14 September 2018

5 Keahlian yang Perlu Dimiliki Supaya Bisa Cari Uang di Internet



Makin canggih zaman, makin banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan, termasuk lewat internet. Fenomena maraknya selebgram hingga vlogger sekarang ini adalah contoh menarik dari bagaimana internet bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang cukup besar. Terutama jika Anda tekun dan jeli dalam melihat peluang.

Kalau berkaca dari fenomena selebgram dan vlogger ini, sebelum mencapai proses hasil atau mendapat uang dari internet, ada tiga aspek penting lain yang tentunya dimiliki oleh mereka: keahlian, kreativitas, dan karakter.

Berkat keahlian dan kreativitasnya dalam membuat konten, tercipta juga sebuah karakter atau image dari para selebgram dan vlogger ini hingga mereka akhirnya bisa mendapat tawaran kerja sama dari banyak brand, dapat penghasilan dari jumlah viewers atau subscribers di Youtube, dan lain sebagainya.

Namun, tidak harus jadi selebgram atau vlogger, di zaman sekarang, kalau kamu punya 5 keahlian ini, kamu juga bisa, lho, mendulang penghasilan tambahan dari internet!


 5 Keahlian yang Perlu Dimiliki Supaya Bisa Cari Uang di Internet, bukusemu, kehidupan, review murah

 

5 Keahlian yang Perlu Dimiliki Supaya Bisa Cari Uang di Internet


#1 Menulis atau Blogging

Kalau beberapa tahun lalu menulis dan blogging lebih dianggap sebagai hobi, di zaman sekarang, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan dengan menekuni hobi menulis dan optimisasi blog pribadimu.

Tulisan yang bagus dan punya karakter bisa mendatangkan banyak pembaca (organic traffic) ke situs blog, lama-lama, bukan tidak mungkin kamu juga bisa mendapat tawaran kerja sama dengan brand atau vendor lainnya.

Optimisasi atau monetisasi blog juga dapat kamu lakukan dengan langkah awal membeli domain blog premium, sehingga nantinya kamu bisa mengaktifkan Google AdSense dan mendapat tambahan pundi-pundi uang dari Google untuk setiap iklan yang tayang di blogmu.

Di era digital seperti sekarang, pekerjaan freelance sebagai penulis konten juga dengan mudah bisa ditemukan. Yang paling populer adalah artikel SEO atau artikel khusus yang dibuat berdasarkan keyword tertentu. Tujuannya adalah untuk menguatkan posisi ranking sebuah website dalam mesin pencari Google, sekaligus ajang promosi ke publik.

Artikel SEO biasanya dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce atau digital. Dengan kisaran harga artikel mulai dari Rp70.000 hingga Rp 200.000, peluang ini bisa kamu andalkan untuk menambah penghasilan.

#2 Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu keahlian yang paling dibutuhkan di era digital dan serba online seperti sekarang. Mulai dari banner, infografis, hingga newsletter, semuanya butuh divisualisasikan dengan baik oleh seorang desainer grafis sebelum disebar ke berbagai channel marketing. Bisa dikatakan, desain juga merupakan tombak utama dari sebuah produk sebelum dirilis ke pasaran.

Selain mengambil pekerjaan freelance di situs-situs khusus desain grafis, kamu yang memiliki keahlian ini juga bisa menawarkan jasamu sendiri melalui media sosial seperti Instagram.

Contohnya, sekarang, lagi musimnya orang membuat undangan pernikahan yang digital dan paperless untuk disebar di grup jejaring sosial hingga messenger seperti WhatsApp. Kamu bisa memulainya dengan membuat portofolio desain undangan, lalu mempromosikannya lewat media sosial atau teman-teman dekat.

Untuk mendukung kinerja desain grafis, tentunya dibutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus yang di atas rata-rata. Kalau belum punya, kamu bisa mempertimbangkan opsi kredit laptop. Jangan khawatir, meski kredit, namun kredit atau utangmu termasuk utang produktif apabila digunakan untuk modal usaha.

Supaya tidak membebani keuangan, kamu bisa mencoba kredit laptop online yang tanpa dp dengan pilihan tenor variatif dan suku bunga rendah, seperti yang ditawarkan Kredivo.

Sebagai fasilitas kredit tanpa kartu kredit sekaligus kartu kredit digital online, tidak ada iuran bulanan, biaya kartu atau pun biaya tahunan yang dibebankan Kredivo. Kredit laptop tanpa dp atau barang apa saja dengan Kredivo di merchant online, pilihan tenornya adalah 3, 6, hingga 12 bulan dengan suku bunga 2,95% per bulannya.

#3 Berjualan & Negosiasi

Tidak harus punya website sendiri untuk bisa berjualan online. Di merchant-merchant online seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee, kamu bisa buat akun seller dan menjajakan barang atau jasa yang kamu jual secara langsung. Dari sisi marketing, kamu juga lebih diuntungkan karena merchant-merchant online ini sudah punya nama serta branding yang kuat di pasaran.

Apabila respon customer terhadap produkmu cukup baik, pelan-pelan kamu bisa membangun situs atau akun online shopmu sendiri. Perlu diingat bahwa promosi masih jadi senjata utama untuk menarik customer untuk belanja online.

Untuk itu, selain pintar mengatur harga, kemampuan negosiasi juga diperlukan untuk membuat customer merasa nyaman hingga akhirnya memutuskan membeli.

#4 Media Sosial

Kata siapa main media sosial hanya buang-buang waktu dan kuota? Media sosial saat ini merupakan platform yang terbilang cukup efektif untuk pemasaran. Bagi kamu yang penuh kreativitas dan ide-ide out of the box, kamu bisa mengandalkan media sosialmu untuk berbagi aneka konten kreatif. Siapa tau, kamu bisa jadi selebgram, lho!

Kalau sekadar bisa, semua orang saat ini pastinya bisa bermain media sosial. Yang berbeda adalah, kamu perlu memiliki keahlian seperti strategi konten, menganalisa hasil atau engagement konten yang dibuat, hingga membuat beragam aktivitas yang bisa menarik banyak orang seperti games, kuis, dan lain sebagainya.

Social Media Evaluator, survei online, dan admin freelance media sosial juga adalah beberapa pekerjaan lain yang bisa membuatmu mendapat pundi-pundi uang tambahan dari hobi dan keahlian bermain media sosial. Situs pekerjaan Social Media Evaluator seperti Appen.com bisa dengan mudah kamu temukan apabila rajin mencari peluang.

#5 Bermain Game

Sering diprotes orang-orang terdekat karena terlalu sering buang waktu untuk main game? Sudah tahu belum kalau sekarang ada kompetisi game internasional di Indonesia yang berhadiah hingga 79 Milyar? Mulai dari Mobile Legends, Point Blank, hingga DOTA2, kalau kamu hobi dan ahli dalam game-game tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang jadi gamers profesional, lho.

Tidak hanya itu, sekarang pun banyak juga orang yang menjual akun gamenya sendiri, yang sudah mencapai level tertentu dengan harga fantastis.

Mengingat harga laptop gaming yang cukup mahal hingga bisa menyentuh dua digit, kalau tertarik kredit laptop tapi tidak punya kartu kredit, kamu bisa mencoba fasilitas kredit tanpa kartu kredit dari Kredivo. Sebab, tidak kalah dengan kartu kredit biasa, Kredivo juga dapat memberikan plafon kredit maksimal sampai Rp 20 juta, lho.

Yang paling menarik, daftar Kredivo juga lebih mudah dan praktis dibanding daftar kartu kredit biasa. Cukup modal upload foto KTP, bukti penghasilan, dan bukti tempat tinggal lewat aplikasi, kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas, punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Denpasar atau Medan, bisa daftar akun Kredivo sekarang juga!



5 Keahlian yang Perlu Dimiliki Supaya Bisa Cari Uang di Internet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
* Berikan tanda centang pada "beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *