Contoh Isi Pidato dengan Tema NKRI Harga Mati


Pidato merupakan salah satu cara penyampaian argumentasi ataupun informasi kepada audien yaitu dengan cara lisan. Pidato NKRI harga mati merupakan salah satu contoh pidato mengenai kebangsaan dan patriotisme masyarakat kepada sebuah negara.

Contoh pidato dibawah ini akan menambah pengetahuanmu mengenai bentuk isi dari sebuah pidato itu sendiri terutama bertema NKRI Harga Mati. Kamu bisa menjadikan contoh dibawah ini sebagai referensi.


Contoh Isi Pidato dengan Tema NKRI Harga Mati yang Mudah Dipahami


Contoh Isi Pidato dengan Tema NKRI Harga Mati, bukusemu

Tahun 1980an, Indonesia menjadi negara dengan Julukan Macan Asia terutama dalam bidang ekonomi. Waktu itu, ekonomi Indonesia tumbuh sangat pesat yaitu 7-9% per tahunnya yang dapay membuat era Orde Baru menjadi dikenal sebagai masa dimana perekonomian Indonesia sangatlah kokoh dan bagus.

Jika dibandingkan dengan Indonesia saat ini, perkembangan perekonomian Indonesia menjadi turun dan pada tahun kemarin, perkembangan perekonomian Indonesia berada pada level 5%an saja.
Bagaimana semua itu terjadi? Padahal Indonesia dengan segala sumber daya alam dan sumber daya manusianya yang melimpah seharusnya dapat lebih meningkatkan itu semua. Apakah kita masih kurang berani mengambil kebijakan yang baik untuk negeri ini? atau seperti apa?

Coba kita melihat kejadian beberapa tahun terakhir yang terjadi di Indonesia ini. banyak sekali kejadian yang cukup membuat gempar masyarakat Indonesia dan menuai banyak kritik. Apa itu? Pastinya tenaga kerja kasar asing yang masuk ke Indonesia.

Mengapa para pekerja asing terutama dari china bisa masuk ke Indonesia? Sudah pasti berasal dari pembangunan infrastruktur di Indonesia yang bekerjasama dengan china yang membuat berbagai kesepakatan, seperti harus menggunakan bahan baku dari china beserta buruh kasarnya juga harus dari china.

Apakah pantas jika negara yang terkenal gemah ripah loh jinawi ini harus menggunakan bahan baku sekaligus para pekerja dari luar negeri? Padahal banyak masayarakat Indonesia yang masih sangat membutuhkan pekerjaan.

Jika Anda menganggap para pekerja buruh kasar yang datang ke Indonesia terutama dari Cina merupakan buruh professional, Anda salah. Karena sesuai investigasi yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia, para pekerja kasar tersebut datang tanpa keterampilan. Terlebih lagi setiap harinya banyak sekali TKA dari Tiongkok atau Cina yang datang ke Indonesia padahal sesuai data di Pemerintahan sangat berbeda dengan realitanya.

Apakah kita harus melihat berbagai keadaan itu semua secara biasa-biasa saja? Apakah kita tidak mempunyai rasa malu terutama Pemerintah yang dapat memasukkan para TKA yang kebanyakan tak berketerampilan bekerja dengan mudah di Indonesia sedangkan masyarakat pribumi membanting tulang sendiri untuk mendapatkan pekerjaan? Sungguh sangat menyedihkan.

Terlebih lagi adanya Perpres yang mengatur TKA baru-baru ini yang intinya memudahkan para TKA untuk masuk ke Indonesia dan bekerja di Indonesia. Apakah karena banyak investor asing yang menamkan modalnya di Indonesia? Kalau itu alasannya maka negara ini sangatlah merugi dan seperti tak mempunyai kekuatan dihadapan negara asing.

Bagaimana bisa negara yang dulunya menjadi macan asia di dunia perekonomian sekarang menjadi lesu dan tak berdaya? Dengan alasan pembangunan sehingga menghalalkan apa saja untuk mengambil langkah seperti selalu meningkatnya hutang luar negeri setiap tahunnya. Apakah kita tak melihat negara-negara yang melakukan peminjaman utang luar negeri terutama kepada china?

Apabila beruntung bisa terlunasi maka negara masih aman, tetapi jika tidak mampu melunasinya apakah Negara yang kita cintai mau dijadikan seperti negara-negara yang gagal lainnya? Seperti sri lanka yang harus melepas saham 70% pelabuhannya kepada BUMN Cina? Ataukah kita harus mengganti rupiah menjadi Yuan atau mata uang cina seperti negara Zimbabwe? Tidak bisa kita bayangkan betapa sedihnya keadaan seperti itu.

Oleh sebab itu, apakah kita harus berlama-lama berada dalam keadaan seperti ini? hanya melihat para TKA masuk ke Indonesia setiap harinya? Mengambil peluang pekerjaan masayarakat pribumi? Sumber daya alam Indonesia diambil oleh para investor atau pengusaha dari luar dan kita sebagai negara indonesia hanya menikmati hasilnya yang tak seberapa?

Maka marilah kita harus bersatu untuk menjaga negara ini bersama, masayarakat sipil bersama para aparat pemerintahan harus bisa bersama untuk memajukan negeri ini. karena tanpa keduanya, semua tak akan pernah bisa terwujud.

Kita harus bisa buktikan bahwa negara Indonesia yang sekarang ini masih dijuluki sebagai macan yang tertidur, kedepannya kita harus bisa bersatu dan menjadi sebuah negara dengan julukan macan asia kembali di bidang perekonomian sehingga kita mampu mensejahterakan masayarakat dan juga menjaga negeri ini.

Kita harus bangkit bersama, melawan segala apapun yang menghalangi cita-cita negara kita, meneruskan tonggak perjuangan para leluhur yang sudah berjuang mati-matian untuk memerdekakan negara ini, dan kita harus bisa menjaganya sampai titik darah penghabisan.

Dan ingatlah, Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu merubah nasibnya sendiri.

Merdeka!!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter