajib, maka kegiatan atau penelitian akan diketahui dan diberikan izin pengoperasian atau pelaksanaan.

 

#3 Fungsi proposal

  1. Untuk mengadakan kegiatan atau acara seperti seminar, diskusi, pelatihan atau lomba, dsb.
  2. Untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan masalah Poleksosbud
  3. Untuk mengajukan kredit pada bank
  4. Untuk mengajukan tender (dalam KBBI berarti penawaran untuk memborong suatu pekerjaan atau persediaan barang-barang) dengan lembaga pemerintah atau swasta
  5. Untuk mendirikan usaha kecil, menengah, maupun besar.

 

#4 Jenis-jenis proposal

  • Proposal bisnis

Proposal ini berkaitan dengan dunia usaha baik perorangan maupun kelompok. Contoh : Proposal pendirian usaha, proposal kerjasama antar perusahaan, dsb.

  • Proposal proyek

Proposal ini pada umumnya mengacu pada dunia kerja yang berisikan serangkaian rencana bisnis atau komersial. Contoh : Proposal proyek pembangunan.

  • Proposal penelitian

Proposal atau yang biasa disebut rancangan penelitian ini sering digunakan dibidang akademis. Contoh : penelitian pembuatan skripsi atau tesis.

  • Proposal kegiatan

Proposal ini bertujuan untuk mengajukan rencana sebuah kegiatan baik secara individu maupun kelompok. Contoh : proposal Hari Ulang Tahun (HUT) sekolah.

 

#5 Bentuk-bentuk proposal

  • Proposal bentuk formal

Proposal formal terdiri dari 3 bagian utama, yaitu pendahuluan, isi proposal, dan penutup.
 a. Pendahuluan terdiri : sampul dan halaman judul, prakata atau kata pengantar, ikhtisar, abstrak, daftar isi, dan halaman pengesahan.

 b. Isi proposal terdiri : latar belakang, pembahasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar, metodologi, fasilitas, personalia atau susunan panitia, keuntungan dan kerugian, waktu dan biaya.

 c. Penutup terdiri : daftar pustaka, lampiran, dan tabel.

 

  • Proposal bentuk non-formal

Proposal non-formal tidak selengkap proposal formal, biasanya disampaikan dalam bentuk surat atau memorandum (tulisan kecil atau sedikit).

Proposal non-formal harus memuat :
  1. Masalah
  2. Pemecahan masalah
  3. Saran
  4. Permohonan

  • Proposal semi formal

Proposal semi formal biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat. Isinya biasanya memuat : latar belakang, masalah, pemecahan masalah, saran, permohonan, dan lampiran.

Untuk mengetahui cara membuat proposal professional yang sesuai aturan agar mudah disetujui, silahkan baca pada artikel Cara Membuat Proposal Yang Baik dan Benar Sesuai Aturan Yang Berlaku.

Demikianlah materi Pengertian, Jenis, dan Bentuk Proposal Beserta Tujuan dan Fungsinya, mulailah sesuatu diiringi dengan praktek karena segala teori apabila tidak diterapkan sama saja kurang bermanfaat.


Pengertian, Jenis, dan Bentuk Proposal Beserta Tujuan dan Fungsinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *