Apa Itu Kuliah Online, E-Learning, dan Blended Learning?

Dewasa ini kita dimudahkan untuk melakukan berbagai kegiatan, baik dalam hal jual beli, pekerjaan, bahkan mengambil pendidikan lanjutan di berbagai universitas.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, saat ini berbagai kegiatan bisa dilaksanakan secara online termasuk juga dalam kegiatan pembelajaran.

Kuliah blended learning merupakan istilah populer yang cukup terkenal di kalangan pelajar saat ini, menjadi salah satu metode pendidikan yang mulai banyak digunakan oleh universitas untuk menarik calon mahasiswa.


Penjelasan Singkat Mengenai Kuliah Online, E-Learning, dan Blended Learning


Penjelasan Singkat Mengenai Kuliah Online, E-Learning, dan Blended Learning, bukusemu

Blended learning merupakan sistem yang menggabungkan pendidikan online dengan pendidikan tatap muka, umumnya masyarakat menyebutnya dengan pendidikan online. Sebenarnya ada beberapa istilah populer yang disematkan pada jenis sistem pendidikan ini, diantaranya:


  • E-Learning


E-learning merupakan sebuah cara dalam kegiatan belajar mengajar yang memanfaatkan media elektronik dan internet sebagai perantaranya, dalam metodenya sistem e-learning ini tidak ada hubungan dengan timbal balik proses pembelajaran.

Ada beberapa karakteristik e learning, mulai dari sifatnya yang jaringan, mendistribusikan, bisa memperbaiki secara cepat, dapat menyimpan dan memunculkan kembali, serta bisa sharing kegiatan pembelajaran dan informasi yang ada.

Jenis kuliah online dengan metode pembelajaran ini sebetulnya sudah familiar di tahun-tahun sebelumnya, hanya saja dalam hal pengimplementasiannya e learning dirasa belum cukup karena beberapa kendala seperti tidak adanya interaksi dalam proses pembelajaran.

Seperti yang diketahui, dalam KBM diperlukan proses dua arah.

Feedback sangat diperlukan agar hasil KBM yang dilakukan lebih sempurna, meski materi banyak didapatkan dengan sistem e-learning serta kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, namun tetap saja kurang efektif dan efisien.

Oleh karenanya, untuk menyempurnakan sistem kuliah ini saat ini kita mengenal blended learning (pembelajaran campuran) dimana dalam prosesnya interaksi langsung dalam KBM.


  • Blended Learning


Blended Learning atau pembelajaran campuran merupakan kegiatan belajar mengajar dengan menggabungkan, mengkombinasikan, serta memadukan antara sistem pendidikan konvensional dengan sistem pendidikan serba digital.

Meski kerap kali disamakan dengan kuliah sistem online, namun blended learning tidak sepenuhnya berbasis online. Sistem blended learning merupakan sistem penyempurnaan dari e learning, dimana pada metode pembelajaran ini kegiatan pembelajaran bisa terjadi secara dua arah.

Sesuai dengan namanya, pada sistem kuliah ini mahasiswa juga masih diharuskan mengikuti pembelajaran tatap muka pada hari-hari tertentu. Meski begitu waktu pembelajaran tatap muka yang ditetapkan biasanya dilaksanakan pada saat weekend, bisa seminggu 2 kali atau seminggu 1 kali saja.

Ada salah satu instansi yang terkemuka yang menyediakan sistem kuliah blended learning ini, yakni Pintaria.com.

Situs tersebut menyediakan berbagai jurusan yang bisa dipilih, bekerjasama dengan berbagai universitas swasta seperti m Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas MH Thamrin, Universitas Pembangunan Jaya, dan masih banyak lagi universitas lainnya.


  • Kuliah Online


Kuliah online merupakan istilah yang cukup banyak digunakan untuk sistem pembelajaran online, istilah ini dikhususkan untuk jenis kuliah yang menggunakan metode online dalam KBM.

Sistem kuliah yang kini banyak diterapkan oleh universitas di mana mahasiswa tidak harus menghadiri kelas di kampus untuk mengikuti perkuliahan, meski begitu mahasiswa tetap bisa menikmati fasilitas serta mendapatkan gelar sama halnya dengan mahasiswa reguler.

Meski menggunakan istilah online, namun bukan berarti dosen dan mahasiswa tidak bisa melakukan kegiatan interaksi. Biasanya dalam sistem kuliah ini, kegiatan perkuliahan bisa disampaikan melalui teleconference dan materi perkuliahan disediakan secara online.

Untuk kegiatan diskusi atau pengajuan pertanyaan, biasanya tersedia forum khusus agar kegiatan diskusi bisa dilaksanakan (baik diskusi dosen dengan mahasiswa atau antar mahasiswa).

Istilah kuliah sistem online yang saat ini beredar di kalangan masyarakat sebenarnya lebih ke arah sistem blended learning, dimana mahasiswa tidak hanya melakukan pembelajaran secara online namun juga menyediakan sistem kuliah tatap muka di hari tertentu.


Kuliah blended learning merupakan salah satu metode perkuliahan yang cukup banyak digunakan oleh universitas, untuk ketentuan yang sendiri disesuaikan dengan peraturan Universitas karena tidak ada peraturan baku mengenai sistem kuliah ini.

Umumnya mahasiswa mengambil sistem ini merupakan mahasiswa yang sudah disibukkan dengan pekerjaan, ingin melanjutkan kuliah tapi terkendala masalah waktu.

Bukan hanya mahasiswa yang sudah bekerja saja, tentu sistem kuliah ini juga bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa yang memiliki lokasi jauh dari universitas atau karena alasan lainnya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter