21 November 2018

Inilah Gelar Sarjana Beserta Peluang Pekerjaan Yang Sudah Menanti Lulusan Fakultas Biologi



Belajar mengetahui dan memperdalam dunia biologi mempunyai keunikan tersendiri. Apabila seseorang sudah mempunyai jiwa biologi yang sudah mendarah daging, apapun pasti akan dilakukannya dan tak peduli dengan kejadian apapun.

Bagi kamu yang ingin masuk ke fakultas biologi, sudah banyak universitas yang siap menampung seperti UGM, IPB, UT, dan sebagainya.

Nah, bagi kamu yang ingin mendaftar dan masuk ke universitas dengan fakultas biologi, kamu bisa membaca artikel mengenai gelar kesarjanaan yang akan diperoleh di fakultas biologi beserta prospek karier atau pekerjaan untuk lulusan biologi.


Gelar Sarjana Beserta Prospek Pekerjaan Untuk Lulusan Fakultas Biologi


Inilah Gelar Sarjana Beserta Peluang Pekerjaan Yang Sudah Menanti Lulusan Fakultas Biologi, bukusemu, masuk universitas

1# Apa gelar kesarjanan yang diperoleh dari Fakultas Biologi?

Gelar kesarjanan yang diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Biologi adalah Sarjana Sains (S. Si.). Perkembangan ilmu di biologi sangat berarti dalam kehidupan kita karena sumbangsih hasil-hasil penelitiannya dalam kehidupan manusia sangat banyak.

Bagi kamu yang belum mengetahui mengenai hal-hal biologi secara umum, kamu bisa membacanya di Hаl Keren dі Jurusan Biologi? Pаhаmі Artі, Objеk Kаjіаn, dаn Pеmbаgіаn Ilmu di Bіоlоgі Dulu.

2# Karier dan Dunia Nyata

Menyenangkan ya kalau kita sudah cinta biologi? Tetapi, selain kamu dapat kepuasan karena bisa lebih terbuka terhadap lingkungan, kamu juga bisa menjadikan biologi sebagai dasar profesi kamu.

Kamu bisa memilih pekerjaan-pekerjaan, yang di antaranya ada di sektor sebagai berikut:

  • Bekerja Bidang Industri

Bidang industri banyak menjadi sasaran sarjana biologi, sehingga saingan dalam dunia kerja ini sangatlah ketat. Industri makanan akan banyak membutuhkan ahli mikrobiologi untuk bidang kontrol dan pengendalian.

Industri minuman beraroma, seperti alkohol dan anggur juga membutuhkan ahli mikrobiologi. Industri farmakologi membutuhkan ahli biokimia dalam analisis senyawa kimia dan perlu diujikan pada hewan uji. Dan untuk melengkapinya, ada juga bidang penanganan limbah yang bisa kamu masuki.

  • Peneliti-Konsultan

Bidang ini adalah bidang yang paling banyak diterjuni oleh ahli biologi. Hampir semua dunia penelitian akan memerlukan ahli biologi. Bidang pertanian, kedokteran, peternakan, industri, dan sebagainya membutuhkan peran biolog.

Yang sedang menjadi trend dunia sekarang ini adalah penelitian dalam bidang molekuler. Manipulasi DNA sampai kloning hewan atau tumbuhan untuk mendapatkan spesies unggul atau menghasilkan senyawa kimia yang bermanfaat butuh begitu banyak teknisi ahli biologi saat ini.

Kabar baiknya adalah bahwa sekarang ini baru sedikit ahli molekuler, sehingga ahli molekuler banyak menjadi incaran dalam industri. Kamu bisa ditempatkan sebagai konsultan, pengontrol kualitas atau peneliti untuk mengembangkan produk.

  • Ekologi dan Lingkungan

Ahli biologi akan banyak dibutuhkan dalam konservasi suatu kawasan dan memprediksi keadaan di masa yang akan datang, juga mempelajari interaksi makhluk hidup yang terjadi di alam yang mempengaruhi kehidupan di bumi.

Pekerjaan ahli ekologi akan memenuhi pos-pos lembaga swadaya masyarakat, suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, bahkan dalam pemerintahan sebagai menteri atau asisten menteri di bidang lingkungan hidup.

  • Bidang lainnya

Masih ada bidang lain yang bisa kamu masuki, seperti dinas kepolisian yang membutuhkan sarjana biologi untuk divisi forensik dan kriminal, serta analisis molekuler (DNA) dalam kasus sengketa keturunan, atau menjadi pahlawan tanpa tanda jasa alias tenaga pendidik sekaligus merangkap menjadi peneliti dan konsultan lepas.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja di bank, wiraswasta anggrek, fotografer alam dan flora fauna, pembuat film tentang alam dan flora fauna, serta pengelola insektarium.

  • Guru atau Dosen

Lulusan biologi sangatlah banyak jenisnya, untuk ilmu biologi murni kamu bisa menjadi seorang guru di tingkat SMA. Selain itu, peluang menjadi dosen pun tetap ada selagi kamu bisa membuat para dosen pendahulumu percaya dengan kemampuanmu.

Itulah artikel mengenai gelar sarjana yang akan diperoleh lulusan fakultas biologi beserta prospek dan peluang pekerjaan untuk lulusan fakultas biologi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang menginginkan informasi mengenai penjurusan ini.


Inilah Gelar Sarjana Beserta Peluang Pekerjaan Yang Sudah Menanti Lulusan Fakultas Biologi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *