Mengenal Pentingnya Penggunaan Hand Stacker dalam Gudang!

Daftar Isi [Tampilkan]

Mengenal Pentingnya Penggunaan Hand Stacker dalam Gudang

Sumber: theworkplacedepot.co.uk


Dalam dunia logistik dan pergudangan, hand stacker menjadi elemen penting yang wajib ada untuk memudahkan setiap kegiatan operasional setiap orang yang bekerja di dalamnya.

Apalagi, mobilitas di dalam gudang juga sangat tinggi terutama untuk memindahkan barang baik memasukkan, mengeluarkan, memindahkan hingga menyusunnya supaya rapi.

Namun tidak sedikit dari barang tersebut yang memiliki volume dan bobot yang besar sehingga sulit untuk diangkat maupun dipindahkan oleh tenaga manusia secara manual. 

Oleh karena itulah kini sudah hadir alat pengangkut yang bekerja secara khusus untuk menangani masalah tersebut.

Akan tetapi, apa sebenarnya jenis alat tersebut, bagaimana cara kerjanya dan kenapa harus ada di setiap gudang? Simak penjelasannya di artikel ini!


Sekilas Mengenai Hand Stacker

Secara umum, hand stacker atau dikenal juga sebagai pallet stacker merupakan sebuah mesin yang dirancang untuk membantu pengguna mengangkat, memindahkan, dan menangani berbagai material dengan lebih mudah.

Biasanya, mesin ini terdiri dari sebuah palet dengan struktur datar dan horizontal yang digunakan untuk menopang barang dengan cara yang kokoh.

Tentu ini menjadi jawaban atas segala permasalahan di dalam gudang dengan mobilitas pemindahan barang yang sangat tinggi.

Jadi tidak heran jika Anda menemukan jenis alat ini terutama dalam industri logistik dan pergudangan karena sangat efektif dan tidak memakan banyak waktu dalam pengerjaannya. 

Bahkan, proses penggunaan alat ini cukup dilakukan oleh satu operator tanpa perlu bantuan orang lain.


Bagaimana Mesin Stacker Menjalankan Tugasnya?

 

Bagaimana Mesin Stacker Menjalankan Tugasnya

Sumber: istockphoto.com


Secara umum, mesin yang bekerja dengan palet ini memang  dirancang khusus sebagai alat yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan logistik, pergudangan maupun pabrik yang memiliki banyak stok barang.

Desain dari alat ini tentunya menggunakan material yang sangat kokoh dengan “fork” atau pallet yang dapat diatur lebarnya. Pallet inilah yang akan digunakan sebagai media atau platform untuk memindahkan barang.

Banyak keuntungan yang didapat dalam menggunakan alat ini. Tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, penggunaan mesin ini untuk memindahkan barang juga dapat menghemat biaya operasional.

Cara kerja alat ini juga cukup sederhana tergantung dari jenis yang digunakan. Sebab saat ini telah hadir tiga jenis pilihan alat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari manual, elektrik, dan juga semi elektrik.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah cara kerja dari masing-masing stacker yang ditawarkan, diantaranya adalah:

1. Pompa Hidrolik (Manual)

Tipe manual ini bekerja dengan menggunakan mekanisme hidrolik yaitu mengubah atau mengontrol energi dari pompa yang digerakkan. 

Simpelnya, alat ini beroperasi dengan cara dipompa secara manual menggunakan tangan atau kaki saat menggerakkan benda naik turun.

Pada jenis ini, operator akan memposisikan alat tersebut Sesuai dengan beban yang akan diangkat dan menyesuaikan lebar “fork” atau straddle leg dengan sesuai dengan ukuran barang yang hendak diangkat.

Kemudian, operator dapat  memompa tuas hidrolik untuk menaikkan platform sebagai penadah tersebut ke ketinggian yang diinginkan. Jika dirasa cukup, barulah ia dapat melepaskan tuas hidrolik untuk menurunkan platform atau “fork” secara perlahan ke bawah.

2. Hybrid

Jenis hybrid ini merupakan akan bekerja dengan mengandalkan kombinasi antara kinerja manual dan elektrik. Cara kerjanya masih menggunakan mekanisme pompa hidrolitik akan tetapi pemompaannya dilakukan dengan tenaga dari baterai.

Selain itu, motor listrik pada jenis ini ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang dalam semalam saja. Jadi, alat ini sudah memiliki tenaga kembali untuk beroperasi pada hari esoknya.

Jenis peralatan penanganan material ini berguna dalam situasi di mana forklift dinilai terlalu besar atau tidak praktis, tetapi pengangkatan manual tidak dapat dilakukan karena bobot dan ukuran muatannya yang sangat besar.

3. Elektrik

Sesuai dengan namanya, alat ini akan bekerja secara penuh dengan baterai atau menggunakan motor listrik untuk menggerakkan pengangkatan dan pergerakan beban. 

Jadi, operator sudah tidak perlu lagi menggerakkan tuas dengan manual karena sudah ada tombol yang dapat mengoperasikannya secara otomatis.

Jenis elektrik ini juga memiliki mekanisme pengangkatan yang ditenagai oleh motor listrik. Apabila operator menekan tombol naik pada panel kontrol yang telah tersedia, motor listrik aktif dan mekanisme pengangkatan menaikkan platform ke ketinggian yang diinginkan.

Bahkan, operator juga dapat menggunakan panel kontrol untuk menggerakkan alat ini tersebut maju, mundur, atau memutarnya ke arah tertentu.

Tentunya, alat ini akan menjadi pilihan yang jauh lebih nyaman dan efisien untuk mengangkat dan memindahkan beban dalam berbagai pengaturan industri dan komersial. 

Selain itu, alat ini membutuhkan lebih sedikit tenaga fisik daripada dibandingkan dengan jenis manual, Jadi, fitur ini dapat meningkatkan produktivitas dan keselamatan di tempat kerja.


Beragam Keunggulan Penggunaan Hand Stacker di Pergudangan

Beragam Keunggulan Penggunaan Hand Stacker di Pergudangan

Sumber: istockphoto.com


Tentunya, ada banyak manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan hand stacker dalam setiap kegiatan operasional di gudang maupun industri logistik lainnya yang membutuhkan, diantaranya adalah:

1. Hemat Biaya

Hadirnya alat bantuan ini merupakan  alternatif hemat biaya dibandingkan dengan menyewa lebih banyak orang untuk mengangkatnya maupun memilih jenis alat berat lainnya. Sebab stacker membutuhkan lebih sedikit perawatan dan memiliki biaya operasi yang lebih rendah.

2. Meningkatkan Keselamatan Kerja

Sistem yang bekerja dengan solid untuk mengangkat barang dengan beragam bobot dan ukuran ini mampu mengurangi risiko kecelakaan diantara para pekerja. 

3. Mudah Dioperasikan

Bahkan, alat pengangkut ini dinilai juga mudah dioperasikan dan tidak membutuhkan pelatihan intens. Mereka dapat digunakan oleh kebanyakan orang tanpa keahlian atau sertifikasi khusus. 

Bahkan, bentuknya yang ringkas juga membuatnya dapat dapat bermanuver dengan baik bahkan untuk lorong dan ruang sempit serta terbatas sekalipun.

4. Serbaguna

Terakhir, alat ini juga multifungsi karena dapat digunakan untuk mengangkat dan memindahkan berbagai beban.

Oleh karena itu, dalam rangka melancarkan proses operasional sekaligus meningkatkan produktivitas kinerja dalam gudang, maka pemilihan alat seperti hand stacker menjadi hal yang pentung utnuk dipertimbangkan.

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Komentar

Subscribe Our Newsletter