Kenali Gejala Kanker Otak Sejak Dini

Dilansir dari hellosehat.com mengatakan bahwa kanker otak terjadi saat sel-sel dalam otak tumbuh dan berkembang dengan agresif, cepat, dan tidak normal.

Otak yang berada di dalam kepala kita terdiri dari jaringan lunak yang komposisinya sangat pas dengan tulang tengkorak yang mengelilingi sebagai pelindungnya.

Sehingga, ketika ada salah satu sel yang tumbuh secara tidak normal seperti sel-sel tumor akan menghimpit jaringan disekitarnya yang mengakibatkan rasa sakit di kepala dengan intensitas ringan, sedang, hingga berat.

Namun, klikdokter.com menyebutkan bahwa tidak semua sakit kepala adalah gejala dari sel-sel kanker otak yang berkembang. Bila Anda sakit kepala dengan rasa nyeri yang tidak biasa dan hal itu sering terjadi, maka Anda patut waspada dengan sakit kepala yang Anda alami.

Beberapa Gejala Kanker Otak yang Muncul Sejak Dini



Kenali Gejala Kanker Otak Sejak Dini, bukusemu

Jenis kanker otak juga mempengaruhi gejala yang ditimbulkan. Misalnya, saat kanker otak tumbuh di dekat saraf mata, maka gejala kanker otak yang dirasakan adalah masalah pada penglihatan.

Kemampuan konsentrasi dan berpikir Anda yang terpengaruhi jika sel kanker tumbuh pada bagian otak depan. Dan, gejala-gejala lainnya akan bermunculan pada saat benjolan tumor pada otak semakin membesar.

Maka dari itu, ada beberapa gejala dari kanker otak yang harus Anda waspadai, yaitu:

1. Terganggunya keterampilan motorik

Otak adalah pusat pengendalian dari sistem koordinasi dan keseimbangan. Sehingga, ketika organ pengendalinya bermasalah maka yang dikendalikan pun akan bermasalah. Keseimbangan dan koordinasi keterampilan motorik akan mengalami penurunan, misalnya lemah pada otot wajah.

2. Mengalami kejang

Kejang terjadi karena otot dengan tidak sadar mengalami kontraksi secara tiba-tiba. Jika Anda tidak sedang demam yang tinggi namun mengalami kejang-kejang, maka Anda harus waspada karena bisa saja kejang yang Anda alami adalah gejala dari kanker otak.

3. Kemampuan kognitif yang bermasalah

Contoh dari kognitif yang bermasalah yaitu kebingungan, memori yang menghilang, sulit konsentrasi, mudah bingung dan linglung, sulit untuk memproses informasi, sulit untuk berpikir jernih, dan memiliki kesulitan untuk memahami perkataan dari orang lain.

4. Mengalami mual dan muntah

Jika Anda sering mengalami mual dan muntah terutama saat pada pagi hari, maka sebaiknya periksakan kesehatan Anda ke dokter.

5. Merasakan lemah dan mati rasa

Salah satu gejala kanker otak adalah merasakan mati rasa pada bagian fungsi tubuh tertentu. Mati rasa yaitu ketika anggota gerak tubuh sulit untuk digerakkan.

Hal itu terjadi karena otak adalah pusat dari pengendalian sistem kerja tubuh. Sehingga mati rasa adalah salah satu gejala yang terjadi ketika seseorang terserang kanker otak.

6. Masalah pada penglihatan

Gejala yang ditimbulkan dapat berupa penglihatan kabur, penglihatan ganda, atau bahkan kehilangan penglihatan secara bertahap. Gejala-gejala ini akan terasa jika tumor otak menyerang atau tumbuh di dekat saraf mata.

Namun, banyak orang yang mengabaikan kondisi ini sebagai gejala dari kanker otak dan membiarkannya hingga keadaan semakin parah.

7. Gangguan dalam berbicara

Di dalam otak terdapat lobus frontal atau temporal. Lobus ini merupakan bagian otak yang mengatur fungsi motorik untuk memahami Bahasa dan bicara.

Jika kanker otak menyerang pada bagian ini, maka gejala yang terjadi adalah berbicara melantur, berbicara dengan terbata-bata, atau bahkan kesulitan saat akan mengucapkan nama suatu benda padahal kata tersebut sudah di ujung lidah.

Beberapa gejala kanker otak hampir sama dengan gejala yang ditimbulkan dari penyakit lain sehingga sering diabaikan. Maka, untuk memastikannya segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter