Tips Mengendalikan Pinjaman pada Sebuah Bisnis

Daftar Isi [Tampilkan]

Menjalankan bisnis kecil membutuhkan beberapa risiko termasuk hutang. Hutang adalah salah satu risiko pada bisnis tetapi juga merupakan alat positif untuk bisnis kecil yang biasanya diperlukan untuk mendanai pertumbuhan Anda.

Namun, ketika keadaan berubah dan tingkat hutang Anda meningkat, hal itu dapat membuat Anda dalam keadaan yang berbahaya. 

Penting untuk bertindak lebih awal dan membuat rencana untuk mengelola hutang Anda dengan sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa tips berguna dari untuk membantu Anda mengendalikan hutang pada bisnis Anda.



Tips Mengendalikan Hutang pada Bisnis


Pahami Situasi Anda dan Lakukan Tindakan Pada Setiap Tagihan Hutang yang Ada

Jika Anda menghadapi peningkatan utang, ambil tindakan yang terbaik. Tetap tajam dan sadar akan situasi Anda. Gunakan aplikasi akuntansi seperti Buku Kas Untuk mengawasi hutang dan pembayaran bulanan Anda.

Informasi ini harus selalu ada di ujung jari Anda. Setelah itu, prioritas Anda akan bergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan dan seberapa fleksibel pemasok Anda. Prioritas pembayaran berikut adalah saran, apa saja itu?

  • Daftar gaji

Jika Anda tidak membayar gaji karyawan tepat waktu, Anda dapat dikenakan sanksi untuk ini. Anda mungkin bisa menegosiasikan kembali kontrak dengan beberapa staf, tapi itu mungkin mempengaruhi semangat bekerja mereka.

  • Pemasok dan mitra bisnis

Hindari kehilangan kepercayaan dari supplier dan mitra bisnis Anda yang paling setia jika Anda mempunyai hutang.

  • Hutang yang berkepanjangan 60 hari atau lebih

Jika Anda tidak membayar hutang dalam jangka panjang, maka skor kredit Anda akan terpengaruh, sehingga mempengaruhi kemampuan Anda untuk meminjam uang di masa mendatang.

  • Tagihan

Biaya keluar seperti sewa dan tagihan listrik perlu dibayar agar Anda tetap bisa beroperasi. Tidak  membayar tagihan apat memengaruhi hutang Anda.

  • Pinjaman Terjamin

Jika Anda menjalankan bisnis sebagai pemilik tunggal atau kemitraan, Anda mungkin bertanggung jawab secara pribadi atas hutang, dan kreditor dapat mencoba mengambil aset Anda. Inilah salah satu alasan bagus untuk membentuk perseroan terbatas atau perseroan terbatas.

  • Kartu kredit

Hindari denda atau biaya bunga karena dapat menumpuk dengan cepat.


Diskusikan Persyaratan Pembayaran yang Lebih Menguntungkan

Bicaralah dengan semua kreditor Anda. Jelaskan situasinya dan jelaskan bahwa Anda memiliki rencana komprehensif untuk menyelesaikan pinjaman Anda.

Tetap bersikap positif dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin membayar pinjaman secara penuh tetapi perlu menegosiasikan ulang persyaratan hutangnya.

Kreditor harus memahami bahwa mereka berkepentingan untuk mengakomodasi permintaan Anda. Lagi pula, jika bisnis Anda gagal, mereka tidak akan mendapatkan apa pun kembali. Bersikaplah proaktif di sini.

Jika Anda mendekati kreditor Anda sebelum mereka mulai mengejar Anda karena pembayaran yang terlewat, mereka cenderung akan menganggap Anda serius dan menyetujui persyaratan Anda.


Tingkatkan Pendapatan Anda

Ada beberapa cara untuk meningkatkan pendapatan jangka pendek sehingga bisa membantu Anda mengurangi hutang yakni :

  1. Tawarkan pelanggan Anda mark-down atau potongan harga
  2. Diskon untuk pelanggan pertama dapat membantu meningkatkan arus kas Anda.
  3. Kenali pelanggan Anda dengan lebih baik


Ingin lebih mudah dalam mengelola hutang? Tenang saja! Anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama Buku Kas. Aplikasi ini bisa menjadi catatan keuangan yang memudahkan bagi Anda untuk mengelola keuangan bisnis. 

Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter