5 Tips Aman Mengajukan Pinjaman Uang Tunai

Semakin mudah pinjaman uang tunai justru kita harus semakin waspada. Pasalnya tidak semua perusahaan fintech yang terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan. Akibatnya banyak juga yang terlilit utang karena bunga yang sangat besar.

Otoritas Jasa Keuangan malah sudah memberikan imbauan serta teguran kepada beberapa fintech agar tidak membebani debitur dengan bunga yang sangat tinggi.

Bunga yang rasional sebetulnya tidak lebih dari 1-3% saja perbulan. Celakanya justru ada perusahaan yang memberikan pinjaman uang tunai secara online dengan bunga 1% per hari. Jika kamu menemukan perusahaan seperti ini sebaiknya dihindari saja.


Tips Aman Mengajukan Pinjaman Uang Tunai

Tips Aman Mengajukan Pinjaman Uang Tunai, bukusemu

Nah, agar tidak terjerat utang, ada beberapa langkah yang perlu dipahami. Berikut ini adalah tips aman mengajukan pinjaman secara online dengan aman.

1# Pilih aplikasi online yang sudah dikenal luas

Jumlah aplikasi pinjaman online memang cukup banyak. Beberapa bahkan tidak memiliki kantor resmi.

Oleh karena itu, jangan pernah mengambil risiko. Pilih aplikasi yang sudah dikenal luas seperti Kredivo. Coba saja lihat iklannya yang mulai gencar di mana-mana. Malahan kamu bisa menonton iklannya bukan hanya di media televisi saja, tetapi juga di billboard pinggir jalan hingga media iklan di Commuter Line.

Hal tersebut menjadi salah satu indikator bahkan aplikasi ini sudah cukup banyak digunakan oleh masyarakat.

2# Cari fintech yang memberikan bunga rendah

Untuk menghindari dari jeratan utang, keputusan tetap ada di tangan kita sendiri. Jangan gegabah apalagi sampai nekat mengajukan pinjaman uang tunai jika bunga yang diberikan sangat tinggi.

Malahan ada beberapa perusahaan yang menyembunyikan biaya administrasi. Kalau sudah terkena jeratan di awal akan sulit untuk melepaskannya. Cara terbaik segera lunasi utang dengan menjual aset daripada harus mendapatkan masalah yang berkepanjangan.

3# Ajukan pinjaman tak lebih dari sepertiga pendapatan

Sebenarnya ketika terjadi masalah antara debitur serta kreditur sebetulnya tidak sepenuhnya kesalahan dapat ditimpakan pada perusahaan pemberi pinjaman.

Kadang kala ada juga debitur yang nakal. Misalnya dengan memalsukan data penghasilan sehingga jumlah plafon yang diberikan melewati bisa aman kemampuan finansialnya.

Jika kamu mendapatkan limit kredit yang sangat besar justru harus lebih waspada dan menahan diri dari berbagai godaan.

Idealnya jumlah utang tidak lebih dari sepertiga penghasilan bulanan. Sepertiga itu benar-benar bersih dan sudah dikalkulasi dengan cicilan yang sudah ada sebelumnya.

Nah, kalau ternyata sudah punya utang lain dan jumlahnya sudah mepet dengan persentase ideal mengajukan pinjaman sebaiknya tahan dulu untuk mengajukan pinjaman baru.

Bisa juga dengan melunasi terlebih dahulu pinjaman lama barulah kemudian mengajukan pinjaman baru.

4# Jangan memalsukan data penghasilan demi mendapatkan pinjaman

Beberapa perusahaan memang memberikan syarat data penghasilan. Sama seperti ketika akan mengajukan kredit motor, pasti salah satu persyaratannya adalah slip gaji.

Meskipun kadang ada juga perusahaan yang menutup mata dengan kondisi demikian, efeknya akan sangat merugikan. Hingga nantinya bisa menimbulkan istilah gali lobang tutup lobang atau membayar utang dengan utang lagi hingga begitu seterusnya tanpa ada penyelesaian yang pasti.

Nah, salah satu perusahaan yang sudah terdaftar di OJK serta memenuhi kriteria perusahaan yang bisa di atas adalah Kredivo.

Kredivo bisa memberikan kita limit sampai dengan Rp30 juta. Tentu saja limit tersebut ada ketentuan dan prasyaratnya tersendiri.

Bunganya pun sangat rendah, bahkan 50 persen jauh lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Bunga yang diberikan kredivo untuk pinjaman uang tunai mulai dari 2.95% per bulan dengan tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan.

Kredivo bisa digunakan untuk berbelanja secara online di lebih dari 200 e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Kredivo. Selain itu juga sudah bisa digunakan untuk bertransaksi secara offline di beberapa merchant tertentu saja.

Syarat untuk bisa mendaftar lewat Kredivo cukup mudah kok. Berusia 18 tahun, punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, dan baru bisa diajukan dengan domisili Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Sukabumi.

Proses pendaftarannya juga sangat mudah. Akun kamu pun akan diproses kurang dari 24 jam. Jadi, semuanya bisa dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah.

Related Posts

5 komentar

  1. Sangat membantu mij, nnti saya rekomendasikan pada teman saya mengenai artikel ini karena temen saya ada rencana mau meminjam uang untuk keperluan usahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa untuk memberikan saran kepada teman kakak juga ya supaya tidak terjebak dengan sistem pinjaman uang yang merugikan nasabah terlebih lagi dalam bentuk Riba

      Hapus
  2. Semakin mudah murahnya koneksi internet, perlahan tapi pasti bermunculan "Finacial technology" dalam jasa keuangan. Dimana kabarnya para retenir sekarang sudah pindah ke online.

    Memang beberapa tips diatas wajib diketahui para konsumen, agar tidak menyesal dan membuat kerugian dikemudian hari. Apalagi jika komsumen asal memilih memakai jasa keuangan dari perusahaan peminjam uang online yang bodong.

    Bisa-bisa bunga yang akan dibebankan ke konsumen akan terlalu tinggi, jadi bijak lah dalam memiih fintech. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bijak dalam melakukan pinjaman uang sangatlah diperlukan supaya tidak mudah tertipu dengan promosi-promosi yang mungkin manis di awal tetapi nyatanya kandas di akhir ya kak hehe

      Hapus
  3. memang harus sangat berhati-hati dalam memilih aplikasinya, karena jika tidak bisa bahaya.

    -makasih min infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

* Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang relevan dengan isi artikel
== Terima kasih sudah mampir, ditunggu kunjungan berikutnya ! ==

Subscribe Our Newsletter